Page 230 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 230

Sudanno,  Sarana,  Prasarana &  Standar Institusi Pendidikan Dasar



        R.  sanaaar MGMP   -     -     -        -       -        -
        Jumlah luas r.        1.368           843              372
        Belaiar
        R.  Kantor
        R.kepala sekolah,      105             75               75
        wakil kepala sekolah,
        guru, tala usaha,
        tamu
        R.  Penuniana
        Gudang,  reproduksi,   828            761              616
        pantry, KMNVC guru,
        KMNVC siswa,BK,
        UKS, PMR/Pramuka,
        OSIS, lbadah, ganti,
        hall,  koperasi, kantin,
        rumah jaga, pos
        ·aaa, selasar/tanooa
        Jumlah luas r.        2.401          1.679            1.063
        Belajar,  r.Kantor dan
        r.  Penunjano
        Luas tanah minimal   1 lantai 7.000  1 lantai   6.000   1 lantai   4.000
        Sumber:  Depdiknas  (2005).  Manajemen  Perawatan  Preventif  Sarana  dan
               Prasarana  Pendidikan:  Sekolah Menengah Pertama.

        Manajemen Perlengkapan Sekolah
               Manajemen  perlengkapan  merupakan  upaya  untuk
        mengelola  sarana  dan  prasarana  sedemikian  rupa  sehingga
        organisasi  dapat  melakukan  tugasnya  mencapai  tujuan  sesuai
        yang direncanakan.
               Sarana  dan  prasana dalam  hal  ini  tidak dapat dipisahkan
        dari  konteks manajemen perlengkapan sekolah.  Menurut Bafadal
        (2004)   "      manajemen     perlengkapan   sekolah   dapat
        didefinisikan  sebagai  proses  kerjasama  pendayagunaan  semua
        perlengkapan pendidikan secara efektif dan efisien" (hal 2).
               Gunawan  (1996)  menyebutkan  bahwa  administrasi
        sarana  dan  prasarana  pendidikan  merupakan  suatu  kegiatan
        yang  harus direncanakan secara terpadu dan menyeluruh.
               Pengelolaan  (manajemen)  Perlengkapan  merupakan
        proses  kegiatan  perencanaan,  pengoraganisasian,  pengadaan,
        pemeliharaan,  penghapusan  dan  pengendalian  logistik  atau
        perlengkapan.  (Soebagia, 1988).  Beberapa  fungsi  manajemen
        yang dilakukan dalam manajemen perlengkapan sekolah adalah:



        216
   225   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235