Page 167 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 167

Cakrawala Pendidikan 3


          pemaknaan  terdapat  pada  pandangan  bahwa  manusia  hidup
          dalam  dunia  yang  kompetitif oleh  karena  pendidikan  liberal  harus
          berperan  dalam  memberikan  bekal  kepada  mahasiswa  untuk
          menghadapi  persaingan  tersebut.  Oleh  karena  itu  bekal  yang
          perlu  diberikan  menutut  Chrucky  (2003)  meliputi  kemampuan
          kognitif  (fakta  dan  teori),  moral,  dan  emosi.  Namun  demikian
          Mearsheimer  tidak  sepenuhnya  setuju  dengan  usulan  Chrucky
          tersebut.  Menurut  Mearsheimer,  pendidikan  seharusnya  tidak
          meliputi  moral  karena  yang  diperlukan  dalam  kompetisi  adalah
          kemenangan,  misalnya  memenangkan  kasus  di  pengadilan  bagi
          seorang  penasehat  hukum.  Padahal  sebenarnya  moral  adalah
          ketaatan  pada  kesepakatan  masyarakat  yang  dibuat  secara
          rasional  sehingga  proses  pemenangan  harus  dilakukan  dengan
          tidak melanggar kesepakatan tersebut.
                  Ada  perbedaan  pula  antara  Abbot  dan  Chrucky.  Abbot
          membatas  liberasi  pada  sisi  individual  saja  sedangkan  Chrucky
          aspek  liberasi  harus  mencakup  aspek  sosial  atau  liberasi  sosial.
          Liberasi   pada  sisi  individual  terbatas   pada   memberikan
          kemampuan  pada  individual  supaya  mereka  dapat  menghadapi
          persaingan  dalam  memperoleh  kehidupan  sedangkan  liberasi
           pada  sisi  sosial  harus  membebaskan  anggota  masyarakat  dari
           berbagai jenis kompetisi dengan jalan ketaatan  pada kesepakatan
          sosial  yang  dibuat secara  rasional.  Oleh  karena  itu  yang  menjadi
           isi  pembelajaran  adalah  telaah  sejarah  dan  peristiwa  dari  sisi
           moral  - ketaatan  pada  kesepakatan  rasional  - atau  telaah  atas
           hal  dari  sisi  manfaat  ekonomi  dan  politik  bagi  setiap  orang.
           Sejalan  dengan  itu  pelajaran  yang  perlu  diberikan  meliputi
           masalah   moral   sebagaimana   dihadirkan   dalam   sejarah,
           anthropologi,  sosiologi,  ekonomi,  dan  politik.  Salah  satu  bahan
          yang  disarakan  untuk  diajarkan  adalah  telaah  buku  lnterpretasi
           Ekonomi  atas  Konstitusi  US   Untuk  mencapai  tujuan  akhir
           tersebut,  tujuan  antara  perlu  dicapai  antara  lain  kemampuan
           mahasiswa  dalam  pengetahuan  dan  ketrampilan  umum,  logika,
           dan bahasa.  Hal lain yang  perlu diajarkan adalah jalan yang dapat
           ditempuh  untuk  membangun  kesepakatan  yang  rasional  melalui
           diskusi  yang  diselenggarakan  melalui  cara  yang  santun  dan  tidak
           dengan emosi yang  meledak-meledak.
                  Bagaimana  dengan  pendidikan  tinggi  di  Belanda,  negara
           yang  pernah  menjajah  Indonesia  selama  350  tahun?   Masih



                                                                  155
   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172