Page 245 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 245
Cakrawala Pendidikan 3
peran lingkungan yang dapat menentukan meningkat tidaknya
aktivitas belajar di sekolah". Dari pernyataan tersebut dapat
dijelaskan bahwa menciptakan lingkungan belajar yang efektif
yaitu lingkungan fisik dan non fisik, dapat membantu menerapkan
prinsip-prinsip belajar. Lingkungan belajar non fisik yaitu dapat
berupa suasana emosional diri siswa, bisa juga perkembangan
intelektualnya, bisa juga keadaan sosial ekonomi, dapat juga
semangatnya. Sedangkan lingkungan fisik belajar yaitu ruang
belajar dimana tempat guru mengajar dan murid belajar
berlangsung. Lingkungan fisik belajar dapat berupa perpustakaan,
laboratorium bahasa, auditorium, ruang konseling, papan display,
ruang musik, lapangan olah raga, labortorium ilmu pengetahuan,
Mesjid, kendaraan, klinik sekolah, perpustakaan, dan kantor guru.
Pendapat di atas juga didukung oleh Nurkolis (2003) yang
menyatakan bahwa
"Pengelolaan sarana dan prasarana sebagai
fasilitas sekolah dilakukan oleh sekolah mulai dari
pengadaan, pemeliharaan, perbaikan hingga
pengembangannya, juga iklim sekolah yang
kondusif akademik, tertib dan aman karena
fasilitas 1n1 sangat erat kaitannya dengan
semangat belajar siswa dan proses belajar
mengajar".
Berdasarkan pendapat tersebut dapat dijelaskan bahwa
pengelolaan peralatan dan fasilitas sekolah serta pengelolaan
iklim sekolah merupakan kewenangan sekolah dan diperlukan
adanya peningkatan intensitas dan ekstensitasnya sehingga
dapat meningkatkan kinerja sekolah dan kinerja siswa menjadi
lebih baik.
Adapun kegalauan yang muncul perihal sekolah berkisar
seputar input, proses, dan output belum sesuai dengan harapan,
selain itu media massa banyak mengungkapkan pembiayaan
pendidikan yang berada di luar batas kemampuan orang tua
murid, munculnya sekolah elite, sekolah unggulan, sekolah favorit
yang pada umumnya merupakan sekolah swasta yang dikelola
oleh yayasan tertentu dengan manajemen yang baik, modern,
dan profesional. Persoalannya mengapa sekolah negeri yang
merupakan sekolah pemerintah kurang subsidi, kurang fasilitas,
dan gaji guru yang tidak layak. Selain itu berita yang sedang
231