Page 169 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 169

Cakrawala Pendidikan  3



           bagi  pertumbuhan  ekonomi.  Namun  dalam  negara  yang
           masyarakatnya  homogen  sekalipun,  seperti  Taiwan,  pendidikan
           tinggi  juga  bertujuan  untuk  menanamkan  nilai  kemanusiaan  dan
           mencegah tumbuhnya sifat individualistik,  malas-malasan,  ketidak
          jelasan norma, serta sensualisme
                  Di  kalangan  negara  macan  Asia,  ada  dua  sistem
           pendidikan  tinggi  yang  diacu.  Kelompok  pertama,  Singapore,
           Malaysia,  dan  Hong  Kong  mengacu  pada  pendidikan  tinggi  di
           lnggris.   Di  tiga  negara  ini  terdapat  universitas  dan  politeknik,
           namun  khusus  di  Singapore  selain  itu  masih  terdapat  Junior
           College.  Politeknik dan  Junior College  tidak diperkenankan  untuk
           memberi  gelar  Bachelor  (sarjana  strata  satu)  melainkan  hanya
           sertifikat  atau  diploma.  Sejalan  dengan  itu  pula  biasanya
           penelitian juga hanya  boleh  dilakukan oleh  lingkungan  universitas
           saja.
                  Kelompok  ke  dua  adalah  Korea  Selatan  yang  mengacu
           pendidikan  tinggi  di  Amerika  Serikat  yang  terdiri  atas  politeknik,
           Junior College,  dan  universitas.  Namun  demikian  ada  perbedaan
           yang  menonjol  antara  pendidikan  tinggi  di  Korea  Selatan  dan
           Amerika  Serikat  yaitu  fleksibilitas  perpindahan  antara  politeknik,
           Junior  College  dan  universitas.  Di  Amerika,  mahasiswa  dapat
           pindah  dari  institusi  tersebut  secara  fleksibel  sedangkan
           perpindahan  semacam  ini  sangat  sulit  atau  tidak  mungkin
           dilakukan oleh  mahasiswa di  Korea Selatan.
                  Sebagai  konsekuensi  dari  orientasi  pendidikan  tinggi
           untuk  mendukung  perkembangan  ekonomi  maka  peran  pelaku
           industri  dan  perdagangan  cukup  besar  dalam  menentukan  apa
           yang  dipelajari  dalam  pendidikan  tinggi.  Banyak  institusi  industri
           dan  perdagangan  yang  menjadi  anggota  governing  board  dari
           perguruan  tinggi.  Bahkan  di  Singapore,  pihak  industri  dan
           perdagangan   menjadi  anggota  dalam    Dewan   Penasehat
           Kurikulum.  Selain  itu  pemerintah  Singapore juga  melakukan  studi
           daya serap lulusan pendidikan tinggi.
                  Sebagai  contoh,  misalnya,  pendidikan  tinggi  di  Malaysia
           mempunyai komitmen untuk:
           1.  meningkatkan  kualitas  dan  relevansi  dari  perkuliahan  yang
              ditawarkan sedemikian  rupa  sehingga memenuhi  persyaratan
              tenaga kerja yang diperlukan,




                                                                   157
   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174