Page 167 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 167
Cakrawala Pendidikan 3
pemaknaan terdapat pada pandangan bahwa manusia hidup
dalam dunia yang kompetitif oleh karena pendidikan liberal harus
berperan dalam memberikan bekal kepada mahasiswa untuk
menghadapi persaingan tersebut. Oleh karena itu bekal yang
perlu diberikan menutut Chrucky (2003) meliputi kemampuan
kognitif (fakta dan teori), moral, dan emosi. Namun demikian
Mearsheimer tidak sepenuhnya setuju dengan usulan Chrucky
tersebut. Menurut Mearsheimer, pendidikan seharusnya tidak
meliputi moral karena yang diperlukan dalam kompetisi adalah
kemenangan, misalnya memenangkan kasus di pengadilan bagi
seorang penasehat hukum. Padahal sebenarnya moral adalah
ketaatan pada kesepakatan masyarakat yang dibuat secara
rasional sehingga proses pemenangan harus dilakukan dengan
tidak melanggar kesepakatan tersebut.
Ada perbedaan pula antara Abbot dan Chrucky. Abbot
membatas liberasi pada sisi individual saja sedangkan Chrucky
aspek liberasi harus mencakup aspek sosial atau liberasi sosial.
Liberasi pada sisi individual terbatas pada memberikan
kemampuan pada individual supaya mereka dapat menghadapi
persaingan dalam memperoleh kehidupan sedangkan liberasi
pada sisi sosial harus membebaskan anggota masyarakat dari
berbagai jenis kompetisi dengan jalan ketaatan pada kesepakatan
sosial yang dibuat secara rasional. Oleh karena itu yang menjadi
isi pembelajaran adalah telaah sejarah dan peristiwa dari sisi
moral - ketaatan pada kesepakatan rasional - atau telaah atas
hal dari sisi manfaat ekonomi dan politik bagi setiap orang.
Sejalan dengan itu pelajaran yang perlu diberikan meliputi
masalah moral sebagaimana dihadirkan dalam sejarah,
anthropologi, sosiologi, ekonomi, dan politik. Salah satu bahan
yang disarakan untuk diajarkan adalah telaah buku lnterpretasi
Ekonomi atas Konstitusi US Untuk mencapai tujuan akhir
tersebut, tujuan antara perlu dicapai antara lain kemampuan
mahasiswa dalam pengetahuan dan ketrampilan umum, logika,
dan bahasa. Hal lain yang perlu diajarkan adalah jalan yang dapat
ditempuh untuk membangun kesepakatan yang rasional melalui
diskusi yang diselenggarakan melalui cara yang santun dan tidak
dengan emosi yang meledak-meledak.
Bagaimana dengan pendidikan tinggi di Belanda, negara
yang pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun? Masih
155