Page 229 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 229
Cakrawala Pendidikan 3
R. serbaguna 1 120 1 120 1 120
R. sanggar MGMP 1 120 - - - -
Jumlah luas r. Belajar 2.076 1.767 1.578
R. Kantor
R.kepala sekolah, 166 166 166
wakil kepala sekolah,
guru, tala usaha, tamu
R. Penunjang
Gudang, reproduksi, 1.141 1 037 990
pantry, KMNJC guru,
KMNJC siswa,BK,
UKS, PMR/Pramuka,
OSIS, lbadah, ganti,
hall, koperasi, kantin,
rumah jaga, pos jaga,
selasar/tangga
Jumlah luas r. Belajar, 3.585 3.123 2.856
r.kantor dan r.
Penunjang
Luas tanah minimal 31antai 7.000 3 lantai 7.000 - -
2 lantai 9.000 2 lantai 9.000 21antai 7.000
1 lantai 12.000 1 lantai 12.000 1 lantai 9.000
Sumber: Depdiknas. (2005). Manajemen Perawatan Preventif Sarana dan
Prasarana Pendidikan: Sekolah Menengah Pertama.
Untuk gedung SMP Tipe C dapat dilihat pada Tabel 4.
Tabel 4. Gedung SMP Tipe C, C1, C2 berdasarkan jenis ruang,
fungsi ruang, jumlah ruang, luas ruang, dan luas tanah
Gedung Tipe C Tipe C1 Tipe C2
Jenis ruang l: Luas l: Luas l: Luas
(m2) (m2) (m2)
R. Belajar
R. teori I kelas 9 567 6 378 3 189
R. perpustakaan 1 105 1 105 1 ruang 63
R. ketrampilan 1 120 1 ruang 120 Perpustakaan,
R. kesenian 1 120 ketrampilan/ media, TI&K
kesenian
R. laboratorium PA 1 120 - - 1 ruang 120
R. Lab. Komputer Tl 1 96 1 96 Serbaguna/
&K ketrampilan/
kesenian
R. Lab. Bahasa 1 120 1 120 - -
R. serbaguna 1 120 1 120 - -
215