Page 249 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 249

Cakrawala Pendidikan 3



           pemerintah  menganggap  sekolah  negeri  sebagai  proyek  di
           bidang  pendidikan  (Mukhtar  &  Widodo,  2003).  Juga  diperlukan
           dana  bagi  pengadaan  peralatan  sekolah,  berbagai  keperluan
           dan  operasional  kerja.  Penggunaan  dana  adalah  untuk
           pengadaan  alat-alat  pendukung  proses  belajar,  membayar  gaji
           guru dan pegawai dan untuk memelihara alat-alat operasional.

           Sumber Daya Manusia
                  Dalam  manajemen  pendidikan,  sumber  daya  manusia
           (SDM)  merupakan  faktor  utama  dalam  pembangunan  bangsa.
           Menurut  Sudjana  (2004)  SDM  merupakan  faktor  yang  dapat
           mempengaruhi  kualitas  pembangunan  bangsa.  Hal  tersebut
           karena  SDM  merupakan pelaku  utama dan  yang  menerima hasil
           beserta  dampak  dari  pembangunan  bangsa.  SDM  Indonesia
           terkondisi berangkat dari tradisi yang tumbuh di  masyarakat yang
           memiliki  naluri  hidup  bertetangga  baik,  mempunyai  kerjasama
           dalam  bentuk  gotong  royong,  tenggang  rasa  yang  tinggi,
           bermusyawarah  untuk  mencapai  kesepakatan,  dan  memiliki
           semangat  juang  yang  tinggi  (Sudjana).  Dalam  bidang  seni,
           manusia  Indonesia  sudah  dikenal  secara  nasional  dan
           internasional  namun  dibidang  IPTEK  masih  jauh  tertinggal  dari
           negara  Asean  lainnya  (Sudjana).  Dari  segi  pendidikan,  manusia
           Indonesia  merupakan  masyarakat  pencari  kerja  seperti  buruh
           dan  belum  menjadi  pencipta  pekerjaan.  Seharusnya   untuk
           menjadi  bangsa yang  maju dipengaruhi oleh  pencipta  pekerjaan,
           selain  itu  masih  banyak  penduduk  dewasa  yang  buta  aksara,
           kurang  lebih  16%,  penguasaan  bahasa  inggris  yang  lemah
           menyebabkan  daya  saing  di  masyarakat  internasional  tertinggal
           dari negara Asean  lainnya (Sudjana).
                  Pendidikan  yang  diperlukan  untuk  pengembangan  SDM
           Indonesia  agar menjadi  bangsa  yang  maju  di  masa  depan  yaitu
           pendidikan  yang  disesuaikan  dengan  perubahan  masyarakat
           agraris  menjadi masyarakat industri dan  kemudian  meningkat ke
           masyarakat   informasi.   Belajar   secara   inovatif   dengan
           memadukan  belajar  mengantisipasi  dan  belajar  dengan  orang
           lain dengan cara berpikir yang sesuai dengan lingkungan.
                  Dari  pemberdayaan  kedua  sumber  daya  sekolah  dan
           sumber daya manusia seperti yang dijelaskan diatas memberikan



                                                                   235
   244   245   246   247   248   249   250   251