Page 224 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 224
Sudarmo, Sarana, Prasarana & Standar lnstitusi Pendidikan Dasar
mengenai jenis kegiatan, jumlah orang yang terlibat dan jumlah
ruang yang dapat menampung kegiatan tersebut.
1. Sarana Pendidikan.
Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam penentuan
sarana pendidikan di SMP meliputi (Depdiknas, 2003):
a. Peta Pendidikan diperlukan untuk mengetahui kebutuhan
sekolah dalam suatu wilayah untuk menentukan lokasi
sekolah yang dapat dicapai oleh siswa berdasarkan
kepadatan penduduk dan jumlah usia siswa SMP dengan
memperhatikan proyeksi arus siswa.
b. Kriteria lokasi ditentukan berdasarkan kesesuaian dengan
peta pendidikan yang berisikan populasi siswa dengan
memperhatikan kesesuaian peta pendidikan dan
Ketersediaan Dokumen Administrasi.
c. Lahan Sekolah dengan memperhatikan rencana peruntukan
lahan dan kondisi fisik lahan.
Menurut kriteria yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah, Penyediaan tanah/lahan harus
memenuhi ketentuan, antara lain:
2
1. luas tanah sekurang-kurangnya 1 0.000m ;
2. permukaan tanah relatif cukup datar, batas kemiringan
maksimal 30 derajat;
3. lahan relatif tidak berbukit;
4. lahan tidak berada pada daerah aliran sungai;
5. di dalam lokasi lahan tidak terdapat tebing curam yang dapat
menimbulkan longsor;
6. lahan tidak merupakan daerah hulan lindung;
7. lahan tidak merupakan daerah resapan air;
8. lahan tidak merupakandaerah purbakala;
9. lahan tidak merupakan daerah rawan genangan/banjir;
10. lahan tidak berdekatan dengan daerah/lokasi/tempat
perbuatan asusila;
11. lahan tidak berupa tanah bekas kuburan/sampah/limbah
kimia;
12. lahan mempunyai kondisi yang memungkinkan hidupnya
vegetasi untuk kebun percobaan, kenyamanan dan
keindahan;
13. lahan harus sudah siap bangun;
210