Page 249 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 249
Cakrawala Pendidikan 3
pemerintah menganggap sekolah negeri sebagai proyek di
bidang pendidikan (Mukhtar & Widodo, 2003). Juga diperlukan
dana bagi pengadaan peralatan sekolah, berbagai keperluan
dan operasional kerja. Penggunaan dana adalah untuk
pengadaan alat-alat pendukung proses belajar, membayar gaji
guru dan pegawai dan untuk memelihara alat-alat operasional.
Sumber Daya Manusia
Dalam manajemen pendidikan, sumber daya manusia
(SDM) merupakan faktor utama dalam pembangunan bangsa.
Menurut Sudjana (2004) SDM merupakan faktor yang dapat
mempengaruhi kualitas pembangunan bangsa. Hal tersebut
karena SDM merupakan pelaku utama dan yang menerima hasil
beserta dampak dari pembangunan bangsa. SDM Indonesia
terkondisi berangkat dari tradisi yang tumbuh di masyarakat yang
memiliki naluri hidup bertetangga baik, mempunyai kerjasama
dalam bentuk gotong royong, tenggang rasa yang tinggi,
bermusyawarah untuk mencapai kesepakatan, dan memiliki
semangat juang yang tinggi (Sudjana). Dalam bidang seni,
manusia Indonesia sudah dikenal secara nasional dan
internasional namun dibidang IPTEK masih jauh tertinggal dari
negara Asean lainnya (Sudjana). Dari segi pendidikan, manusia
Indonesia merupakan masyarakat pencari kerja seperti buruh
dan belum menjadi pencipta pekerjaan. Seharusnya untuk
menjadi bangsa yang maju dipengaruhi oleh pencipta pekerjaan,
selain itu masih banyak penduduk dewasa yang buta aksara,
kurang lebih 16%, penguasaan bahasa inggris yang lemah
menyebabkan daya saing di masyarakat internasional tertinggal
dari negara Asean lainnya (Sudjana).
Pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan SDM
Indonesia agar menjadi bangsa yang maju di masa depan yaitu
pendidikan yang disesuaikan dengan perubahan masyarakat
agraris menjadi masyarakat industri dan kemudian meningkat ke
masyarakat informasi. Belajar secara inovatif dengan
memadukan belajar mengantisipasi dan belajar dengan orang
lain dengan cara berpikir yang sesuai dengan lingkungan.
Dari pemberdayaan kedua sumber daya sekolah dan
sumber daya manusia seperti yang dijelaskan diatas memberikan
235