Page 155 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 155
Cakrawala Pendidikan 3
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, disimpulkan bahwa:
Pertama, materi kunkulum SD pada dasarnya merupakan
materi kurikulum berbasis kompetensi, dan diarahkan pada
pengembangan karakter dasar setiap peserta didik makhluk
personal/individu, sosial-budaya, dan berketuhanan, dalam
berbagai konteks dan situasi personal, sosial-kultural yang
dialami.
Kedua, pola organisasi isi kurikulum SO tidak
dikembangkan berdasarkan pola organisasi isi struktur disiplin
ilmu, melainkan diorganisasi secara sistemik sebagai
pengalaman-pengalaman belajar bersifat pedagogis,
sosiokultural, psikologis berdasarkan prinsip a student's
psychological, sociocultural, and intellectual horizons
reconstructions character-based, yang bercirikan: kontekstual-
personal dan sosiokultural: keterjalinan tematikal penuh makna
antara satu dengan yang lain sebagai sebuah totalitas atau
kesatuan isi kurikulum; mengembangkan kompetensi-kompetensi
personal, sosial, dan intelektual, siswa; dan memungkinkan
terjadinya rekonstruksi-rekonstruksi terhadap muatan, operasi-
operasi dan fungsi-fungsi internal siswa.
Ketiga, struktur isi kurikulum SO tidak disusun
berdasarkan struktur isi disiplin ilmu, melainkan sejauh memiliki
relevansi dengan struktur internal siswa yang dibangun dari hasil
pengalaman-pengalaman personal dan sosiokulturalnya di dalam
kehidupan masyarakat, yang mencakup: (1) struktur substantif,
yang secara eklektik memuat pengetahuan fungsional dan non-
fungsional; (2) struktur sintaktik, yang secara eklektik memuat
struktur sintaksis keseharian siswa dan struktur sintaksis
keilmuan; dan (3) struktur normatif/afektif, yang memuat nilai-nilai,
norma-norma, dan sikap-sikap, yang sudah menjadi kesepakatan
umum atau bersama di kalangan komunitas pendidikan di SO dan
masyarakat luas; dan nilai-nilai, norma-norma, dan sikap-sikap
personal dan sosiokultural siswa.
143