Page 186 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 186

Suroyo  &  Ismarwati,  Analsis  Kualitatif Soal  L)ia11 Aklzir :Yasional
                                                       ----·

        Tabel 3.  Analisis  Taksonomi,  Tingkat  Kesukaran,  Kelas,  Nomor
                 Kompetensi.  indikator,  dan  Materi  Pokok  Soal  Ujian
                 Akhir  Nas1onal  SMA  IPA  Bidang  Studi  Matematika
                 Tahun 2005-2006

                                     Analisis
              Mengevaluasi-Pengelahuan prosedural, C5/C,  Sedang,
              Kelas X,  Kompelensi 1.8.  lndikalor bulir 2 ,3, dan 4, Sislem persamaan
              linear (SPL) dan kuadrat:
              1.8 Merancang model malemalika yang  berkaitan dengan sislem
              persamaan linear dan menyelesaikan modelnya.
              •  (bulir 2)  · menenlukan besaran dalam masalah yang dirancang
                sebagai variabel.
              •  (bulir 3) : merumuskan SPL yang merupakan model malemalika
                dengan menggunakan rumus keliling segiliga
              •  (bulir 4) :menghilung panjang sisi segiliga dengan menggunakan
                rumus yang Ieiah diperoleh.
             Temuan:  Langkah  penyelesaian  relalif pendek,  soal mudah,  namun  siswa
             memerlukan  pemahaman  konsep  segiliga  samakaki,  hal  ini  memerlukan
             lalihan  dan  pengalaman.  (Saran  : Soal bagus  unluk  UAN,  karena  menguji
             kompelensi untuk merancang model malemalika  dan  menyelesaikannya.
         2 ••   Mengevaluasi-Pengelahuan prosedural, C5/C,Sedang,
              Kelas XI,  Kompelensi 4.5,  lndikalor bulir 3 dan 4,  Diferensial
              4.5 Merancang model yang  berkailan dengan ekslrim fungsi dan
              menyelesaikan modelnya.
              •  (bulir 3)  : merumuskan persamaan yang merupakan model
                matematika dengan menggunakan rumus keliling dan luas empal
                persegi panjang.
              •  (bulir4): menenlukan luas maksimum dengan mengambil lurunan
                pertama sama dengan nol,  sehingga diperoleh besaran panjang
              Temuan:  Langkah  penyelesaian  relalif  pendek,  siswa  perlu  memahami
              konsep maksimum fungsi.  (Saran  : Soal sangal bagus unluk UAN,  karena
              siswa  harus jeli  membaca  gambar dan  tidak  terkecoh  pada  rumus  baku
              empal persegi panjang).
         3 •   Mengevaluasi-Pengelahuan prosedural,  C5/C,Sedang,
              Kelas X,  Kompelensi 1.8,  lndikalor bulir 2,  3,  dan 4,  SPL  dan Kuadrat.
              1.8 Merancang model malemalika yang  berkaitan dengan sislem
              persamaan  linear dan menyelesaikan modelnya.
              •   ( bulir 2)  : menenlukan besaran (umur Ayah = x) dan besaran (umur
                Budi = y).
              •  (bulir 3)  : merumuskan SPL dari besaran yang Ieiah ditentukan untuk
                Menenlukan model malemalika.
              •  (butir 4)  : menyelesaikan SPL dari rum us yang diperoleh.
              Temuan: Langkah  penyelesaian memerlukan kelelitian yang tinggi.  Siswa
              harus  mampu  mengabslraksikan  persoalan  nyala  ke  dalam  bentuk
              persamaan dengan dua variabel tidak dikelahui. (Saran: Soal bag us  unluk


        172
   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191