Page 162 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 162

Hardhono,  Kerangka Dasar dan  Struktur Kurikulum



           tarat  hidup  masyarakat  dan  daya  saing  bangsa,  serta
           memperkaya budaya;
        3.   mendorong  perubahan  dan  pembaharuan  masyarakat sesuai
           dengan  perkembangan  ilmu  pengetahuan,  teknologi  dan/atau
           seni.
               Selanjutnya tujuan  pendidikan tinggi adalah yang  pertama
        sesuai  dengan  apa  yang  telah  digariskan  dalam  UU  Nomor  3
        tentang  Pendidikan  Nasional  yang  telah  dikemukakan  ditambah
        dengan   pembentukan    manusia   yang   berkualitas   secara
        intelektual, spiritual dan emosional,  menguasai ilmu pengetahuan,
        teknologi   dan/atau   seni,   berlandaskan   pada   semangat
        kebangsaan,  sistem  nilai,  moral,  dan  watak  serta  peradaban
        bangsa, yang  mendukung peningkatan daya saing bangsa.
               Dalam  RPP  Pendidikan  Tinggi  disebutkan  bahwa
        pendidikan  tinggi  adalah  adalah  pendidikan  formal  yang  terdiri
        atas  pendidikan diploma,  sarjana,  magister,  doktor,  dan  spesialis.
        Pendidikan  tinggi  tersebut diselenggarakan  oleh  perguruan  tinggi
        dalam  berbagai  bentuk institusi yang  meliputi akademi,  politeknik,
        sekolah  tinggi,  institut,  dan  universitas.  Sedangkan  jenis
        pendidikan  tinggi  meliputi  akademik,  profesi  atau  vokasi.
        Perbandingan  tujuan  jenis  pendidikan  serta  jejang  dapat  dilihat
        pada Tabel  1.
               Untuk  mencapai  tujuan  pendidikannya,  masing-masing
        jenis  pendidikan  mempunyai  kurikulum  dimana  dalam  Bab  1,
        pasal  1,  ayat  14  Ketentuan  Umum  RPP  Pendidikan  Tinggi
        tersebut kurikulum didefinisikan sebagai seperangkat rencana dan
        pengaturan  mengenai tujuan,  isi,  dan  bahan  pelajaran,  serta cara
        yang  digunakan  sebagai  pedoman  penyelenggaraan  kegiatan
        pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tinggi.
               Mengingat kurikulum  ada  pada  program  studi  dan  bukan
        pada  universitas,  pertanyaan  selanjutnya  adalah  apakah  tujuan
        pengajaraan  pada  program  studi.   Secara  umum  tujuan
        pembelajaran  pada  program  studi  tidak  terlepas  dari  tujuan
        pendidikan nasional seperti yang telah diuraikan.  Hal khusus yang
        hendak  dicapai  adalah  mengembangkan  potensi,  minat,  dan
        kepribadian  dalam   mencapai   kompetensi  sesuai   dengan
        persyaratan   program  studi  dalam  rangka  meningkatkan  daya
        saing bangsa.  Selanjutnya, apakah isi kurikulum program studi?




        150
   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167