Page 202 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 202

Setimmti,  Evaluasi Pembelajaran Bahasa


        Evaluasi Proses dan Evaluasi Hasil Belajar Bahasa

        Evaluasi Proses dalam Pembelajaran
                Sebuah  pembelajaran  adalah  sebuah  kegiatan  yang
        memerlukan  adanya  kerja  sama  antara  guru  dan  siswa.  Proses
        pembelajaran  dirancang  oleh  guru  dan  dilaksanakan  oleh  guru
        dan  siswa.  Gagalnya  sebuah  proses  dapat  dipastikan  gagalnya
        pencapaian  tujuan  Dalam  hal  ini  yang  lebih  banyak  berperan
        adalah  guru.  Artinya,  kegagalan  dalam  sebuah  pembelaJaran
         lebih  berat  disebabkan  oleh  pihak  guru  dibandingkan  dari  pihak
         siswa  Oleh  karena  itu,  evaluasi proses merupakan kegiatan  yang
         tidak  boleh  diabaikan.  seperti  diungkapkan  Sudjana  (1990)
         bahwa
                "Evaluasi  terhadap  proses  belajar dan  mengajar
                sering  diabaikan,   setidak-tidaknya   kurang
                mendapat    perhatian   dibandingkan   dengan
                evaluasi   hasil   belajar.   Pendidikan   tidak
                berorientasi kepada hasil semata-mata, tetapi juga
                kepada  proses.  Oleh  sebab  itu  evaluasi  terhadap
                hasil  dan  proses  belajar  harus  dilaksanakan
                secara  seimbang  dan,  kalau  dapat,  dilaksanakan
                secara  simultan.  Evaluasi  yang  dilaksanakan
                tanpa  menilai  proses  cenderung  melihat  faktor
                siswa   sebagai   kambing   hitam   kegagalan
                pendidikan.  Padahal  tidak  mustahil  kegagalan
                yang  dialami  siswa  disebabkan  oleh  lemahnya
                proses belajar-mengajar di  mana guru  merupakan
                penanggung jawab."
                Evaluasi   proses   dalam   pembelajaran   menyangkut
         kegiatan   perencanaan   dan   pelaksanaan    pembelajaran.
         Perencanaan   pembelajaran   meliputi  kegiatan   menentukan
         kompetensi  yang  akan  diberikan  kepada  siswa,  menentukan
         pendekatan,  metode  dan  teknik  yang  akan  digunakan,  pemilihan
         dan  penentuan  media,  serta  evaluasi  hasil  belajar.  Pelaksanaan
         pembelajaran   merupakan   implementasi  perencanaan   atau
         rancangan pembelajaran yang telah disusun.
                Kegiatan  evaluasi  proses  dalam  pembelajaran  bahasa
         tidak  berbeda  dengan  evaluasi  proses  dalam  pembelajaran  yang




         188
   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206   207