Page 160 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 160

Kerangka  Dasar dan  Struktur

             Kurikulum  Serta  Lingkup Materi

               pada  Tingkat Pendidikan Tinggi



                                                      A.P.  H~-NJ





                ~el ini  ditulis  dalam  kerangka  standarisasi
         pendidikan  nasional  yang  pada  waktu  artikel  ini  ditulis  Peraturan
          Pemerintah  mengenai  hal  ini  masih  dalam  penggodokan.  Selain
          itu  tulisan  ini mengenai pendidikan tinggi yang  saat ini  Rancangan
          Peraturan  Pemerintah  mengenai  Pendidikan  Tinggi  juga  sedang
          pembahasan  Oleh  karena  itu  pendekatan  yang  akan  ditempuh
          dalam artikel adalah  pertama melihat kerangka dasar dan struktur
          kurikulum  serta  materi  pendidikan  sebagaimana dijelaskan dalam
          ke  dua  rancangan  peraturan  pemerintah  tersebut.  Selanjutnya
          pembahasan  akan  ditujukan  untuk  melihat  institusi  pendidikan
          tinggi  di  berbagai  negara  untuk  melihat  bagaimana  pendidikan
          tinggi  di  negara  tersebut  dikelola.  Pemilihan  negara  dilakukan
          berdasarkan  kemajuan  negara  dalam  bidang  sosial  ekonomi
          dengan  dugaan  bahwa  pendidikan  tinggi  telah  berperan  sangat
          signifikan  pada  kemajuan sosial  ekonomi negara negara tersebut.
          Negara  yang  dipilih  diantaranya  meliputi  negara  tetangga  yang
          telah  masuk dalam kategori macan Asia  meliputi  Malaysia,  China,
          Korea,  dan Jepang, serta Australia,  lnggris,  Belanda, dan Amerika
          Serikat.  Dari  telaah  ini  kemudian  perbandingan  dapat  dilakukan
          dan  akhirnya  pilihan  yang  dapat  diambil  oleh  perguruan  tinggi
          nasional dapat diformulasikan.










          148
   155   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165