Page 154 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 154

Farisi,  Konteks,  Struk!Ur,  dan  Pola  Organimsi



            personal  peserta didik dalam berpikir,  bersikap,  dan  bertindak
            dalam  latar kehidupan  personal  dan  sosiokulturalnya.  Kedua
            jenis  muatan  struktur normatif/afektif tersebut secara  sinergis
            harus   mampu  mendukung,     memperkuat,   memperluas,
            dan/atau   merekonstruksi   struktur   normatif/afektif  yang
            . terdapat di dalam diri  peserta didik.

                Struktur muatan  kurikulum  SO  secara  keseluruhan  dapat
            digambarkan sbb:

                               mendukung, memperkuat.
             STRUKTUR           memperluas. dan/atau
             SUBSTANTIF         merekonstruksi ··struktur
                                 kognitif a tau ekologi
           pengetahuan faktual.  ____.   konseptual"" (alamiah,
            konseptual, dan       sosiokultural.  dan
             metakognitlf      sos1ologis)  lama yang telah
                                   dimiliki siswa             l
                1                     ...


                                                        1.  membangun kesadaran
                               mendukung, memperkuat,
          STRUKTUR SINTAKTIK                            diri sisiwa sebagai subyek
                                memperluas, dan/atau
          prosedur, pendekatan,   merekonstruksi "operasi-  atas berbagai realitas yang
                                                              dialami.
           strategi, cara, teknik.   operasi"' (alamiah,
          keterampilan,  proses.   ____.   sosiokultural,  dan   2.  mengembangkan
           prinsip-prinsip dan   sosiologis) dasar yang   kemampuan siswa,
             kriteria-kriteria   telah siswa miliki (kognitif,   membangun pengertian,
                                metakognitif, afektif, dan   nilai,  moral.  sikap,  dan
                               psikomotorik/keterampilan)
                                                          tindakannya secara
                                                          mandiri dalam latar
                                                        kehidupan  personal, sosial,
                 1                    !                      dan kultural
                               mendukung, memperkuat,
              STRUKTUR          memperluas. dan/atau
              NORMATIF
                                merekonstruksi struktur
              nilai,  norma.   ____.   normatif/afektif (affective
                               schemes) yang terdapat di
            moral, dan sikap
                                  dalam din siswa
         Gambar 1.  Struktur   Materi   Kurikulum   so   Berdasarkan
                    Pendekatan  Kurikulum Eklektik


         142
   149   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159