Page 236 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 236
Sudamw, Sarana, Prasarana & Standar lnstitusi Pendidikan Dasar
Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang
berlaku di Indonesia, langkah-langkah penghapusan
perlengkapan pendidikan sekolah seperti di SMP adalah sebagai
berikut:
a. Kepala Sekolah (biasanya menunjuk seseorang)
mengelompokkan perlengkapan yang akan dihapus dan
meletakkannya di tempat yang aman namun tetap di sekolah
b. Menginventarisasi perlengkapan yang akan dihapus
c. Kepala sekolah mengajukan usulan penghapusan barang
dan pembentukan panitia penghapusan
d. Membuat Berita Acara Pemeriksaan
e. Setelah selesai melakukan pemeriksaan, panitia
mengusulkan penghapusan barang yang terdaftar di dalam
Berita Acara Pemeriksaan. Usulan tersbut diteruskan ke
kantor pusat di Jakarta
f. Setelah SK penghapusan dari Jakarta Terbit bisa segera
dilakukan penghapusan barang. Ada dua kemungkinan cara
penghapusan yaitu dimusnahkan dan atau di lelang.
Masalah-masalah yang Berhubungan dengan
Sarana dan Prasarana Pendidikan
Apabila membicarakan tentang masalah-masalah yang
berhubungan dengan sarana dan prasarana pendidikan, ada hal
yang perlu dipertimbangkan yaitu menyangkut tentang:
1. Biaya. Biaya adalah hal yang paling krusial dalam hal
penyediaan sarana dan prasarana sekolah. Karena hal ini
berpengaruh pada seberapa besar perencanaan dan
perancangan suatu unit sekolah dapat terwujud dan
terlaksana. Dikaitkan dengan telah diimplementasikannya
MBS pihak pengelola sekolah dapat bekerja sama dengan
para pemangku kepentingan (stakeholders) sekolah untuk
bersama-sama membicarakan mengenai perkiraan sumber
dana yang di dapat dari siswa, pemerintah, dan masyarakat.
Mereka dapat bekerjasama untuk merancang sarana dan
prasarana apa yang paling dibutuhkan oleh sekolah tersebut
sehingga kebutuhan sekolah dapat terpenuhi sesuai
kurikulum dan anggaran yang ada. Keterbatasan anggaran
membuat pihak sekolah harus membuat skala prioritas dalam
222