Page 202 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 202
Setimmti, Evaluasi Pembelajaran Bahasa
Evaluasi Proses dan Evaluasi Hasil Belajar Bahasa
Evaluasi Proses dalam Pembelajaran
Sebuah pembelajaran adalah sebuah kegiatan yang
memerlukan adanya kerja sama antara guru dan siswa. Proses
pembelajaran dirancang oleh guru dan dilaksanakan oleh guru
dan siswa. Gagalnya sebuah proses dapat dipastikan gagalnya
pencapaian tujuan Dalam hal ini yang lebih banyak berperan
adalah guru. Artinya, kegagalan dalam sebuah pembelaJaran
lebih berat disebabkan oleh pihak guru dibandingkan dari pihak
siswa Oleh karena itu, evaluasi proses merupakan kegiatan yang
tidak boleh diabaikan. seperti diungkapkan Sudjana (1990)
bahwa
"Evaluasi terhadap proses belajar dan mengajar
sering diabaikan, setidak-tidaknya kurang
mendapat perhatian dibandingkan dengan
evaluasi hasil belajar. Pendidikan tidak
berorientasi kepada hasil semata-mata, tetapi juga
kepada proses. Oleh sebab itu evaluasi terhadap
hasil dan proses belajar harus dilaksanakan
secara seimbang dan, kalau dapat, dilaksanakan
secara simultan. Evaluasi yang dilaksanakan
tanpa menilai proses cenderung melihat faktor
siswa sebagai kambing hitam kegagalan
pendidikan. Padahal tidak mustahil kegagalan
yang dialami siswa disebabkan oleh lemahnya
proses belajar-mengajar di mana guru merupakan
penanggung jawab."
Evaluasi proses dalam pembelajaran menyangkut
kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
Perencanaan pembelajaran meliputi kegiatan menentukan
kompetensi yang akan diberikan kepada siswa, menentukan
pendekatan, metode dan teknik yang akan digunakan, pemilihan
dan penentuan media, serta evaluasi hasil belajar. Pelaksanaan
pembelajaran merupakan implementasi perencanaan atau
rancangan pembelajaran yang telah disusun.
Kegiatan evaluasi proses dalam pembelajaran bahasa
tidak berbeda dengan evaluasi proses dalam pembelajaran yang
188