Page 231 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 231
Cakrawala Pendidikan 3
1. Prosedur Perencanaan Pengadaan Perlengkapan Sekolah
Perencanaan perlengkapan pendidikan dapat
didefinisikan sebagai suatu proses memikirkan dan menetapkan
program pengadaan fasilitas sekolah, baik yang berbentuk sarana
maupun prasarana pendidikan di masa yang akan dating untuk
mencapai tujuan tertentu (Bafadal, 2003).
Tujuan yang ingin dicapai dengan perencanaan
pengadaan perlengkapan atau fasilitas sekolah tersebut adalah
untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan.
Perencanaan perlengkapan sekolah harus memenuhi
prinsip-prinsi:
a. perencanaan perlengkapan sekolah harus betul-betul
merupakan proses intelektual
b. perencanaan didasarkan pada analisis kebutuhan melalui
studi komprehensif mengenao masyarakat sekolah dan
kemungkinan pertumbuhannya, serta prediksi populasi
sekolah
c. perencanaan perlengkapan sekolah harus realistis, sesuai
dengan kenyataan anggaran
d. visualisasi hasil perencanaan perlengkapan sekolah harus
jelas dan rinci, baik jumlah, jenis, merek dan harganya.
Jones (Bafadal, 2003) mendeskripsikan langkah
perencanaan pengadaan perlengkapan pendidikan di sekolah
adalah:
a. Menganalisis kebutuhan pendidikan suatu masyarakat dan
menetapkan program untuk masa yang akan dating sebagai
dasar untuk mengevaluasi keberadaan fasilitas dan membuat
model perencanaan perlengkapan yang akan dating
b. Melakukan survey ke seluruh unit sekolah untuk menyusun
master plan untuk jangka waktu tertentu
c. memilih kebutuhan utama berdasarkan hasil survey
d. Mengembangkan educational specification untuk setiap projek
yang terpisah-pisah dalam usulan master plan
e. merancang setiap projek yang terpisah-pisah sesuai dengan
spesifikasi pendidikan yang diusulkan
217