Page 243 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 243
Cakrawala Pendidikan 3
lstilah sarana dalam konteks pendidikan terkondisikan
dalam bentuk kelas, laboratorium, perpustakaan, guru, alat-alat
belajar, sementara itu prasarana dalam konteks pendidikan
merupakan pendukung didalam sekolah seperti komputer, jalan,
gedung, wisma, lapangan olahraga, kendaraan dinas, telephone,
alat tulis kantor, bahan ajar, instalasi air, listrik, AC, mesin kantor,
mesin diesel, perabotan, sound system, halaman, ruang sidang,
ruang pertemuan, ruang penginapan ( Mukhtar & Widodo, 2003).
Sebelum melangkah pada uraian berikutnya, perlu
dijelaskan terlebih dahulu pengertian jenjang pendidikan yang
termasuk jalur pendidikan sekolah formal yang terdiri dari
(a) pendidikan pra sekolah, yaitu pendidikan untuk meletakkan
dasar-dasar perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan
dan daya cipta serta kemampuan dasar untuk memasuki jenjang
pendidikan dasar; (b) pendidikan dasar, yaitu suatu jenjang
pendidikan unutk mengembangkan sikap dan kemampuan,
pengetahuan dan keterampilan tingkat dasar yang berguna untuk
hidup di masyarakat dan bekal memasuki pendidikan menengah,
(c) pendidikan menengah, yaitu merupakan jenjang pendidikan
yang memperuntukkan peserta didik memiliki kemampuan
membuka hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial.
budaya, alam dan mengembangkan kemampuan untuk
melanjutkan ke pendidikan tinggi, dan (d) pendidikan tinggi, yaitu
suatu jenjang pendidikan yang merupakan lanjutan dari
pendidikan menengah yang menyiapkan peserta didik menjadi
anggota masyarakat dan punya kemampuan akademik yang
dapat diterapkan di masyarakat (ldris, hal 53).
Pengertian sarana pendidikan menu rut ldris (hal 68, 1992)
yaitu "Gedung sekolah yang memenuhi syarat sehingga peserta
didik betah dan bergairah belajar di dalamnya". Dari pernyataan
tersebut dapat disimpulkan bahwa sarana pendidikan merupakan
perlengkapan sekolah yang dapat memenuhi kebutuhan untuk
belajar. Selain itu sarana merupakan fasilitas atau peralatan
belajar yang ada pada tempat terselenggaranya proses
pendidikan yang dapat untuk memenuhi kebutuhan belajar
klasikal, kelompok maupun individual. Untuk itu peralatan belajar
harus lengkap sehingga peserta didik dapat melakukan
bermacam kegiatan seperti latihan keterampilan, penelitian,
maupun eksperimen.
229