Page 166 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 166

l!ardhono,  Kerangka Dasar dan  Struktur Kurikulum



        Departemen  Pendidikan  dan  Keterampilan  lnggris  mendorong
        kalangan  industri  dan  perdagangan  untuk  berkolaborasi  dengan
        institusi  pendidikan  lanjut  untuk  mengembangan  program  two-
        year  work-focused  foundation  degrees.  Kolaborasi  semacam  ini
        menguntungkan  banyak  pihak  Pihak  industri  dan  perdagangan
        mendapat  jaminan  pasokan  tenaga  kerja  yang  dibutuhkan.
        Mahasiswa  dapat  jaminan  pekerjaan  sedangkan  masyarakat
        secara  keseluruhan  mendapat  keuntungan  dari  perkembangan
        sosial ekonomi dari kolaborasi ini.
                Salah  satu  contoh  kolaborasi  semacam  ini  adalah
        kolaborasi  antara  KLM-UK  Engineering  dengan  Konsorsium
        Universitas  Kingston  dalam  pengembangan  program  gelar  dasar
        di  bidang  rekayasa  pesawat.  Dalam  program  kolaborasi,
        mahasiswa tidak saja  mendapatkan keahlian  akademik melainkan
        juga  pengalaman  kerja dan  praktek yang  diperlukan  oleh  industri.
        KLM-UK  terlibat  secara  aktif  sejak  awal  dalam  merancang
        program  pembelajaran.  Selain  itu  kurikulum  juga  dirancang
        dengan  mematuhi  aturan  untuk mendapatkan  lisensi  dari  Otoritas
        Penerbangan  (Joint  Aviation  Authority).  Dalam  pelaksanaan
        pembelajaran,  mahasiswa  juga  belajar  dari  dan  dibimbing  oleh
        mentor yang  berpengalaman dalam suasana kerja yang  nyata.

        Pendidikan Tinggi di Amerika Serikat

                Pendidikan  tinggi  di  Amerika  Serikat  (AS)  terdiri  atas
        kolese  dan  universitas   Kolese  menyelenggarakan  program
        pendidikan  tinggi  yang  menuju  ke  pencapai  gelar  asosiat  dan
        bachelor.  Gelar asosiat dirancang  untuk lama  belajar selama  dua
        tahun  sedangkan  gelar  bachelor  dicapai  dalam  kurun  waktu
        empat  tahun.  Sedangkan  universitas,  selain  menyelenggarakan
        program  yang  mengarah  kepencapaian  gelar master dan  doktor,
        juga menyelenggarakan program bachelor.
                Sedangkan  dari  sisi  kurikulum,  pendidikan  tinggi  di  AS
        terkenal  dengan  istilah  liberal  education  atau  pendidikan  liberal.
        Sesuai  dengan  namanya  pendidikan  liberal  ditujukan  untuk
        menumbuhkan     liberasi.   Sekalipun   demikian,   ada  banyak
        pemaknaan  atas  konsep  pendidikan  liberal,  namun  ada  pula
        kesamaan  dari  berbagai  pemaknaan  yang  diusulkan  oleh
        Mearsheimer,  Pippin,  &  Abbott  (Chrucky.  2003).  Kesamaan



         154
   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171