Page 171 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 171

Cakrawala Pendidikan 3



          Bahasan
                 Dari  uraian  mengenai  pendidikan  tinggi  di  Indonesia
          berdasarkan   peraturan   dan   rancangan   peraturan   dalam
          pendidikan  tinggi  di  atas  serta  uraian  pendidikan  tinggi  di  AS,
          lnggris,  Belanda,  negara  macan  Asia,  serta  Australia,  ada
          beberapa  hal  yang  dapat  disampaikan  di  sini.  Pertama,  ada
          kesamaan  tujuan  pendidikan  tinggi  yaitu  untuk  penciptaan  dan
          pengembangan  ilmu  pengetahuan  serta  penerapannya  demi
          kemajuan   sosial,   budaya,   dan   ekonomi.   Namun  dalam
          implementasinya  terdapat  perbedaan  yang  cukup  signifikan.
          Misalnya di  lnggris contoh yang  paling ekstrem, jelas sekali dalam
          langkah  yang  diambil  dalam  mengkaitkan  pendidikan  tinggi
          dengan  kemajuan  sosial  dan  ekonomi  wilayah  di  mana  institusi
          pendidikan  tinggi  itu  berada  di  wilayahnya.  Dekatnya  pengkaitan
          tersebut dapat dilihat dari:
          1.  kemitraan  institusi  pendidikan  tinggi  dengan  lnstitusi-institusi
              Pengembangan  Wilayah    (RDAs)  dalam  transfer  ilmu
              pengetahuan  dan  teknologi,  pengembangan  sumderdaya
              manusia  dan  pengembangan  teknologi  yang  dibutuhkan
              untuk pengembangan wilayah,
          2.  pemberian  peran  lebih  besar  terhadap  RDAs  dalam
              menentukan Dana lnovasi untuk pendidikan tinggi,  dan
          3.  dorongan  kepada  kalangan  industri  dan  perdagangan  untuk
              berkolaborasi  dengan  institusi  pendidikan  lanjut  untuk
              mengembangkan  program  studi  untuk  memenuhi  kebutuhan
              tenaga  kerjanya  seperti yang  terjadi  kerjasanma antara  KLM-
              UK dengan Konsortium pendidikan tinggi di Kingston.

                 Di  lingkungan  negara  macan  Asiapun  keterkaitan  antara
          pendidikan  tinggi  dan  dunia  industri  dan  pedagangan  cukup
          besar.  Misalnya  di  Singapore,  pihak  industri  dan  perdagangan
          duduk dalam  Dewan  Penasehat Kurikulum.  Di  Malaysia juga ada
          komitmen   untuk   meningkatkan   program   penelitian   yang
          mendorong perkembangan industri barang dan jasa.
                  Pengkaitan  pendidikan  tinggi  dengan  perkembangan
          ekonomi  yang  akhirnya  akan  mempersiapkan  lulusan  dalam
          mencari  penghidupan  menurut  beberapa  ahli  pendidikan  di  AS,
          yaitu  telah  sesuai  dengan  makna  pendidikan  liberal.  Namun  bagi



                                                                  159
   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176