Page 165 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 165

Cakrawala Pendidikan  3



                 Dari  uraian  tujuan  yang  hendak  dicapai  tersebut  terlihat
          bahwa  peran  pendidikan  tinggi  di  lnggris  dalam  perkembangan
          ekonominya  yang  berbasis  pengetahuan  sangat  besar  dan  vital.
          Untuk  itu,  Pemerintah  lnggris  menegaskan  bahwa  institusi
          pendidikan  tinggi  harus  berperan  dalam  pengembangan  wilayah
          dimana  mereka  berada.  Hal  ini  diusahakan  dengan  membangun
          kemitraan  antara  institusi  pendidikan  tinggi  dengan  badan
          pengembangan  wilayah  atau  Regional  Development  Agencies
          (RDAs)  dan  institusi  lain  yang  berperan  dalam  pengembangan
          ekonomi.
                 Berbagai  macam  program  yang  dikembangkan  dalam
          kemitraan  tersebut  antara  lain  pemberian  peran  lebih  besar
          kepada  RDAs  dalam  memberikan  arahan  atas  Dana  lnnovasi
          Pendidikan  Tinggi  (Higher  Education  Innovation  Fund).  Dengan
          demikian  kebutuhan  pengembangan  wilayah  dapat  ditunjang
          dengan  inovasi  sebagai  hasil  dari  kegiatan  penelitian  dan
          pengembangan  yang  dilakukan  oleh  pendidikan  tinggi  di
          wilayahnya.  Selain  itu  program  kemitraan  juga  dapat  dilakukan
          dalam  transfer  pengetahuan  dan  teknologi,  serta  penularan
          keterampilan   antara   industri   dan   perdangangan   dengan
          pendidikan  tinggi  dalam  bentuk  pengembangan  sumber  daya
          manusia  yang  dibutuhkan  untuk  pengembangan  industri  dan
          perdagangan wilayahnya.
                 Untuk mencapai tujuan tersebut maka pendidikan tinggi di
          lnggris  dilaksanakan  melalui  institusi  yang  disebut  sebagai
          pendidikan  lanjut  (Further  Education)  dan  pendidikan  tinggi
          (Higher  Education).  Pendidikan  lanjut  ini  diselenggarakan  baik
          oleh  kolese  pendidikan  lanjut  maupun  universitas  sedangkan
          pendidikan   tinggi   pada   umumnya   diselenggarakan   oleh
          universitas.  Pendidikan  lanjut  mengarah  pada  pencapaian  gelar
          dasar atau  Foundation  Degree.  Kurikulum  pada  pendidikan  lanjut
          ini  berfokus  untuk  menyiapkan  lulusan  untuk  siap  kerja  selama
          dua  tahun  atau  yang  disebut  sebagai  two-year  work-focused
          foundation  degrees.  Mereka  yang  lulus  dari  pendidikan  lanjut  ini
          dirancang untuk siap bekerja sebagai teknisi atau  operator tingkat
          lanjut.
                 Sebagaimana  namanya  mengisyaratkan,  peran  industri
          dan  perdagangan  dalam  merancang  kurikulum  untuk  two-year
          work-focused  foundation   degrees   sangat   besar.   Bahkan



                                                                  153
   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170