Page 212 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 212

Setiawati,  Evaluasi Pembelajaran Bahasa


              Dengan  menggunakan  kriteria  yang  sama  (kesamaan
       jumlah  aspek  yang  dinilai)  dengan  kriteria  pada  kemampuan
       mendengarkan,  maka  dapat  ditafsirkan  bahwa  kemampuan
       menulis  Andini  berada  pada  kategori  baik  pada  ranah  kognitif,
       demikian pula pada ranah  afektif.
              Dengan  menggunakan  rumus  yang  sama  pula,  guru
       dapat  mengetahui  nilai  kemampuan  berbicara  Andin  secara
       menyeluruh (kognitif dan afektif), yakni:
              Sk  +  Sa      =  Skb  (skor  kemampuan  berbicara)
                    2
       Sehingga  diperoleh  hasil  evaluasi  kemampuan  berbicara  Andin
       adalah: 21  + 23  = 22  yang berarti berada pada kategori baik.
                 2
              Format penilaian seperti contoh dapat dikembangkan oleh
       guru-guru  di  sekolah  yang  disesuaikan  dengan  kebutuhan
       kelas/sekolah.  Demikian  pula  halnya  dengan  kemampuan
       bersastra.  Aspek-aspek  yang  dinilai  disesuaikan  dengan  kriteria-
       kriteria yang ada dalam materi kesastraan.
              Penilaian  terhadap  aspek  psikomotor  dapat  dengan
       mudah  dilakukan  dalam  kegiatan  bersastra  seperti  pembacaan
       puisi,  bercerita  atau  mendongeng,  dan  bermain  drama.  Penilaian
       diberikan terhadap kemampuan siswa menggunakan organ mulut,
       ekspresi  wajah,  dan  gerak  tubuh  ketika  berbicara  atau  bercerita,
       membacakan puisi, dan memerankan tokoh drama.
       Asesmen Portofolio

              Asesmen  portofolio  merupakan  salah  satu  strategi  yang
       digunakan  dalam  kegiatan  evaluasi.  Zainul  &  Mulyana  (2004)
       mendeskripsikan  asesmen  portofolio  sebagai  suatu  proses  dan
       tempat.  Tempat yang  dimaksud  di  sini  adalah  koleksi  materi  fisik
       atau  data  yang  disimpan  dalam  suatu  folder  atau  boks.
       Berkenaan  dengan  asesmen  Shanklin  dalam  Rhoders  yang
       dikutip  oleh  Yunus  (2002)  mengungkapkan  bahwa  asesmen
       merupakan  proses  pengumpulan,  pencatatan  atau  perekaman,
       dan  penganalisisan proses dan  hasil perkembangan  belajar siswa
       yang  bertujuan  untuk  meningkatkan  kualitas  pembelajaran  dan
       hasil belajar.





       198
   207   208   209   210   211   212   213   214   215   216   217