Page 163 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 163
Cakrawala Pendidikan 3
Tabel 1. Perbandingan Tujuan dan Jenjang Pendidikan
Berdasarkan Jenis Pendidikan
Jenis Tujuan Jenjang lnstitusi
Akademik penguasaan dan Sarjana, sekolah tinggi,
pengembangan disiplin magister, institut dan
ilmu pengetahuan, dan doktor universitas
teknologi, dan/atau seni
tertentu,
Profesi mempersiapkan peserta setelah sekolah tinggi,
didik untuk memiliki sarjana institut dan
pekerjaan dengan universitas
persyaratan keahlian
khusus
Vokasi penguasaan keahlian Diploma Akademi,
terapan tertentu s.d. sarjana sekolah tinggi,
institut,
universitas, dan
Politeknik
Kurikulum setiap program studi wajib memuat pendidikan
agama, pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa. lsi kurikulum
yang lain ditentukan oleh program studi di masing-masing
perguruan tinggi dengan memperhatikan kekhasan program studi
dan dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni,
tuntutan pembangunan daerah dan nasional, tuntutan dunia kerja,
dinamika perkembangan global, dan kelestarian budaya bangsa.
Bila program studi dalam pendidikan akademik maka isi
pembelajaran ditujukan untuk penguasaan dan pengembangan
ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni. Bila program studi
dalam pendidikan profesi maka pembelajaran diarahkan untuk
penguasaan dan pengembangan iptek pada keahlian tertentu.
Sedangkan bila program studi dalam pendidikan vokasi maka
pembelajaran diarahkan untuk penguasaan iptek dan/atau seni
terutama pada kesiapan penerapan keahlian khusus.
Untuk memperkaya bahasan dalam artikel ini maka
pendidikan tinggi di berbagai negara juga akan secara garis besar
diuraikan sehingga dapat dipakai sebagai bahan perbandingan
sehingga hal-hal yang bagus dan bermanfaat dapat dicontoh. Hal-
151