Page 181 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 181

Cakrawala Pendidikan 3


                  Berdasarkan  Tabel  3  hasil  analisis  secara  mendetail
           berupa  penjabaran  taksonomi  dan  kompetensi  berikut  temuan
           dalam  pengerjaan  untuk  tiap  soal  yang  dapat  dijadikan  analisis
           lebih  lanjut  untuk  menkaji  kesulitan  yang  mungkin  dihadapi  oleh
           perserta  UAN  sebagai  masukan  proses  evaluasi  kegiatan  untuk
           persiapan  pembelajaran,  konsep-konsep  dan  kompetensi  yang
           harus dikuasai.

           Kesimpulan dan Saran
                  Berdasarkan  hasil  analisis,  kajian  dan  temuan  penelitian
           kualitatif ini,  dapat disimpulkan enam hal berikut ini:
           1.  Penentuan   urutan   pengerjaan   soal   dapat  membantu
              penyelesaian  ujian  secara  keseluruhan,  jika  peserta  ujian
              mampu  memahami  persoalan,  tingkat  kesukaran,  dan
              langkah penyelesaian soal.
           2.  Cakupan  kompetensi  pada  soal  UAN  SMA/MA  IPA  bidang
              studi  Matematika  tahun  2005  untuk  kategori  kelas  terwakili
              dan proporsional.
           3.  Penyebaran materi pokok dalam soal-soal UAN terwakili.
           4.  Sebaran  taksonomi  terkumpul  pada  dimensi  pengetahuan
              prosedural  yang  sebagian  besar  berkumpul  pada  dimensi
              proses kognitif menerapkan dan mengevaluasi.
           5.  Proporsi  taraf  kesukaran  antara  soal  mudah,  sedang,  dan
              sukar  sudah  memenuhi  kriteria  penyusunan  set  soal  yang
              proporsional  yang  diharapkan  data  skor  hasil  ujian  akan
              berdistribusi  normal.
           6.  Waktu  pengerjaan  relatif  cukup  untuk  siswa  normal  dengan
              kesalahan sekitar 13 % (4 dari 30 soal salah).
                  Berdasarkan  hasil  analisis  pengerjaan  soal  dan  temuan
           penelitian, dapat disarankan tiga hal berikut ini:
           1.  Ada  soal  yang  memenuhi  kriteria  sangat  bagus  (**)  untuk
              diujikan  di  UAN  dalam  tipe  soal  pilihan  ganda  (soal  nomor 2,
              4,  12, 21,  dan 30).
           2.  Ada  soal  yang  memenuhi  kriteria  tidak  cocok  (?)  untuk
              diujikan  di  UAN  dalam  tipe  soal  pilihan  ganda  (soal  nomor 6,
               11, 16, dan 24).
           3.  Soal selebihnya merupakan soal-soal bagus (*)  untuk UAN.





                                                                   169
   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185   186