Page 164 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 164

hal  yang  disampaikan  berikut  ini  berasalah  dari  laporan  komite
        nasional pendidikan tinggi di  lnggris (NCIHE,  1997).

        Kerangka  Dasar  Pendidikan  Tinggi  di  Berbagai
        Negara

               lnggris,  sebagai  suatu  negara  yang  terkenal  maju  dalam
        bidang  sosial  ekonomi selama  berabad-abad,  merasa perlu  untuk
        mereformasi  pendidikan  tinggi  agar  tetap  dapat berperan  secara
        signifikan  dalam  percaturan  dunia.  Untuk  melakukan  reformasi
        tersebut,   lnggris   telah   membentuk   suatu   Komisi   untuk
        merumuskan      reformasi    tersebut    dimana     sebelum
        memformulasikan  rumusannya  Komisi  tersebut  telah  juga
        melakukan  studi  pendidikan  tinggi  di  berbagai  benua  yang
        meliputi  Australia,  Asia  (terbatas  pada  negara  dalam  kategori
        macam  Asia},  Amerika  Serikat,  dan  Eropa.  Studi  yang  berakhir
        pada tahun  1997 tersebut dapat dipakai untuk memperkaya artikel
        ini dan juga menambah wawasan pembaca artikel ini

        Pendidikan Tinggi di inggris
                Pendidikan  tinggi  di  lnggris ditujukan  secara  umum  untuk
        mempertahankan  kelangsungan  masyarakat  belajar.  Tujuan
        umum ini kemudian dijabarkan dalam empat tujuan spesifik yaitu:
        1.  memotivasi  dan  mengantar  individu  untuk  mengembangkan
            kemampuan  tertinggi  mereka  sepanjang  hayat  sedemikian
            rupa   sehingga    tumbuh   kemampuan     intelektualnya,
            mempunyai  bekal  untuk  bekerja  serta  dapat  berkontribusi
            secara  efektif kepada  masyarakat serta  mencapai  kebutuhan
            pribadinya,
        2.  meningkatkan    pengetahuan   dan   pemahaman     untuk
            kepentingan  mereka  sendiri  serta  menerapkannya  demi
            keuntungan ekonomi dan  masayarakatnya,
        3.  memenuhi  kebutuhan  dari  ekonomi  berbasis  pengetahuan
            yang  fleksibel,  berkesinambungan  baik  pada  tingkat  lokal,
            regional maupun nasional, dan
        4.  berperan    cukup     signifikan   dalam   mengarahkan
            perkembangan  masyarakat  yang  demokratis,  beradab  dan
            inklusif.




        152
   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169