Page 165 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 165
Cakrawala Pendidikan 3
Dari uraian tujuan yang hendak dicapai tersebut terlihat
bahwa peran pendidikan tinggi di lnggris dalam perkembangan
ekonominya yang berbasis pengetahuan sangat besar dan vital.
Untuk itu, Pemerintah lnggris menegaskan bahwa institusi
pendidikan tinggi harus berperan dalam pengembangan wilayah
dimana mereka berada. Hal ini diusahakan dengan membangun
kemitraan antara institusi pendidikan tinggi dengan badan
pengembangan wilayah atau Regional Development Agencies
(RDAs) dan institusi lain yang berperan dalam pengembangan
ekonomi.
Berbagai macam program yang dikembangkan dalam
kemitraan tersebut antara lain pemberian peran lebih besar
kepada RDAs dalam memberikan arahan atas Dana lnnovasi
Pendidikan Tinggi (Higher Education Innovation Fund). Dengan
demikian kebutuhan pengembangan wilayah dapat ditunjang
dengan inovasi sebagai hasil dari kegiatan penelitian dan
pengembangan yang dilakukan oleh pendidikan tinggi di
wilayahnya. Selain itu program kemitraan juga dapat dilakukan
dalam transfer pengetahuan dan teknologi, serta penularan
keterampilan antara industri dan perdangangan dengan
pendidikan tinggi dalam bentuk pengembangan sumber daya
manusia yang dibutuhkan untuk pengembangan industri dan
perdagangan wilayahnya.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka pendidikan tinggi di
lnggris dilaksanakan melalui institusi yang disebut sebagai
pendidikan lanjut (Further Education) dan pendidikan tinggi
(Higher Education). Pendidikan lanjut ini diselenggarakan baik
oleh kolese pendidikan lanjut maupun universitas sedangkan
pendidikan tinggi pada umumnya diselenggarakan oleh
universitas. Pendidikan lanjut mengarah pada pencapaian gelar
dasar atau Foundation Degree. Kurikulum pada pendidikan lanjut
ini berfokus untuk menyiapkan lulusan untuk siap kerja selama
dua tahun atau yang disebut sebagai two-year work-focused
foundation degrees. Mereka yang lulus dari pendidikan lanjut ini
dirancang untuk siap bekerja sebagai teknisi atau operator tingkat
lanjut.
Sebagaimana namanya mengisyaratkan, peran industri
dan perdagangan dalam merancang kurikulum untuk two-year
work-focused foundation degrees sangat besar. Bahkan
153