Page 221 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 221
Cakrawala Pendidikan 3
(kehadirannya sangat menentukan) terhadap PBM, seperti alat
pengajaran, alat peraga, alat praktek, dan media pendidikan.
Bafadal (2004) berpendapat bahwa sarana pendidikan
adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabot yang
secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah.
Sedangkan prasarana pendidikan adalah semua perangkat
kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang
pelaksanaan proses pendidikan di sekolah.
Sarana dan prasarana perlu dikelola agar dapat
bermanfaat bagi sekolah. Gunawan (1996) menyatakan bahwa
administrasi sarana dan prasarana pendidikan merupakan seluruh
proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara
sengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara
kontinu terhadap benda-benda pendidikan, agar senantiasa siap-
pakai dalam PBM sehingga PBM semakin efektif dan efisien guna
membantu tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Bafadal menyatakan secara sederhana, manajemen
perlengkapan dapat didefinisikan sebagai proses kerja sama
pendayagunaan semua perlengkapan pendidikan secara efektif
dan efisien. Pengertian dari sarana dan prasarana dapat
dikelompokkan menjadi dua bagian (Bafadal) yaitu:
1. sarana pendidikan meliputi semua peralatan, bahan dan
perabot yang secara langsung digunakan dalam proses
pendidikan; dan
2. prasarana pendidikan meliputi semua hal yang secara tidak
langsung membantu kelancaran pelaksanaan pendidikan.
Nawawi (1983) berpendapat
" ... , Administrasi Perbekalan dapat diartikan
sebagai usaha pelayanan dalam bidang material
dan fasilitas kerja lainnya bagi personal dalam
satuan kerja di lingkungan suatu organisasi guna
meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja"
(hal.62).
Nawawi menyatakan bahwa sarana pendidikan dapat
diklasifikasikan/ditinjau menjadi beberapa hal antara lain: habis
tidaknya dipakai; dan bergerak atau tidaknya. Ditinjau dari aspek
habis tidaknya dipakai maka hal tersebut dapat dibagi lagi
207