Page 180 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 180
Suroyo & lsmanvati, Ana/sis Kualitatif Soal Ujian Akhir Nasional
pengetahuan pada kolom dimensi proses kognitif yang sesuai.
Sebaran taksonomi dapat dilihat pada Tabel 3.
Dari Tabel 3. terlihat bahwa sebagian besar soal
sebanyak 19 butir (63,3%) berkumpul di taksonomi dimensi
proses kognitif C3 (menerapkan) pada pengetahuan prosedural
(C), sedangkan sebagian lain, yaitu 8 soal (26,7%) pada
taksonomi C5 (mengevaluasi) dan pengetahuan prosedural (C).
Ada 3 soal yaitu: 1 soal (3,3%) terletak pada C4 (menganalisa)
dan pengetahuan faktual (A), 1 soal (3,3%) pada C5
(mengevaluasi) dan pengetahuan meta-kognitif (D), dan 1 soal
(3,3%) pada C6 (menciptakan) dan pengetahuan konseptual (B).
Hal ini memperlihatkan bahwa penekanan soal secara dominan
terletak pada soal penerapan matematika dalam dimensi proses
kognitif dan dimensi proses kognitif dalam kategori mengevaluasi
pada pengetahuan prosedural. Sedangkan beberapa dimensi
proses kognitif dan dimensi pengetahuan yang tidak terwakili.
Kolom Tarat Kesukaran terdiri dari 3 kolom yang membagi soal ke
dalam kategori soal mudah (I) sebanyak 7 soal (23,3%) , sedang
(m) 14 soal (46,6%) , dan sukar (n) 9 soal (30%). Dengan
komposisi pembagian tingkat kesukaran soal yang demikian
diharapkan akan diperoleh data skor hasil ujian yang berdistribusi
normal. Namum hal ini harus dibuktikan melalui analisis kuantitatif
lebih lanjut. Kolom waktu pada Tabel 1. terdiri dari kolom waktu
cepat (o) dikaitkan dengan pengerjaan soal dikondisikan seperti
sa at ujian yang terbatas ( 120 men it) dan kolom waktu lam bat (p)
yang dikerjakan tanpa mengacu pada waktu ujian. Terlihat pada
kolom waktu cepat ( o) dikerjakan dalam waktu 118 men it a tau
lebih cepat dari batas waktu ujian (kurang dari 2 menit)dengan
jumlah jawaban salah sebanyak 4 soal. Sedangkan untuk waktu
lambat dengan soal benar semua memerlukan waktu 150 menit
atau lebih lama dari batas waktu ujian (lebih dari 30 menit).
Berdasarkan hasil pengukuran waktu pengerjaan tersebut UAN
secara kualitatif relatif dapat diselesaikan dengan menjawab
benar semua waktu yang bervariasi dengan rata-rata antara 4
sampai 5 menit per soal.
Temuan-temuan dalam pengerjaan soal disertai
penjabaran taksonomi dan kompetensi yang diharapkan
dirangkum ke dalam tabel pada Tabel 3.
168