Page 154 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 154
Farisi, Konteks, Struk!Ur, dan Pola Organimsi
personal peserta didik dalam berpikir, bersikap, dan bertindak
dalam latar kehidupan personal dan sosiokulturalnya. Kedua
jenis muatan struktur normatif/afektif tersebut secara sinergis
harus mampu mendukung, memperkuat, memperluas,
dan/atau merekonstruksi struktur normatif/afektif yang
. terdapat di dalam diri peserta didik.
Struktur muatan kurikulum SO secara keseluruhan dapat
digambarkan sbb:
mendukung, memperkuat.
STRUKTUR memperluas. dan/atau
SUBSTANTIF merekonstruksi ··struktur
kognitif a tau ekologi
pengetahuan faktual. ____. konseptual"" (alamiah,
konseptual, dan sosiokultural. dan
metakognitlf sos1ologis) lama yang telah
dimiliki siswa l
1 ...
1. membangun kesadaran
mendukung, memperkuat,
STRUKTUR SINTAKTIK diri sisiwa sebagai subyek
memperluas, dan/atau
prosedur, pendekatan, merekonstruksi "operasi- atas berbagai realitas yang
dialami.
strategi, cara, teknik. operasi"' (alamiah,
keterampilan, proses. ____. sosiokultural, dan 2. mengembangkan
prinsip-prinsip dan sosiologis) dasar yang kemampuan siswa,
kriteria-kriteria telah siswa miliki (kognitif, membangun pengertian,
metakognitif, afektif, dan nilai, moral. sikap, dan
psikomotorik/keterampilan)
tindakannya secara
mandiri dalam latar
kehidupan personal, sosial,
1 ! dan kultural
mendukung, memperkuat,
STRUKTUR memperluas. dan/atau
NORMATIF
merekonstruksi struktur
nilai, norma. ____. normatif/afektif (affective
schemes) yang terdapat di
moral, dan sikap
dalam din siswa
Gambar 1. Struktur Materi Kurikulum so Berdasarkan
Pendekatan Kurikulum Eklektik
142