Page 203 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 203
Cakrawala Pendidikan 3
lain, yaitu mengevaluasi kegiata yang dilakukan dalam
pelaksanaan pembelajaran yang direlevansikan dengan kegiatan-
kegiatan yang tercantum dalam perencanaan/rancangan
pembelajaran.
Beberapa kriteria yang dapat digunakan dalam
pelaksanaaan evaluasi proses pembelajaran adalah sebagai
berikut.
1. Konsistensi kegiatan pembelajaran dengan kurikulum.
Keberhasilan proses pembelajaran dilihat dari sejauh mana
acuan yang terdapat dalam kurkulum dilaksanakan secara
nyata dalam hal menanamkan kompetensi, materi, kegiatan
penyampaian, alat atau media serta penggunaannya dalam
rangka menunjang pencapaian kompetensi yang telah
ditetapkan.
2. Keterlaksanaan program.
Dalam hal ini, evaluasi dilakukan terhadap pelaksanaan
program atau rencana pembelajaran yang telah disusun oleh
guru. Adakah hambatan atau kesulitan dalam pelaksanaan
pembelajaran tersebut. Aspek keterlaksanaan program
meliputi pengelolaan kelas, pengelolaan waktu, fungsi guru
sebagai motivator dan vasilitator, serta pelaksanaan rencana
evaluasi hasil belajar.
3. Keterlaksanaan oleh siswa.
Pelaksanaan evaluasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran
oleh siswa menilai sejauh mana siswa melakukan kegiatan
belajar sesuai dengan program yang telah sitentukan tanpa
mengalami hambatan dan kesulitan yang berarti yang meliputi
pemahaman siswa terhadap petunjuk belajar yang ditentukan
guru, melaksanakan kegiatan dan tugas-tugas belajar, serta
memanfaatkan sumber belajar yang disediakan.
4. Motivasi belajar siswa.
Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat melalui
motivasi yang ditunjukkan oleh para siswa pada saat
pelaksanaan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat pada minat
dan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat dan
tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas,
rasa senang dan puas atas hasil belajar yang diperoleh.
189