Page 177 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 177

Cakrawala Pendidikan 3


                  kemampuan  sesuatu jenis sekolah  untuk mencapai
                 tujuan  dapat  diungkapkan  dalam  bentuk  statistik
                 deskriptif.  Namun,  belum  jelaslah  statistik  mana
                  yang harus dipakai .
                  ..... Di   sinilah   timbul   kesulitan   dalam
                  membandingkan      bermacam-macam       sistem
                  pendidikan  dan  jenis  sekolah.  Pertama-tama,
                  standar  harus  didasarkan  pada  tujuan  yang  ada.
                  Dengan   demikian,   tes   yang   dipakai   untuk
                  mengukur  tujuan  harus  representatif,  sehingga
                 tidak  ada  satu  sistem  pendidikan  maupun  satu
                 jenis  sekolah  pun  yang  dianak-emaskan  atau
                 dianak-tirikan "(hal. 43-44)
                  Untuk   mengetahui   seberapa   jauh   upaya   dalam
          mengembangkan  standar pada  ujian  akhir nasional,  memerlukan
          penelitian  terhadap  perangkat  tes  dapat  dilakukan  agar  dapat
          diperoleh  informasi  sebagai  sarana  kajian  mendalam  yang
          bersifat  evaluatif  demi  perbaikan  ke  arah  tujuan  pencapaian
          standar.
                 Tujuan  dari  analisis  ini  adalah  untuk  mengetahui  sejauh
          mana  cakupan  kompetensi  materi  yang  diujikan,  sebaran  jejang
          kognitif  dan  tingkat  kesukaran  soal  dan  menguji  seberapa
          kecukupan  waktu  pengerjaan  per  soal  maupun  keseluruhan  set
          soal,  serta  temuan  permasalahan  apa  saja  yang  terjadi  dalam
          penyelesaian  soal.  Permasalahan  dibatasi  untuk  menganalisis
          soal  UAN  periode  tahun  2005-2006  untuk  SMA/MA  IPA  bidang
          studi matematika.
                  Metodologi  yang  digunakan  adalah  menganalisis  secara
          kualitatif  pada  sampel  soal  UAN  berdasarkan  peta  kompetensi,
          taksonomi,  tingkat  kesukaran,  kecukupan  waktu  pengerjaan,  dan
          strategi  pengerjaan  soal.  Peta  kompetensi  dikonfirmasikan
          mengacu  kepada  kurikulum  2004  standar  kompetensi  mata
          pelajaran  Matematika  Sekolah  Menengah  Atas  dan  Madrasah
          Aliyah Departemen Pendidikan Nasional (2003).
                  Sebaran  taksonomi  tujuan  pendidikan  diselaraskan
          dengan  tabel  revisi  taksonomi  Bloom  oleh  Anderson  &  Krathwohl
          (2001)  dari  kerangka  taksonomi  asli  yang  bersifat  satu  dimensi
          menjadi  dua  dimensi,  yaitu  Dimensi  Proses  Kognitif dan  Dimensi
          Pengetahuan.  Dimensi Proses Kognitif berisi enam kategori,  yaitu:



                                                                  165
   172   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182