Page 161 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 161
Cakrawala Pendidikan 3
Pendidikan Tinggi di Indonesia: Kerangka Dasar,
Kurikulum dan lsi
Bagian dari artikel ini akan menguraikan kerangka dasar,
kurikulum, dan isi materi pendidikan tinggi di Indonesia
berdasarkan desain yang telah digariskan dalam Undang-Undang
Rl No 20 mengenai Sistem Pendidikan Nasioanal serta dua
Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) masing-masing tentang
Standar Nasional Pendidikan dan Pendidikan Tinggi.
Pembahasan tidak akan dilakukan pada semua aspek dalam dua
RPP tersebut melainkan hanya hal yang relevan dengan topik
bahasan artikel ini yaitu mengenai kerangka dasar, kurikulum,
serta materi pendidikan tinggi.
Mengingat pendidikan tinggi merupakan bagian integral
dari pendidikan nasional maka sebaiknya pembahasan mengenai
kerangka dasar, kurikulum, dan isi materi pendidikan tinggi juga
perlu mengacu pada tugas dan fungsi pendidikan nasional.
Seperti yang gariskan dalam Undang-Undang Nomor 3. tentang
Pendidikan Nasional, fungsi pendidikan nasional adalah
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa. Selanjutnya tujuan pendidikan
nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak mulia. sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung jawab.
Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem
pendidikan nasional maka dalam RPP Pendidikan Tinggi
ditentukan bahwa tiga fungsi pendidikan tinggi meliputi:
1. menyiapkan mahasiswa menjadi warganegara beriman dan
berakhlak, memiliki kemampuan akademik dan intelektual
dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan /atau seni,
yang memiliki jiwa kewirausahaan dan mampu
mengembangkan potensi dirinya menjadi manusia produktif
bagi kehidupan pribadi, masyarakat, bangsa, dan umat
man usia;
2. mengembangkan, menyebarluaskan, dan menerapkan ilmu
pengetahuan, teknologi dan/atau seni untuk meningkatkan
149