Page 214 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 214
Setiawati, Evaluasi Pembelajaran Bahasa
3. Melihat perkembangan siswa sebagai suatu proses yang unik,
utuh, dan terus menerus.
Berdasarkan pengertian dan prinsip-prinsip penerapan
asesmen portofolio, maka evaluasi dalam pembelajaran bahasa
dengan menerapkan asesmen portofolio memerlukan buku atau
wadah berupa:
1. format-format observasi selama proses pembelajaran bahasa
berlangsung yang berkenaan dengan perubahan perilaku
siswa dalam belajar bahasa, kemajuan yang diperoleh siswa
yang berupa hasil belajar bahasa, aspek yang mempengaruhi
pengalaman dan hasil belajar siswa;
2 kumpulan hasil belajar siswa yang meliputi aspek
keterampilan berbahasa dan bersastra;
3. perkembangan atau kemajuan bidang kognitif, afektif, dan
psikomotor siswa.
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Evaluasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk
mengetahui ketercapaian sebuah tujuan. Hasil evaluasi
pembelajaran tidak hanya bermanfaat dalam menentukan hasil
belajar siswa, tetapi juga bermanfaat dalam menentukan
keberhasilan sebuah program pengajaran dan meningkatkan
kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, terdapat dua kegiatan
besar dalam evaluasi pembelajaran yaitu mengevaluasi proses
dan hasil belajar siswa, dan mengevaluasi program pengajaran
yang disusun oleh guru sendiri.
Sebagaimana sebuah kegiatan, evaluasi harus dilakukan
dengan menggunakan sebuah perencanaan yang cermat dan
relevan dengan tujuan yang diharapkan. Evaluasi pembelajaran
bahasa dilakukan selama dalam proses dan pada akhir sebuah
program pembelajaran. Alat yang digunakan dalam pengumpulan
data dalam evaluasi pembelajaran bahasa berupa tes dan non
tes. Aspek yang diukur dalam evaluasi pembelajaran bahasa tidak
hanya menekankan pada aspek konitif siswa, tetapi juga meliputi
aspek afektif dan psikomotor.
200