Page 181 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 181
Cakrawala Pendidikan 3
Berdasarkan Tabel 3 hasil analisis secara mendetail
berupa penjabaran taksonomi dan kompetensi berikut temuan
dalam pengerjaan untuk tiap soal yang dapat dijadikan analisis
lebih lanjut untuk menkaji kesulitan yang mungkin dihadapi oleh
perserta UAN sebagai masukan proses evaluasi kegiatan untuk
persiapan pembelajaran, konsep-konsep dan kompetensi yang
harus dikuasai.
Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan hasil analisis, kajian dan temuan penelitian
kualitatif ini, dapat disimpulkan enam hal berikut ini:
1. Penentuan urutan pengerjaan soal dapat membantu
penyelesaian ujian secara keseluruhan, jika peserta ujian
mampu memahami persoalan, tingkat kesukaran, dan
langkah penyelesaian soal.
2. Cakupan kompetensi pada soal UAN SMA/MA IPA bidang
studi Matematika tahun 2005 untuk kategori kelas terwakili
dan proporsional.
3. Penyebaran materi pokok dalam soal-soal UAN terwakili.
4. Sebaran taksonomi terkumpul pada dimensi pengetahuan
prosedural yang sebagian besar berkumpul pada dimensi
proses kognitif menerapkan dan mengevaluasi.
5. Proporsi taraf kesukaran antara soal mudah, sedang, dan
sukar sudah memenuhi kriteria penyusunan set soal yang
proporsional yang diharapkan data skor hasil ujian akan
berdistribusi normal.
6. Waktu pengerjaan relatif cukup untuk siswa normal dengan
kesalahan sekitar 13 % (4 dari 30 soal salah).
Berdasarkan hasil analisis pengerjaan soal dan temuan
penelitian, dapat disarankan tiga hal berikut ini:
1. Ada soal yang memenuhi kriteria sangat bagus (**) untuk
diujikan di UAN dalam tipe soal pilihan ganda (soal nomor 2,
4, 12, 21, dan 30).
2. Ada soal yang memenuhi kriteria tidak cocok (?) untuk
diujikan di UAN dalam tipe soal pilihan ganda (soal nomor 6,
11, 16, dan 24).
3. Soal selebihnya merupakan soal-soal bagus (*) untuk UAN.
169