Page 230 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 230
Sudanno, Sarana, Prasarana & Standar Institusi Pendidikan Dasar
R. sanaaar MGMP - - - - - -
Jumlah luas r. 1.368 843 372
Belaiar
R. Kantor
R.kepala sekolah, 105 75 75
wakil kepala sekolah,
guru, tala usaha,
tamu
R. Penuniana
Gudang, reproduksi, 828 761 616
pantry, KMNVC guru,
KMNVC siswa,BK,
UKS, PMR/Pramuka,
OSIS, lbadah, ganti,
hall, koperasi, kantin,
rumah jaga, pos
·aaa, selasar/tanooa
Jumlah luas r. 2.401 1.679 1.063
Belajar, r.Kantor dan
r. Penunjano
Luas tanah minimal 1 lantai 7.000 1 lantai 6.000 1 lantai 4.000
Sumber: Depdiknas (2005). Manajemen Perawatan Preventif Sarana dan
Prasarana Pendidikan: Sekolah Menengah Pertama.
Manajemen Perlengkapan Sekolah
Manajemen perlengkapan merupakan upaya untuk
mengelola sarana dan prasarana sedemikian rupa sehingga
organisasi dapat melakukan tugasnya mencapai tujuan sesuai
yang direncanakan.
Sarana dan prasana dalam hal ini tidak dapat dipisahkan
dari konteks manajemen perlengkapan sekolah. Menurut Bafadal
(2004) " manajemen perlengkapan sekolah dapat
didefinisikan sebagai proses kerjasama pendayagunaan semua
perlengkapan pendidikan secara efektif dan efisien" (hal 2).
Gunawan (1996) menyebutkan bahwa administrasi
sarana dan prasarana pendidikan merupakan suatu kegiatan
yang harus direncanakan secara terpadu dan menyeluruh.
Pengelolaan (manajemen) Perlengkapan merupakan
proses kegiatan perencanaan, pengoraganisasian, pengadaan,
pemeliharaan, penghapusan dan pengendalian logistik atau
perlengkapan. (Soebagia, 1988). Beberapa fungsi manajemen
yang dilakukan dalam manajemen perlengkapan sekolah adalah:
216