Page 225 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 225
Cakrawala Pendidikan 3
14. kemudahan untuk mendapatkan sumber air bersih (termasuk
air minum) dari PDAM atau air tanah atau air permukaan atau
air hujan;
15. kemudahan drainase untuk saluran pembuangan air hujan, air
kotor/limbah;
16. kemudahan penyambungan/penyediaan jaringan listrik;
17. kemungkinan penyambungan jaringan komunikasi; dan
18. lokasi harus memungkinkan dicapai dangan kendaraan roda
empat atau perahu.
2. Gedung/Bangunan Sekolah (Depdiknas, 2005)
Pada saat ini bangunan fisik sekolah beraneka ragam
terutama bangunan dan penataan ruangnya. Untuk itu perlu
adanya standarisasi bangunan sekolah agar sekolah dapat
menjalankan fungsi dan tujuan dengan baik.
Persyaratan umum
Hal-hal umum yang harus diperhatikan dalam
perencanaan bangunan adalah menentukan jumlah dan besaran
(dimensi) ruang kegiatan. Standarisasi (pembakuan) gedung
sekolah, standarisasi jenis ruang, kondisi.
Standarisasi Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah
Pertama
Secara umum sarana dan prasarana pendidikan yang
bermutu (Depdiknas, 2005) dari suatu sekolah terdiri dari antara
lain:
1. Bangunan sekolah yang lengkap dengan ruang kantor, ruang
kelas, perpustakaan laboratorium, ruang pertemuan, kamar
mandi!WC dengan penataan yang tertata indah, rapi, bersih,
segar, dan nyaman;
2. Perabot kantor, meubeler dengan peralatan yang lengkap dan
baik.
3. Perpustakaan dengan jumlah, jenis, judul buku yang lengkap
terjaga rapi, bersih, dan dilengkapi dengan ruang baca yang
nyaman.
4. Laboratorium IPA, Bahasa, dan komputer, dengan fasillitas
lengkap dan modern.
211