Page 189 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 189
Cakrawala Pendidikan 3
No Anal isis
siswa cenderung akan menyelesaikan soal dan menguji ketahanan
berpikir).
11 Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural, C5/C, Sukar
? Kelas X, Kompetensi 2.1, lndikator butir 5, 6 dan 8, Trigonometri.
2.1 Menggunakan sifat dan aturan tentang fungsi trigonometri, rumus
sinus dan cosinus dalam pemecahan masalah
• (butir 5) : menentukan sinus, eosin us dan Iangen dari sudut di semua
kuadran.
• (butir 6) : menentukan besarnya suatu sudut yang nilai sinus, cosinus 1
dan tangennya diketahui. 1
• (butir 8) : menggunakan rumus sinus dan cosinus dalam penyelesaian
soal.
Temuan: Langkah penyelesaian panjang sehingga memerlukan waktu
pengerjaan. Walaupun siswa dapat mengerjakan, soal ini akan dihindari
(Saran: Soal tidak cocok untuk soal pilihan ganda? Karena terlalu rumit
dan soal menjebak siswa untuk mengerjakan soal yang tidak mudah).
12** Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural, C5/C, Sedang
Kelas XII, Kompetensi 2.2, lndikator butir 2 dan 5, Notasi sigma, barisan
dan deret, dan induksi Matematika.
2.2 Merumuskan dan Menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pada
barisan geometri, dengan langkah sebagai berikut:
• (butir 2) : menentukan rum us suku ke-n dan jumlah n suku pad a
barisan geometri.
• (butir 5) : menghitung jumlah n suku deret geometri dengan
menggunakan rumus yang diperoleh.
Temuan: Langkah penyelesaian relatif pendek, soal sedang. Siswa harus
mampu mengabstraksikan simulasi konsep deret geometri. (Saran : Soal
bagus sekali untuk UAN, karena benar-benar menguji kompetensi siswa
mengabstraksikan persoalan nyata ke dalam model matematika).
13* Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural, C5/C, Sedang
Kelas XII, Kompetensi 2.2, lndikator butir 1, 2 dan 5, Notasi sigma,
barisan dan deret, dan induksi Matematika.
2.2 Merumuskan dan menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pada
barisan aritmatika, dengan langkah sebagai berikut:
• (butir 1) : menjelaskan ciri barisan aritmatika
• (butir 2) : menentukan rum us suku ke-n dan jumlah n suku pada
barisan aritmatika.
• (butir 5) : menghitung jumlah n suku deret aritmatika dengan
menggunakan rumus yang diperoleh.
Temuan: Siswa harus memahami konsep bunga dan menerapkan konsep
deret aritmatika.
(Saran: Soal bagus untuk UAN, karena menguji kompetensi siswa
mengabstraksikan persoalan nyata ke dalam model matematika).
14 * Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Mudah
Kelas XII, Kompetensi 2.5, lndikator butir 3, 4 dan 5, Matriks.
2.5 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menentukan invers
matriks ordo 2, dengan langkah sebagai berikut:
175