Page 160 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 160
Kerangka Dasar dan Struktur
Kurikulum Serta Lingkup Materi
pada Tingkat Pendidikan Tinggi
A.P. H~-NJ
~el ini ditulis dalam kerangka standarisasi
pendidikan nasional yang pada waktu artikel ini ditulis Peraturan
Pemerintah mengenai hal ini masih dalam penggodokan. Selain
itu tulisan ini mengenai pendidikan tinggi yang saat ini Rancangan
Peraturan Pemerintah mengenai Pendidikan Tinggi juga sedang
pembahasan Oleh karena itu pendekatan yang akan ditempuh
dalam artikel adalah pertama melihat kerangka dasar dan struktur
kurikulum serta materi pendidikan sebagaimana dijelaskan dalam
ke dua rancangan peraturan pemerintah tersebut. Selanjutnya
pembahasan akan ditujukan untuk melihat institusi pendidikan
tinggi di berbagai negara untuk melihat bagaimana pendidikan
tinggi di negara tersebut dikelola. Pemilihan negara dilakukan
berdasarkan kemajuan negara dalam bidang sosial ekonomi
dengan dugaan bahwa pendidikan tinggi telah berperan sangat
signifikan pada kemajuan sosial ekonomi negara negara tersebut.
Negara yang dipilih diantaranya meliputi negara tetangga yang
telah masuk dalam kategori macan Asia meliputi Malaysia, China,
Korea, dan Jepang, serta Australia, lnggris, Belanda, dan Amerika
Serikat. Dari telaah ini kemudian perbandingan dapat dilakukan
dan akhirnya pilihan yang dapat diambil oleh perguruan tinggi
nasional dapat diformulasikan.
148