Page 245 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 245

Cakrawala Pendidikan 3


          peran  lingkungan  yang  dapat  menentukan  meningkat  tidaknya
          aktivitas  belajar  di  sekolah".  Dari  pernyataan  tersebut  dapat
          dijelaskan  bahwa  menciptakan  lingkungan  belajar  yang  efektif
          yaitu  lingkungan fisik dan  non fisik,  dapat membantu  menerapkan
          prinsip-prinsip  belajar.  Lingkungan  belajar  non  fisik  yaitu  dapat
          berupa  suasana  emosional  diri  siswa,  bisa  juga  perkembangan
          intelektualnya,  bisa  juga  keadaan  sosial  ekonomi,  dapat  juga
          semangatnya.  Sedangkan  lingkungan  fisik  belajar  yaitu  ruang
          belajar  dimana  tempat  guru  mengajar  dan  murid  belajar
          berlangsung.  Lingkungan fisik belajar dapat berupa perpustakaan,
          laboratorium  bahasa,  auditorium,  ruang  konseling,  papan  display,
          ruang  musik,  lapangan  olah  raga,  labortorium  ilmu  pengetahuan,
          Mesjid, kendaraan,  klinik sekolah,  perpustakaan, dan kantor guru.
                  Pendapat di atas juga didukung oleh  Nurkolis (2003) yang
          menyatakan bahwa
                 "Pengelolaan  sarana  dan  prasarana  sebagai
                  fasilitas sekolah dilakukan oleh  sekolah  mulai dari
                  pengadaan,  pemeliharaan,  perbaikan  hingga
                  pengembangannya,  juga  iklim  sekolah  yang
                  kondusif  akademik,  tertib  dan  aman  karena
                  fasilitas   1n1   sangat  erat  kaitannya  dengan
                  semangat  belajar  siswa  dan  proses  belajar
                  mengajar".
                  Berdasarkan  pendapat  tersebut  dapat  dijelaskan  bahwa
          pengelolaan  peralatan  dan  fasilitas  sekolah  serta  pengelolaan
          iklim  sekolah  merupakan  kewenangan  sekolah  dan  diperlukan
          adanya  peningkatan  intensitas  dan  ekstensitasnya  sehingga
          dapat  meningkatkan  kinerja  sekolah  dan  kinerja  siswa  menjadi
          lebih baik.
                  Adapun  kegalauan  yang  muncul  perihal  sekolah  berkisar
          seputar input,  proses,  dan  output belum  sesuai  dengan  harapan,
          selain  itu  media  massa  banyak  mengungkapkan  pembiayaan
           pendidikan  yang  berada  di  luar  batas  kemampuan  orang  tua
           murid,  munculnya sekolah elite,  sekolah  unggulan,  sekolah favorit
          yang  pada  umumnya  merupakan  sekolah  swasta  yang  dikelola
           oleh  yayasan  tertentu  dengan  manajemen  yang  baik,  modern,
          dan  profesional.  Persoalannya  mengapa  sekolah  negeri  yang
           merupakan  sekolah  pemerintah  kurang  subsidi,  kurang  fasilitas,
           dan  gaji  guru  yang  tidak  layak.  Selain  itu  berita  yang  sedang



                                                                  231
   240   241   242   243   244   245   246   247   248   249   250