Page 238 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 238

Sudamzo,  Sarana,  Prasarana &  Standar !nstitusi Pendidikan Dasar



          penggunaan  yang  jelas,  dan  dapat  menentukan  prioritas
          peralatan yang benar-benar digunakan (Sagala, 2004).
       4.  Relevansi.  Pengelolaan  sarana  dan  prasarana  pendidikan  di
          sekolah  harus  ditangani  secara  efektif  dan  efisien  untuk
           mendukung  kelancaran  proses  belajar  mengajar  di  sekolah.
           Dalam  penyediaan  sarana  dan  prasarana  maka  faktor
           relevansi harus diperhatikan. Agar pada saat fasilitas tersebut
           hendak digunakan pada waktunya maka perlu dikelola secara
           baik.   Pengelolaannya  memerlukan  anggaran  yang  besar
          sedangkan  pengadaannya  juga  memerlukan  investasi  yang
          cukup  besar  sehingga  sangat  relevan  jika  pihak  pengelola
           maupun  pemerintah  dan  masyarakat  sangat  cermat  untuk
           memperhatikan  hal tersebut.  Selain  itu  pihak pengelola  perlu
          juga memperhatikan kebutuhan  pengadaan fasilitas  ini sesuai
          dengan  perkembangan  sekolah  yang  dipimpinnya  dan  dapat
           menentukan kebutuhan apa yang  paling relevan dengan dana
           yang dipunyainya.

       Kesimpulan
              Menurut Gorton  (1976)  seperti  yang  dikutip  oleh  Bafadal
       (2004)  " ...... the  physical environment in  which  we  work  can  and
       does  influence  what  we  do  and how we  feel" (hal.v.).  Jadi  dapat
       diartikan  bahwa  efektifitas  dan  efisiensi  kerja  seseorang  sangat
       didukung  dengan  sarana  dan  prasarana  yang  memadai  dalam
       institusi  pendidikan.  Kondisi  persekolahan  di  Indonesia  saat  ini
       masih  terdapat  keanekaragaman  dalam  hal  fasilitas  sarana  dan
       prasarana  pendidikan  yang  ada  di  sekolah.   Melihat  kondisi
       tersebut   maka  diperlukan  adanya  standarisasi  sarana  dan
       prasarana  khususnya  untuk  sekolah  menengah  pertama.  Perlu
       diingatkan   bahwa  standarisasi  hendaknya  merujuk  pada
       persyaratan  fungsional  bukan  spesifikasi  karena  hal  ini  dapat
       mengurangi prinsip desentralisasi pada MBS (Umaedi,  2004).











       224
   233   234   235   236   237   238   239   240   241   242   243