Page 228 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 228
Sudarmo, Sarana, Prasarana & Standar Institusi Pendidikan Dasar
R. Kantor
R.kepala sekolah, 187 187 187
wakil kepala
sekolah, guru, tata
usaha, tamu
R. Penunjang
Gudang, reproduksi, 1.428 1.381 1.219
pantry, KMMJC guru,
KMMJC siswa,BK,
UKS,
PMR/Pramuka,
OSIS, lbadah, ganti,
hall, koperasi,
kantin, rumah jaga,
pos jaga,
selasar/tangga
Jumlah luas r. 4.924 4.667 3.922
Belajar, r.kantor dan
r. Penunjang
Luas tanah minimal 3 lantai 9.000 3 lantai 7.000 31antai 7.000
2 lantai 12.000 2 lantai 9.000 2 lantai 9.000
1 lantai 15.000 1 lantai 12000 1 lantai 12.000
Sumber: Depdiknas. (2005). Manajemen Perawatan Preventif Sarana dan
Prasarana Pendidikan: Sekolah Menengah Pertama.
Untuk gedung SMP Tipe 8 analisis berdasarkan ruang,
fungsi, jumlah ruang, luas ruang dapat dilihat pada Tabel 3.
Tabel 3. Gedung SMP Tipe 8, 81, 82 berdasarkan jenis ruang,
fungsi ruang, jumlah ruang, luas ruang, dan luas tanah
Gedung Tipe B Tipe B1 Tipe B2
Jenis ruang L Luas L Luas L Luas
(m2) (m2) (m2)
R Belajar
R teori I kelas 18 1.134 15 945 12 756
R perpustakaan 1 126 1 126 1 126
R ketrampilan 1 120 1 120 1 120
R kesenian 1 120 1 120 1 120
R laboratorium PA 1 120 1 120 1 120
R Lab. Komputer Tl & 1 96 1 96 1 96
K
R Lab. Bahasa 1 120 1 120 1 120
214