Page 198 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 198

Setimvati,  Evaluasi Pembelajaran Bahasa



                 Evaluasl Pembelajaran Bahasa










               ~luasi merupakan suatu  kegiatan  yang  penting dalam
        suatu  kegiatan   di  samping  perencanaan  dan  pelaksanaan.
        Termasuk juga dalam  kegiatan  pembelajaran.  Evaluasi  dilakukan
        untuk  mengetahui  seberapa  tinggi  ketercapaian  tujuan  suatu
        kegiatan.  Hasil  evaluasi  digunakan  untuk  meningkatkan  hasil
        yang  telah  diperoleh,  atau  memperbaiki  suatu  kegiatan  karena
        memperoleh keberhasilan yang rendah,  atau sama sekali gagal.
               Pembelajaran  sebagai  bagian  dari  program  pendidikan
        yang  dan  berjalan  sepanjang  masa,  memerlukan  evaluasi  yang
        dilakukan  secara  sungguh-sungguh  serta  ditindaklanjuti  secara
        sungguh-sungguh    pula.   ltu   sebabnya,   kegiatan   evaluasi
        sebaiknya  tidak  dilakukan  secara  setengah  hati  karena  akan
        menyangkut banyak komponen  yang  dirugikan  dalam waktu  yang
        sangat panjang.
               Begitu  pentingnya  kegiatan  evaluasi  seperti  diungkapkan
        Sudjana  (1990)  bahwa  penilaian  atau  evaluasi  tidak  hanya
        diarahkan  kepada  tujuan  pendidikan  yang  telah  ditetapkan,  tetapi
        juga  terhadap  tujuan  yang  tersembunyi,  termasuk  efek  samping
        yang  mungkin timbul.
               Banyak  kekurangan  yang  terjadi  dalam  pembelajaran
        bahasa,  salah  satunya  adalah  kesalahan  dalam  melakukan
        evaluasi  pembelajaran  bahasa  yang  meliputi  hasil  belajar
        keterampilan  berbahasa  yaitu  menyimak,  berbicara,  membaca
        dan  menulis.  Dengan  materi  berupa  keterampilan  berbahasa,
        maka  siswa  diharapkan  memiliki  kompetensi  berupa  terampil
        menggunakan bahasa atau berbahasa baik lisan maupun lisan.
               Sebagai  suatu  kegiatan  yang  berproses,  evaluasi  pada
        pembelajaran  bahasa  tidak  hanya  menekankan  pada  evaluasi
        hasil  (hasil  belajar)  tetapi  juga  memperhatikan  proses  yang
        berlangsung  dalam  mencapai  hasil  tersebut.  Oleh  karena  itu,



        184
   193   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203