Page 164 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 164
hal yang disampaikan berikut ini berasalah dari laporan komite
nasional pendidikan tinggi di lnggris (NCIHE, 1997).
Kerangka Dasar Pendidikan Tinggi di Berbagai
Negara
lnggris, sebagai suatu negara yang terkenal maju dalam
bidang sosial ekonomi selama berabad-abad, merasa perlu untuk
mereformasi pendidikan tinggi agar tetap dapat berperan secara
signifikan dalam percaturan dunia. Untuk melakukan reformasi
tersebut, lnggris telah membentuk suatu Komisi untuk
merumuskan reformasi tersebut dimana sebelum
memformulasikan rumusannya Komisi tersebut telah juga
melakukan studi pendidikan tinggi di berbagai benua yang
meliputi Australia, Asia (terbatas pada negara dalam kategori
macam Asia}, Amerika Serikat, dan Eropa. Studi yang berakhir
pada tahun 1997 tersebut dapat dipakai untuk memperkaya artikel
ini dan juga menambah wawasan pembaca artikel ini
Pendidikan Tinggi di inggris
Pendidikan tinggi di lnggris ditujukan secara umum untuk
mempertahankan kelangsungan masyarakat belajar. Tujuan
umum ini kemudian dijabarkan dalam empat tujuan spesifik yaitu:
1. memotivasi dan mengantar individu untuk mengembangkan
kemampuan tertinggi mereka sepanjang hayat sedemikian
rupa sehingga tumbuh kemampuan intelektualnya,
mempunyai bekal untuk bekerja serta dapat berkontribusi
secara efektif kepada masyarakat serta mencapai kebutuhan
pribadinya,
2. meningkatkan pengetahuan dan pemahaman untuk
kepentingan mereka sendiri serta menerapkannya demi
keuntungan ekonomi dan masayarakatnya,
3. memenuhi kebutuhan dari ekonomi berbasis pengetahuan
yang fleksibel, berkesinambungan baik pada tingkat lokal,
regional maupun nasional, dan
4. berperan cukup signifikan dalam mengarahkan
perkembangan masyarakat yang demokratis, beradab dan
inklusif.
152