Page 166 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 166
l!ardhono, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
Departemen Pendidikan dan Keterampilan lnggris mendorong
kalangan industri dan perdagangan untuk berkolaborasi dengan
institusi pendidikan lanjut untuk mengembangan program two-
year work-focused foundation degrees. Kolaborasi semacam ini
menguntungkan banyak pihak Pihak industri dan perdagangan
mendapat jaminan pasokan tenaga kerja yang dibutuhkan.
Mahasiswa dapat jaminan pekerjaan sedangkan masyarakat
secara keseluruhan mendapat keuntungan dari perkembangan
sosial ekonomi dari kolaborasi ini.
Salah satu contoh kolaborasi semacam ini adalah
kolaborasi antara KLM-UK Engineering dengan Konsorsium
Universitas Kingston dalam pengembangan program gelar dasar
di bidang rekayasa pesawat. Dalam program kolaborasi,
mahasiswa tidak saja mendapatkan keahlian akademik melainkan
juga pengalaman kerja dan praktek yang diperlukan oleh industri.
KLM-UK terlibat secara aktif sejak awal dalam merancang
program pembelajaran. Selain itu kurikulum juga dirancang
dengan mematuhi aturan untuk mendapatkan lisensi dari Otoritas
Penerbangan (Joint Aviation Authority). Dalam pelaksanaan
pembelajaran, mahasiswa juga belajar dari dan dibimbing oleh
mentor yang berpengalaman dalam suasana kerja yang nyata.
Pendidikan Tinggi di Amerika Serikat
Pendidikan tinggi di Amerika Serikat (AS) terdiri atas
kolese dan universitas Kolese menyelenggarakan program
pendidikan tinggi yang menuju ke pencapai gelar asosiat dan
bachelor. Gelar asosiat dirancang untuk lama belajar selama dua
tahun sedangkan gelar bachelor dicapai dalam kurun waktu
empat tahun. Sedangkan universitas, selain menyelenggarakan
program yang mengarah kepencapaian gelar master dan doktor,
juga menyelenggarakan program bachelor.
Sedangkan dari sisi kurikulum, pendidikan tinggi di AS
terkenal dengan istilah liberal education atau pendidikan liberal.
Sesuai dengan namanya pendidikan liberal ditujukan untuk
menumbuhkan liberasi. Sekalipun demikian, ada banyak
pemaknaan atas konsep pendidikan liberal, namun ada pula
kesamaan dari berbagai pemaknaan yang diusulkan oleh
Mearsheimer, Pippin, & Abbott (Chrucky. 2003). Kesamaan
154