Page 186 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 186
Suroyo & Ismarwati, Analsis Kualitatif Soal L)ia11 Aklzir :Yasional
----·
Tabel 3. Analisis Taksonomi, Tingkat Kesukaran, Kelas, Nomor
Kompetensi. indikator, dan Materi Pokok Soal Ujian
Akhir Nas1onal SMA IPA Bidang Studi Matematika
Tahun 2005-2006
Analisis
Mengevaluasi-Pengelahuan prosedural, C5/C, Sedang,
Kelas X, Kompelensi 1.8. lndikalor bulir 2 ,3, dan 4, Sislem persamaan
linear (SPL) dan kuadrat:
1.8 Merancang model malemalika yang berkaitan dengan sislem
persamaan linear dan menyelesaikan modelnya.
• (bulir 2) · menenlukan besaran dalam masalah yang dirancang
sebagai variabel.
• (bulir 3) : merumuskan SPL yang merupakan model malemalika
dengan menggunakan rumus keliling segiliga
• (bulir 4) :menghilung panjang sisi segiliga dengan menggunakan
rumus yang Ieiah diperoleh.
Temuan: Langkah penyelesaian relalif pendek, soal mudah, namun siswa
memerlukan pemahaman konsep segiliga samakaki, hal ini memerlukan
lalihan dan pengalaman. (Saran : Soal bagus unluk UAN, karena menguji
kompelensi untuk merancang model malemalika dan menyelesaikannya.
2 •• Mengevaluasi-Pengelahuan prosedural, C5/C,Sedang,
Kelas XI, Kompelensi 4.5, lndikalor bulir 3 dan 4, Diferensial
4.5 Merancang model yang berkailan dengan ekslrim fungsi dan
menyelesaikan modelnya.
• (bulir 3) : merumuskan persamaan yang merupakan model
matematika dengan menggunakan rumus keliling dan luas empal
persegi panjang.
• (bulir4): menenlukan luas maksimum dengan mengambil lurunan
pertama sama dengan nol, sehingga diperoleh besaran panjang
Temuan: Langkah penyelesaian relalif pendek, siswa perlu memahami
konsep maksimum fungsi. (Saran : Soal sangal bagus unluk UAN, karena
siswa harus jeli membaca gambar dan tidak terkecoh pada rumus baku
empal persegi panjang).
3 • Mengevaluasi-Pengelahuan prosedural, C5/C,Sedang,
Kelas X, Kompelensi 1.8, lndikalor bulir 2, 3, dan 4, SPL dan Kuadrat.
1.8 Merancang model malemalika yang berkaitan dengan sislem
persamaan linear dan menyelesaikan modelnya.
• ( bulir 2) : menenlukan besaran (umur Ayah = x) dan besaran (umur
Budi = y).
• (bulir 3) : merumuskan SPL dari besaran yang Ieiah ditentukan untuk
Menenlukan model malemalika.
• (butir 4) : menyelesaikan SPL dari rum us yang diperoleh.
Temuan: Langkah penyelesaian memerlukan kelelitian yang tinggi. Siswa
harus mampu mengabslraksikan persoalan nyala ke dalam bentuk
persamaan dengan dua variabel tidak dikelahui. (Saran: Soal bag us unluk
172