Page 203 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 203

Cakrawala Pendidikan 3


           lain,   yaitu   mengevaluasi   kegiata   yang   dilakukan   dalam
           pelaksanaan  pembelajaran  yang  direlevansikan dengan  kegiatan-
           kegiatan   yang   tercantum   dalam   perencanaan/rancangan
           pembelajaran.
                  Beberapa   kriteria   yang   dapat   digunakan   dalam
           pelaksanaaan  evaluasi  proses  pembelajaran  adalah  sebagai
           berikut.
           1.  Konsistensi kegiatan pembelajaran dengan kurikulum.
              Keberhasilan  proses  pembelajaran  dilihat  dari  sejauh  mana
              acuan  yang  terdapat  dalam  kurkulum  dilaksanakan  secara
              nyata  dalam  hal  menanamkan  kompetensi,  materi,  kegiatan
              penyampaian,  alat  atau  media  serta  penggunaannya  dalam
              rangka  menunjang  pencapaian  kompetensi  yang  telah
              ditetapkan.
           2.  Keterlaksanaan program.
              Dalam  hal  ini,  evaluasi  dilakukan  terhadap  pelaksanaan
              program  atau  rencana  pembelajaran  yang  telah  disusun  oleh
              guru.  Adakah  hambatan  atau  kesulitan  dalam  pelaksanaan
              pembelajaran  tersebut.  Aspek  keterlaksanaan  program
              meliputi  pengelolaan  kelas,  pengelolaan  waktu,  fungsi  guru
              sebagai  motivator dan  vasilitator,  serta  pelaksanaan  rencana
              evaluasi hasil belajar.
           3.  Keterlaksanaan oleh siswa.
              Pelaksanaan evaluasi terhadap keterlaksanaan  pembelajaran
              oleh  siswa  menilai  sejauh  mana  siswa  melakukan  kegiatan
              belajar  sesuai  dengan  program  yang  telah  sitentukan  tanpa
              mengalami hambatan dan kesulitan yang  berarti yang  meliputi
              pemahaman  siswa terhadap  petunjuk belajar yang  ditentukan
              guru,  melaksanakan  kegiatan  dan  tugas-tugas  belajar,  serta
              memanfaatkan sumber belajar yang disediakan.
           4.  Motivasi belajar siswa.
               Keberhasilan  proses  pembelajaran  dapat  dilihat  melalui
              motivasi  yang  ditunjukkan  oleh  para  siswa  pada  saat
              pelaksanaan  pembelajaran.  Hal  ini  dapat  dilihat  pada  minat
              dan  perhatian  siswa  terhadap  pelajaran,  semangat  dan
              tanggung  jawab  siswa  dalam  menyelesaikan  tugas-tugas,
               rasa senang dan puas atas hasil belajar yang diperoleh.






                                                                  189
   198   199   200   201   202   203   204   205   206   207   208