Page 207 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 207

Cakrawa!a Pendidikan  3



          empat keterampilan  berbahasa kepada  para  siswa.  Hal  ini  tertera
          dalam kurikulum (2004,  hal.  11) yang berbunyi:
                 "Kompetensi  dasar mencakup  aspek  kemampuan
                 berbahasa  dan  bersastra.  Masing-masing  ini
                 dirinci  lagi  ke  dalam  empat  subaspek,  yaitu
                 keterampilan     mendengarkan,      berbicara,
                 membaca,  dan  menulis.  Aspek  dan  subaspek
                 tersebut   disajikan   secara   seimbang   dan
                 dilaksanakan secara terpadu."

          Keterpaduan  ini tampak pada Diagram 2.
                 Dengan  proses  pembelajaran  bahasa  yang  dilaksanakan
          secara  terpadu,  guru  tidak  memiliki  alasan  untuk  mengatakan
          tidak cukup waktu untuk melatih siswa terampil berbahasa.


          Pengukuran Hasil Belajar Bahasa
                 Telah  dijelaskan  bahwa  pengukuran  merupakan  salah
          satu  kegiatan  yang  terdapat  dalam  evaluasi.  Untuk  mengetahui
          seberapa  tinggi  tingkat  kemampuan  berbahasa  siswa  dapat
          dilakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur berupa tes
          dan  nontes.  Karena  proses  pembelajaran  bahasa  berlangsung
          secara  terpadu,   maka  evaluasi   hasil   belajar  sebaiknya
          dilaksanakan  secara  terpadu,  yaitu  antar-dua  keterampilan
          berbahasa,  tiga,  atau  kalau  mungkin  antar-empat  keterampilan
          berbahasa.
                 Sebagai  contoh,  dapat  dilihat  standar  kompetensi  yang
          terdapat pada  komponen  kompetensi  dasar,  indikator,  dan  materi
          pokok  dalam  kurikulum  mata  pelajaran  Bahasa  dan  Sastra
          Indonesia untuk SMP.  Pada aspek mendengarkan tertulis standar
          kompetensi:  Mampu  mendengarkan  dan  memahami  ragam
          wacana  lisan  melalui  kegiatan  menanggapi  isi  berita  dan
          menyampaikan  isi  wawancara  (Kurikulum  2004).   Pada  kata
          mendengarkan dapat ditangkap dengan jelas bahwa keterampilan
          berbahasa   yang   diharapkan  dimiliki  oleh   siswa   adalah
          kemampuan  mendengarkan  atau  menyimak,  namun  pada  kata
          menanggapi  dan  menyampaikan,  tersirat  adanya  kemampuan
          berbahasa  lisan  atau  tulis  yang  harus  dimiliki  siswa  yaitu,
          berbicara  atau  menulis.   Dengan  demikian,  dari  satu  standar



                                                                  193
   202   203   204   205   206   207   208   209   210   211   212