Page 214 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 214

Setiawati,  Evaluasi Pembelajaran Bahasa



        3.  Melihat perkembangan siswa sebagai suatu proses yang  unik,
            utuh,  dan terus menerus.

               Berdasarkan  pengertian  dan  prinsip-prinsip  penerapan
        asesmen  portofolio,  maka  evaluasi  dalam  pembelajaran  bahasa
        dengan  menerapkan  asesmen  portofolio  memerlukan  buku  atau
        wadah berupa:
        1.  format-format observasi  selama  proses  pembelajaran  bahasa
            berlangsung  yang  berkenaan  dengan  perubahan  perilaku
            siswa  dalam  belajar  bahasa,  kemajuan  yang  diperoleh  siswa
            yang  berupa hasil  belajar bahasa,  aspek yang  mempengaruhi
            pengalaman dan hasil belajar siswa;
        2   kumpulan   hasil   belajar  siswa   yang   meliputi   aspek
            keterampilan  berbahasa dan  bersastra;
        3.  perkembangan  atau  kemajuan  bidang  kognitif,  afektif,  dan
            psikomotor siswa.

        Kesimpulan dan Saran

        Kesimpulan
               Evaluasi  merupakan  kegiatan  yang  dilakukan  untuk
        mengetahui   ketercapaian   sebuah   tujuan.   Hasil   evaluasi
        pembelajaran  tidak  hanya  bermanfaat  dalam  menentukan  hasil
        belajar  siswa,  tetapi  juga  bermanfaat  dalam  menentukan
        keberhasilan  sebuah  program  pengajaran  dan  meningkatkan
        kualitas  pembelajaran.  Oleh  karena  itu,  terdapat  dua  kegiatan
        besar  dalam  evaluasi  pembelajaran  yaitu  mengevaluasi  proses
        dan  hasil  belajar  siswa,  dan  mengevaluasi  program  pengajaran
        yang disusun oleh guru sendiri.
               Sebagaimana  sebuah  kegiatan,  evaluasi  harus  dilakukan
        dengan  menggunakan  sebuah  perencanaan  yang  cermat  dan
        relevan  dengan  tujuan  yang  diharapkan.  Evaluasi  pembelajaran
        bahasa  dilakukan  selama  dalam  proses  dan  pada  akhir  sebuah
        program  pembelajaran.  Alat yang  digunakan dalam pengumpulan
        data  dalam  evaluasi  pembelajaran  bahasa  berupa  tes  dan  non
        tes. Aspek yang diukur dalam evaluasi pembelajaran bahasa tidak
        hanya  menekankan  pada  aspek  konitif siswa,  tetapi juga  meliputi
        aspek afektif dan psikomotor.




        200
   209   210   211   212   213   214   215   216   217   218   219