Page 170 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 170
Hardhono, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
2. meningkatkan daya tampung dalam pendidikan sains,
rekayasa, serta mata kuliah yang berkaitan dengan teknik
dalam rangka mengintensifkan produksi tenaga kerja dengan
pengetahuan dalam bidang sains dan teknik, dan
3. meningkatkan kapasitas dan kemampuan untuk melakukan
penelitian dan pengembangan khususnya pada hal yang
relevan dengan sektor industri dan jasa.
Di Taiwan, misalnya, 50% mahasiswa belajar dalam
bidang rekayasa dan administrasi niaga.
Pendidikan Tinggi di Australia
Bagaimana dengan pendidikan tinggi di Australia?
Pendidikan tinggi di Australia terdiri atas universitas dan kolese
untuk pendidikan teknik dan lanjut (TAFE- Technical and Further
Education). Tujuan pendidikan tinggi di Australia adalah untuk
1. warga Australia yang mempunyai kualifikasi untuk memegang
peran kepemimpinan dalam pengembangan intelektual,
budaya serta sosial baik pada tingkat wilayah ataupun
nasional,
2 penciptaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, dan
3. penerapan ilmu pengetahuan dan penemuan-penemuan baru
demi perbaikan masyarakat di Australia dan dunia.
Lebih jauh, universitas di Australia juga diharapkan
menghasilkan lulusan yang mampu berkiprah dimanapun serta
pada tingkat apapun secara profesional yang konsisten dengan
standar internasional serta mengacu pada standar etika tertinggi.
Dari segi gelar, universitas di Australia menawarkan gelar
bachelor yang dirancang untuk diselesaikan dalam waktu tiga
tahun dan gelar bachelor with honour yang memerlukan waktu
studi tambahan selama kurang lebih satu tahun, serta master, dan
doktor. Sedangkan kolese pendidikan teknik dan lanjut
menawarkan enam level diploma. Diploma tertinggi kurang lebih
setara dengan gelar menengah di universitas atau bachelor.
Sedangkan diploma pada umumnya setara dengan associate
degree (sarjana muda) yang ditawarkan oleh universitas yang
dirancang untuk diselesaikan dalam waktu dua tahun.
158