Page 162 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 162
Hardhono, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
tarat hidup masyarakat dan daya saing bangsa, serta
memperkaya budaya;
3. mendorong perubahan dan pembaharuan masyarakat sesuai
dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau
seni.
Selanjutnya tujuan pendidikan tinggi adalah yang pertama
sesuai dengan apa yang telah digariskan dalam UU Nomor 3
tentang Pendidikan Nasional yang telah dikemukakan ditambah
dengan pembentukan manusia yang berkualitas secara
intelektual, spiritual dan emosional, menguasai ilmu pengetahuan,
teknologi dan/atau seni, berlandaskan pada semangat
kebangsaan, sistem nilai, moral, dan watak serta peradaban
bangsa, yang mendukung peningkatan daya saing bangsa.
Dalam RPP Pendidikan Tinggi disebutkan bahwa
pendidikan tinggi adalah adalah pendidikan formal yang terdiri
atas pendidikan diploma, sarjana, magister, doktor, dan spesialis.
Pendidikan tinggi tersebut diselenggarakan oleh perguruan tinggi
dalam berbagai bentuk institusi yang meliputi akademi, politeknik,
sekolah tinggi, institut, dan universitas. Sedangkan jenis
pendidikan tinggi meliputi akademik, profesi atau vokasi.
Perbandingan tujuan jenis pendidikan serta jejang dapat dilihat
pada Tabel 1.
Untuk mencapai tujuan pendidikannya, masing-masing
jenis pendidikan mempunyai kurikulum dimana dalam Bab 1,
pasal 1, ayat 14 Ketentuan Umum RPP Pendidikan Tinggi
tersebut kurikulum didefinisikan sebagai seperangkat rencana dan
pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi.
Mengingat kurikulum ada pada program studi dan bukan
pada universitas, pertanyaan selanjutnya adalah apakah tujuan
pengajaraan pada program studi. Secara umum tujuan
pembelajaran pada program studi tidak terlepas dari tujuan
pendidikan nasional seperti yang telah diuraikan. Hal khusus yang
hendak dicapai adalah mengembangkan potensi, minat, dan
kepribadian dalam mencapai kompetensi sesuai dengan
persyaratan program studi dalam rangka meningkatkan daya
saing bangsa. Selanjutnya, apakah isi kurikulum program studi?
150