Page 208 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 208

Setiawati,  Evaluasi Pembelajaran Bahasa



        kompetensi  ini  dapat  dipadukan  minimal  dua  keterampilan
        berbahasa  (mendengarkan  dan  berbicara  atau  mendengarkan
        dengan  menulis)  dan  maksimal  tiga  keterampilan  berbahasa
        (mendengarkan, berbicara, dan  menulis).
               Keterpaduan  pelaksanaan  pembelajaran  dan  evaluasi
        hasil  belajar akan lebih jelas tampak jika kita mencermati indikator
        yang tertuang dalam kurikulum  untuk aspek tersebut,  yaitu
        1.  Mampu menuliskan pokok berita yang  didengarkan.
        2.  Mampu menuliskan isi berita ke dalam beberapa kalimat.
        3.  Mampu memberikan tanggapan  mengenai isi berita (*)
        Tanda  (*)  menyatakan  kebebasan  bagi  guru  untuk  menugasi
        siswa dengan kemampuan berbicara atau menulis.
               Melalui  tiga  indikator  di  atas,  guru  dapat  merancang
        pemebalajaran bahasa dengan fokus mendengarkan,  menyiapkan
        alat bantu  pembelajaran,  menentukan  pendekatan,  metode/teknik
        pembelajaran,   menetapkan    langkah   pembelajaran,   dan
        merancang evaluasi.
               Rancangan  evaluasi  dalam  pembelajaran  ini  dapat
        berupa  tes  tertulis  atau  tes  lisan,  atau  menggunakan  keduanya
        yakni  tes  tertulis  dan  tes  lisan.  Tes  tertulis  yang  tepat  untuk
        memperoleh komptensi di  atas adalah  berupa tes  uraian  dengan
        mengajukan  pertanyaan-pertanyaan  berdasarkan  berita  yang
        diperdengarkan.  Jika  menggunakan  tes  lisan,  tugas-tugas  atau
        soal-soal  yang  diberikan  sama  seperti  pada  tes  tertulis  hanya
        diajukan secara lisan.
               Pemberian  skor  terhadap  hasil  belajar  siswa  dapat
        menggunakan  format  penskoran/penilaian.  Berikut  ini  contoh
        format-format tersebut, yaitu:
        1.  Format Penilaian Kemampuan Mendengarkan
        2.  Format Penilaian Kemampuan Menulis
        3.  Format Penilaian Kemampuan Berbicara













        194
   203   204   205   206   207   208   209   210   211   212   213