Page 173 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 173
Cakrawala Pendidikan 3
orientasi yang secara spesifik untuk pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang diemban oleh universitas serta
orientasi yang menyiapkan lulusan untuk terjun dalam industri
barang dan jasa.
Kesimpulan
Berdasarkan paparan tersebut dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut. Pertama bahwa peran pendidikan tinggi di
berbagai negara sangat besar dalam pengembangan sosial,
ekonomi, dan budaya serta terdapat penekanan yang cukup nyata
khususnya pada pengembangan ekonomi baik pada level negara,
wilayah dalam suatu negara, atau pada level individu.
Sehubungan dengan peran itu yang diharapkan maka yang terjadi
adalah kecenderungan kolaborasi antara institusi pendidikan
tinggi dengan kalangan dunia usaha semakin tinggi. Kolaborasi ini
akan bermuara pada kurikulum yang akan ditawarkan institusi
pendidikan tinggi serta kegiatan riset yang akan dilakukan;
kegiatan riset ditujukan untuk mendukung pengembangan dunia
usaha.
Kecenderungan yang berorientasi pada pengembangan
ekonomi baik pada zona individu, masyarakat, maupun negara
tersebut dapat dipahami dari teori hirarki kebutuhan yang
dikemukakan Maslow (Boeree, 2004) yang menyatakan bahwa
kebutuhan hidup manusia perlu dipenuhi mengikuti urutan
tertentu. Urutan pemenuhan tersebut dimulai dari kebutuhan
fisiologi yang meliputi oksigen, air, protein, garam, gula, kalsium,
mineral yang lain, dan vitamin. Kebutuhan selanjutnya adalah
keselamatan dan keamanan yang meliputi tempat yang aman,
stabilitas termasuk di dalamnya stabilitas dalam mendapat
pekerjaan, serta perlindungan. Kebutuhan ke tiga, empat, dan
lima masing-masing adalah kebutuhan akan cinta dan hubungan
sosial, citra diri, serta aktualisasi diri. Dari urutan prioritas
pemenuhan kebutuhan manusia tersebut, khususnya kebutuhan
nomor dua dan tiga, penyusunan program atau kurikulum pada
pendidikan tinggi dapat dipahami. Kebutuhan kedua dan ketiga
mengenai stabilitas atas pekerjaan, serta keamanan, hubungan
antara manusia atau masyarakat satu dengan yang lain muncul.
Untuk pemenuhan kebutuhan inilah isi kurikulum dalam bidang
161