Page 231 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 231

Cakrawala Pendidikan 3




           1.  Prosedur Perencanaan Pengadaan Perlengkapan Sekolah
                  Perencanaan     perlengkapan     pendidikan    dapat
           didefinisikan  sebagai  suatu  proses  memikirkan  dan  menetapkan
           program pengadaan fasilitas sekolah,  baik yang  berbentuk sarana
           maupun  prasarana  pendidikan  di  masa  yang  akan  dating  untuk
           mencapai tujuan tertentu (Bafadal, 2003).
                  Tujuan   yang   ingin   dicapai   dengan   perencanaan
           pengadaan  perlengkapan  atau  fasilitas  sekolah  tersebut  adalah
           untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan.
                  Perencanaan  perlengkapan  sekolah  harus  memenuhi
           prinsip-prinsi:
           a.  perencanaan   perlengkapan   sekolah   harus   betul-betul
               merupakan proses intelektual
           b.  perencanaan  didasarkan  pada  analisis  kebutuhan  melalui
              studi  komprehensif  mengenao  masyarakat  sekolah  dan
               kemungkinan   pertumbuhannya,   serta  prediksi   populasi
               sekolah
           c.   perencanaan  perlengkapan  sekolah  harus  realistis,  sesuai
               dengan kenyataan anggaran
           d.  visualisasi  hasil  perencanaan  perlengkapan  sekolah  harus
              jelas dan rinci,  baik jumlah, jenis, merek dan harganya.
                  Jones   (Bafadal,   2003)   mendeskripsikan   langkah
           perencanaan  pengadaan  perlengkapan  pendidikan  di  sekolah
           adalah:
           a.  Menganalisis  kebutuhan  pendidikan  suatu  masyarakat  dan
               menetapkan  program  untuk  masa  yang  akan  dating  sebagai
               dasar untuk mengevaluasi  keberadaan fasilitas  dan  membuat
               model perencanaan perlengkapan yang akan dating
           b.  Melakukan  survey  ke  seluruh  unit  sekolah  untuk  menyusun
               master plan untuk jangka waktu tertentu
           c.   memilih kebutuhan utama berdasarkan hasil survey
           d.  Mengembangkan educational specification untuk setiap projek
               yang terpisah-pisah dalam usulan master plan
           e.  merancang  setiap  projek  yang  terpisah-pisah  sesuai  dengan
               spesifikasi pendidikan yang diusulkan






                                                                   217
   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235   236