Page 163 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 163

Cakrawala Pendidikan 3



         Tabel 1.  Perbandingan   Tujuan   dan   Jenjang   Pendidikan
                   Berdasarkan Jenis Pendidikan
            Jenis           Tujuan           Jenjang       lnstitusi
          Akademik   penguasaan dan        Sarjana,    sekolah tinggi,
                     pengembangan disiplin   magister,   institut dan
                     ilmu pengetahuan,     dan doktor   universitas
                     teknologi, dan/atau seni
                     tertentu,
           Profesi   mempersiapkan peserta   setelah   sekolah tinggi,
                     didik untuk memiliki   sarjana    institut dan
                     pekerjaan dengan                  universitas
                     persyaratan keahlian
                     khusus
           Vokasi    penguasaan keahlian   Diploma     Akademi,
                     terapan tertentu      s.d.  sarjana   sekolah tinggi,
                                                       institut,
                                                       universitas, dan
                                                       Politeknik

                 Kurikulum  setiap  program  studi  wajib  memuat pendidikan
         agama,  pendidikan  kewarganegaraan,  dan  bahasa.  lsi  kurikulum
         yang  lain  ditentukan  oleh  program  studi  di  masing-masing
          perguruan  tinggi  dengan  memperhatikan  kekhasan  program  studi
         dan    dengan     mempertimbangkan     perkembangan     ilmu
          perkembangan  ilmu  pengetahuan,   teknologi,  dan/atau  seni,
         tuntutan pembangunan daerah dan nasional, tuntutan dunia kerja,
          dinamika  perkembangan  global,  dan  kelestarian  budaya  bangsa.
          Bila  program  studi  dalam  pendidikan  akademik  maka  isi
          pembelajaran  ditujukan  untuk  penguasaan  dan  pengembangan
          ilmu  pengetahuan,  teknologi  dan/atau  seni.  Bila  program  studi
          dalam  pendidikan  profesi  maka  pembelajaran  diarahkan  untuk
          penguasaan  dan  pengembangan  iptek  pada  keahlian  tertentu.
          Sedangkan  bila  program  studi  dalam  pendidikan  vokasi  maka
          pembelajaran  diarahkan  untuk  penguasaan  iptek  dan/atau  seni
          terutama pada kesiapan penerapan keahlian khusus.
                 Untuk  memperkaya  bahasan  dalam  artikel  ini  maka
          pendidikan tinggi di berbagai negara juga akan secara garis besar
          diuraikan  sehingga  dapat  dipakai  sebagai  bahan  perbandingan
          sehingga hal-hal yang  bagus dan  bermanfaat dapat dicontoh.  Hal-




                                                                  151
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168