Page 176 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 176
Suroyo & lsmarwati, Analsis Kualitatif Soal Ujian Akhir Nasi anal
Anallsls Kualltatlf Soal Perslapan
Ujlan Akhlr Naslonal
~n Akhir Nasional (LJAN) merupakan salah satu
alat evaluasi hasil belajar yang banyak mendapat sorotan dalam
masyarakat. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Mardapi, et
a/. (2004) tentang dampak UAN antara lain menyimpulkan bahwa
UAN mempunyai dampak positif dan negatif. Dampak positif
berpengaruh kepada motivasi semangat belajar dan mengajar
meningkat, sedangkan dampak negatif adalah tingkat kecemasan
yang dapat menyebabkan stres bagi siswa, guru, termasuk orang
tua. Hassan (2004) menegaskan perlunya acuan bagi pengamat
maupun pakar pada peraturan perundang-udangan yang berlaku
seperti ditegaskan dalam Undang-undang (UU) Republik
Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional antara lain dalam pasal 58 ayat 2, yaitu: "evaluasi
peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan
dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala, menyeluruh,
transparan, dan sistemik untuk menilai pencapaian standar
nasional pendidikan" (hal. 25).
Standar mengacu ke dalam masyarakat belajar menurut
Husen (1974) dijelaskan antara lain:
"Hemat saya, istilah 'standar' dapat diberi arti
rasional dipandang dari dua aspek: (1) standar erat
hubungannya dengan tujuan pendidikan yang harus
dicapai sekolah sesuai dengan tujuan kurikulum.
Tujuan ini dapat dikemukakan dalam bentuk tujuan
kognitif dan non kognitif, tetapi juga dapat dibuat
operasional dalam bentuk perilaku nyata; (2)
164