Page 198 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 198
Setimvati, Evaluasi Pembelajaran Bahasa
Evaluasl Pembelajaran Bahasa
~luasi merupakan suatu kegiatan yang penting dalam
suatu kegiatan di samping perencanaan dan pelaksanaan.
Termasuk juga dalam kegiatan pembelajaran. Evaluasi dilakukan
untuk mengetahui seberapa tinggi ketercapaian tujuan suatu
kegiatan. Hasil evaluasi digunakan untuk meningkatkan hasil
yang telah diperoleh, atau memperbaiki suatu kegiatan karena
memperoleh keberhasilan yang rendah, atau sama sekali gagal.
Pembelajaran sebagai bagian dari program pendidikan
yang dan berjalan sepanjang masa, memerlukan evaluasi yang
dilakukan secara sungguh-sungguh serta ditindaklanjuti secara
sungguh-sungguh pula. ltu sebabnya, kegiatan evaluasi
sebaiknya tidak dilakukan secara setengah hati karena akan
menyangkut banyak komponen yang dirugikan dalam waktu yang
sangat panjang.
Begitu pentingnya kegiatan evaluasi seperti diungkapkan
Sudjana (1990) bahwa penilaian atau evaluasi tidak hanya
diarahkan kepada tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, tetapi
juga terhadap tujuan yang tersembunyi, termasuk efek samping
yang mungkin timbul.
Banyak kekurangan yang terjadi dalam pembelajaran
bahasa, salah satunya adalah kesalahan dalam melakukan
evaluasi pembelajaran bahasa yang meliputi hasil belajar
keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca
dan menulis. Dengan materi berupa keterampilan berbahasa,
maka siswa diharapkan memiliki kompetensi berupa terampil
menggunakan bahasa atau berbahasa baik lisan maupun lisan.
Sebagai suatu kegiatan yang berproses, evaluasi pada
pembelajaran bahasa tidak hanya menekankan pada evaluasi
hasil (hasil belajar) tetapi juga memperhatikan proses yang
berlangsung dalam mencapai hasil tersebut. Oleh karena itu,
184