Page 193 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 193
Cakrawala Pendidikan 3
No Analisis
perbandingan trigonometri.
• (butir 6) : menentukan besarnya suatu sudut yang nilai sinus, eosin us
dan tangennya diketahui.
• (butir 8) : menggunakan rum us sinus dan eosin us dalam
penyelesaian soal.
Temuan: Langkah pengerjaan relatif panjang, siswa memerlukan
pemahaman yang baik terhadap konsep ruang dimensi tiga. (Saran: Soal
bagus untuk UAN, karena menguji kompetensi dimensi ruang dengan
indikator konsep rumus trigonometri.).
29 * Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural, C5/C, Sukar.
Kelas XII, Kompetensi 2.1, lndikator butir 1, 2, 3, 4, dan 5, Program linear.
2.1 merumuskan masalah nyata ke dalam model matematika sistem
pertidaksamaan linear, menyelesaikan, dan menafsirkan hasil yang
diperoleh.
• (butir 1): menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear
dua variabel.
• (butir 2) : menentukan fungsi tujuan beserta kendala yang harus
dipenuhi dalam masalah program linear.
• (butir 3) : menggambarkan kendala sebagai daerah di bidang yang
memenuhi sistem pertidaksamaan linear.
• (butir 4) : menentukan nilai optimum dari fungsi tujuan sebagai
penyelesaian dari program linear.
• (butir 5) : menafsirkan nilai optimum yang diperoleh seagai
penyelesaian masalah program linear.
Temuan: Siswa harus mampu:
- menerapkan konsep program linear
- merumuskan kondisi bentuk dan pertidaksamaan
- menentukan konsep aljabar untuk menentukan titik sudut
- menyelidiki beberapa titik untuk menentukan titik yang dimaksud.
(Saran : Soal bagus untuk UAN dengan catatan: Soal pada nomor akhir
dan hanya dapat dike~akan oleh siswa yang mempunyai waktu cukup.
30** Menciptakan-Pengetahuan konseptual, C6/B, Sedang.
Kelas X, Kompetensi 1.12, lndikator butir 1, Logika Matematika.
1.12 Menggunakan sifat dan prinsip logika untuk penarikan kesimpulan
dan pembuktian sifat matematika.
• (butir 1): menarik kesimpulan dengan silogisme, modus ponen dan
modus !olen.
Temuan: Menciptakan pernyataan baru dari beberapa pernyataan yang
berisi kesimpulan yang sah dengan menggunakan konsep logika. (Saran:
Soal bagus sekali untuk UAN, karena menguji dimensi proses kognitif
menciptakan untuk menjaring siswa pandai).
Keterangan:
* Soal bagus untuk UAN
** Soal sangat bagus untuk UAN
179