Page 193 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 193

Cakrawala Pendidikan 3


          No                           Analisis
                  perbandingan trigonometri.
               •   (butir 6) : menentukan besarnya suatu sudut yang  nilai sinus, eosin us
                  dan tangennya diketahui.
               •   (butir 8)  : menggunakan rum us sinus dan eosin us dalam
                  penyelesaian soal.
               Temuan:  Langkah  pengerjaan  relatif  panjang,  siswa  memerlukan
               pemahaman  yang  baik terhadap konsep  ruang  dimensi tiga.  (Saran:  Soal
               bagus  untuk  UAN,  karena  menguji  kompetensi  dimensi  ruang  dengan
               indikator konsep rumus trigonometri.).
          29 *   Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural,  C5/C, Sukar.
               Kelas XII,  Kompetensi 2.1,  lndikator butir 1,  2,  3,  4,  dan 5,  Program linear.
               2.1  merumuskan masalah nyata ke  dalam model matematika sistem
               pertidaksamaan linear, menyelesaikan, dan menafsirkan hasil yang
               diperoleh.
               •   (butir 1): menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear
                  dua variabel.
               •   (butir 2) : menentukan fungsi tujuan beserta kendala yang  harus
                  dipenuhi dalam masalah program linear.
               •   (butir 3)  : menggambarkan kendala sebagai daerah di bidang yang
                  memenuhi sistem pertidaksamaan linear.
               •   (butir 4) : menentukan nilai optimum dari fungsi tujuan sebagai
                  penyelesaian dari program linear.
               •   (butir 5)  : menafsirkan nilai optimum yang diperoleh seagai
                  penyelesaian masalah program linear.
               Temuan:  Siswa harus mampu:
               - menerapkan konsep program linear
               - merumuskan kondisi bentuk dan pertidaksamaan
               - menentukan konsep aljabar untuk menentukan titik sudut
               - menyelidiki beberapa titik untuk menentukan titik yang  dimaksud.
               (Saran  : Soal  bagus  untuk  UAN  dengan  catatan:  Soal  pada  nomor akhir
               dan hanya dapat dike~akan oleh siswa yang mempunyai waktu cukup.
          30**   Menciptakan-Pengetahuan konseptual,  C6/B,  Sedang.
               Kelas X,  Kompetensi 1.12, lndikator butir 1,  Logika Matematika.
                1.12 Menggunakan sifat dan prinsip logika untuk penarikan kesimpulan
               dan pembuktian sifat matematika.
               •   (butir 1): menarik kesimpulan dengan silogisme, modus ponen dan
                   modus !olen.
               Temuan:  Menciptakan  pernyataan  baru  dari  beberapa  pernyataan  yang
               berisi kesimpulan yang  sah  dengan menggunakan konsep logika.  (Saran:
               Soal  bagus  sekali  untuk  UAN,  karena  menguji  dimensi  proses  kognitif
               menciptakan untuk menjaring siswa pandai).
          Keterangan:
          *   Soal bagus untuk UAN
          **  Soal sangat bagus untuk UAN




                                                                 179
   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198