Page 155 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 155

Cakrawala Pendidikan 3



        Kesimpulan
               Berdasarkan pembahasan di atas,  disimpulkan bahwa:
               Pertama,  materi  kunkulum  SD  pada dasarnya merupakan
        materi  kurikulum  berbasis  kompetensi,  dan  diarahkan  pada
        pengembangan  karakter  dasar  setiap  peserta  didik  makhluk
        personal/individu,  sosial-budaya,  dan   berketuhanan,  dalam
        berbagai  konteks  dan  situasi  personal,  sosial-kultural  yang
        dialami.
               Kedua,   pola   organisasi   isi   kurikulum   SO   tidak
        dikembangkan  berdasarkan  pola  organisasi  isi  struktur  disiplin
        ilmu,   melainkan   diorganisasi   secara   sistemik   sebagai
        pengalaman-pengalaman      belajar   bersifat    pedagogis,
        sosiokultural,   psikologis   berdasarkan   prinsip   a   student's
       psychological,   sociocultural,   and   intellectual   horizons
        reconstructions  character-based,  yang  bercirikan:  kontekstual-
        personal  dan  sosiokultural:  keterjalinan  tematikal  penuh  makna
        antara  satu  dengan  yang  lain  sebagai  sebuah  totalitas  atau
        kesatuan  isi  kurikulum;  mengembangkan  kompetensi-kompetensi
        personal,  sosial,  dan  intelektual,  siswa;  dan  memungkinkan
        terjadinya  rekonstruksi-rekonstruksi  terhadap  muatan,  operasi-
        operasi dan fungsi-fungsi internal siswa.
               Ketiga,   struktur  isi   kurikulum   SO   tidak   disusun
        berdasarkan  struktur  isi  disiplin  ilmu,  melainkan  sejauh  memiliki
        relevansi  dengan  struktur internal  siswa  yang  dibangun  dari  hasil
        pengalaman-pengalaman  personal  dan  sosiokulturalnya  di  dalam
        kehidupan  masyarakat,  yang  mencakup:  (1)  struktur  substantif,
        yang  secara  eklektik  memuat  pengetahuan  fungsional  dan  non-
        fungsional;  (2)  struktur  sintaktik,  yang  secara  eklektik  memuat
        struktur  sintaksis  keseharian  siswa  dan  struktur  sintaksis
        keilmuan;  dan (3) struktur normatif/afektif,  yang  memuat nilai-nilai,
        norma-norma,  dan  sikap-sikap,  yang  sudah  menjadi  kesepakatan
        umum atau  bersama di  kalangan  komunitas pendidikan di  SO dan
        masyarakat  luas;  dan  nilai-nilai,  norma-norma,  dan  sikap-sikap
        personal dan sosiokultural siswa.









                                                                143
   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160