Page 189 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 189

Cakrawala Pendidikan 3


           No                          Anal isis
                siswa  cenderung  akan  menyelesaikan  soal  dan  menguji  ketahanan
                berpikir).
          11    Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural, C5/C,  Sukar
          ?     Kelas X,  Kompetensi 2.1,  lndikator butir 5,  6 dan 8,  Trigonometri.
                2.1  Menggunakan sifat dan aturan tentang fungsi trigonometri,  rumus
                sinus dan cosinus dalam pemecahan masalah
                •   (butir 5)  : menentukan sinus, eosin us dan Iangen dari sudut di semua
                  kuadran.
                •   (butir 6) : menentukan besarnya suatu sudut yang  nilai sinus,  cosinus   1
                  dan tangennya diketahui.                           1
                •   (butir 8)  : menggunakan rumus sinus dan cosinus dalam penyelesaian
                  soal.
                Temuan:  Langkah  penyelesaian  panjang  sehingga  memerlukan  waktu
                pengerjaan.  Walaupun  siswa  dapat  mengerjakan,  soal  ini  akan  dihindari
                (Saran:  Soal  tidak  cocok  untuk  soal  pilihan  ganda?  Karena  terlalu  rumit
                dan soal menjebak siswa  untuk mengerjakan soal yang tidak mudah).
           12**   Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural, C5/C, Sedang
                Kelas XII,  Kompetensi 2.2,  lndikator butir 2 dan  5,  Notasi sigma,  barisan
                dan deret, dan induksi Matematika.
                2.2 Merumuskan dan Menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pada
                barisan geometri, dengan langkah sebagai berikut:
                •   (butir 2)  : menentukan rum us suku ke-n dan jumlah n suku pad a
                  barisan geometri.
                •   (butir 5)  : menghitung jumlah n suku deret geometri dengan
                  menggunakan rumus yang diperoleh.
                Temuan:  Langkah  penyelesaian  relatif pendek,  soal sedang.  Siswa harus
                mampu mengabstraksikan simulasi konsep  deret geometri.  (Saran  : Soal
                bagus  sekali  untuk  UAN,  karena  benar-benar  menguji  kompetensi  siswa
                mengabstraksikan persoalan nyata ke dalam model matematika).
           13*   Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural,  C5/C, Sedang
                Kelas XII,  Kompetensi 2.2,  lndikator butir 1,  2 dan 5,  Notasi sigma,
                barisan dan deret, dan induksi Matematika.
                2.2 Merumuskan dan menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pada
                barisan aritmatika, dengan langkah sebagai berikut:
                •   (butir 1) : menjelaskan ciri barisan aritmatika
                •   (butir 2)  : menentukan rum us suku ke-n dan jumlah n suku pada
                  barisan aritmatika.
                •   (butir 5)  : menghitung jumlah n suku deret aritmatika dengan
                  menggunakan rumus yang diperoleh.
                Temuan: Siswa harus memahami konsep bunga dan menerapkan konsep
                deret aritmatika.
                (Saran:  Soal  bagus  untuk  UAN,  karena  menguji  kompetensi  siswa
                mengabstraksikan persoalan nyata ke dalam model matematika).
           14 *   Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C,  Mudah
                Kelas XII,  Kompetensi 2.5,  lndikator butir 3,  4 dan 5,  Matriks.
                2.5 Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menentukan invers
                matriks ordo 2,  dengan langkah sebagai berikut:



                                                                  175
   184   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194