Page 236 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 236

Sudamw,  Sarana,  Prasarana &  Standar lnstitusi  Pendidikan Dasar



               Sesuai  dengan  peraturan  perundang-undangan  yang
       berlaku   di    Indonesia,   langkah-langkah   penghapusan
       perlengkapan  pendidikan  sekolah  seperti  di  SMP  adalah  sebagai
       berikut:
       a.  Kepala    Sekolah    (biasanya   menunjuk    seseorang)
           mengelompokkan  perlengkapan  yang  akan  dihapus  dan
           meletakkannya di tempat yang  aman namun tetap di sekolah
       b.  Menginventarisasi perlengkapan yang  akan dihapus
       c.   Kepala  sekolah  mengajukan  usulan  penghapusan   barang
           dan pembentukan panitia penghapusan
       d.  Membuat Berita Acara Pemeriksaan
       e.  Setelah   selesai   melakukan     pemeriksaan,   panitia
           mengusulkan  penghapusan  barang  yang  terdaftar  di  dalam
           Berita  Acara  Pemeriksaan.  Usulan  tersbut  diteruskan  ke
           kantor pusat di Jakarta
       f.   Setelah  SK  penghapusan  dari  Jakarta  Terbit  bisa  segera
           dilakukan  penghapusan  barang.  Ada  dua  kemungkinan  cara
           penghapusan yaitu dimusnahkan dan atau di lelang.

       Masalah-masalah        yang     Berhubungan        dengan
       Sarana dan Prasarana Pendidikan
              Apabila  membicarakan  tentang  masalah-masalah  yang
       berhubungan  dengan  sarana  dan  prasarana  pendidikan,  ada  hal
       yang perlu dipertimbangkan yaitu  menyangkut tentang:
       1.  Biaya.  Biaya  adalah  hal  yang  paling  krusial  dalam  hal
           penyediaan  sarana  dan  prasarana  sekolah.  Karena  hal  ini
           berpengaruh  pada  seberapa  besar  perencanaan  dan
           perancangan  suatu  unit  sekolah  dapat  terwujud  dan
           terlaksana.   Dikaitkan  dengan  telah  diimplementasikannya
           MBS  pihak  pengelola  sekolah  dapat  bekerja  sama  dengan
           para  pemangku  kepentingan  (stakeholders)  sekolah  untuk
           bersama-sama  membicarakan  mengenai  perkiraan  sumber
           dana  yang  di  dapat dari  siswa,  pemerintah,  dan  masyarakat.
           Mereka  dapat  bekerjasama  untuk  merancang  sarana  dan
           prasarana  apa  yang  paling  dibutuhkan  oleh  sekolah  tersebut
           sehingga   kebutuhan   sekolah   dapat  terpenuhi   sesuai
           kurikulum  dan  anggaran  yang  ada.  Keterbatasan  anggaran
           membuat pihak sekolah  harus membuat skala prioritas dalam



        222
   231   232   233   234   235   236   237   238   239   240   241