Page 180 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 180

Suroyo  &  lsmanvati,  Ana/sis Kualitatif Soal  Ujian  Akhir Nasional


        pengetahuan  pada  kolom  dimensi  proses  kognitif  yang  sesuai.
        Sebaran taksonomi dapat dilihat pada Tabel 3.
                Dari  Tabel  3.  terlihat  bahwa  sebagian  besar  soal
        sebanyak  19  butir  (63,3%)  berkumpul  di  taksonomi  dimensi
        proses  kognitif  C3  (menerapkan)  pada  pengetahuan  prosedural
        (C),  sedangkan  sebagian  lain,  yaitu   8  soal  (26,7%)  pada
        taksonomi  C5  (mengevaluasi)  dan  pengetahuan  prosedural  (C).
        Ada  3 soal  yaitu:  1 soal  (3,3%)  terletak  pada  C4  (menganalisa)
        dan  pengetahuan  faktual  (A),  1  soal  (3,3%)  pada  C5
         (mengevaluasi)  dan  pengetahuan  meta-kognitif  (D),  dan  1  soal
         (3,3%)  pada  C6  (menciptakan)  dan  pengetahuan  konseptual  (B).
         Hal  ini  memperlihatkan  bahwa  penekanan  soal  secara  dominan
        terletak  pada  soal  penerapan  matematika  dalam  dimensi  proses
         kognitif dan  dimensi  proses  kognitif dalam  kategori  mengevaluasi
         pada  pengetahuan  prosedural.  Sedangkan  beberapa  dimensi
         proses  kognitif  dan  dimensi  pengetahuan  yang  tidak  terwakili.
         Kolom Tarat Kesukaran terdiri dari 3 kolom yang membagi soal ke
         dalam  kategori  soal  mudah  (I)  sebanyak 7 soal  (23,3%)  , sedang
         (m)  14  soal  (46,6%)  ,  dan  sukar  (n)  9  soal  (30%).  Dengan
         komposisi  pembagian  tingkat  kesukaran  soal  yang  demikian
         diharapkan  akan  diperoleh data skor hasil ujian yang  berdistribusi
         normal.  Namum hal  ini harus dibuktikan melalui analisis kuantitatif
         lebih  lanjut.  Kolom  waktu  pada  Tabel  1.  terdiri  dari  kolom  waktu
         cepat  (o)  dikaitkan  dengan  pengerjaan  soal  dikondisikan  seperti
         sa at  ujian  yang  terbatas  ( 120  men it)  dan  kolom  waktu  lam bat (p)
         yang  dikerjakan  tanpa  mengacu  pada  waktu  ujian.  Terlihat  pada
         kolom  waktu  cepat  (  o)  dikerjakan  dalam  waktu  118  men it  a tau
         lebih  cepat  dari  batas  waktu  ujian  (kurang  dari  2  menit)dengan
         jumlah  jawaban  salah  sebanyak  4  soal.  Sedangkan  untuk  waktu
         lambat  dengan  soal  benar  semua  memerlukan  waktu  150  menit
         atau  lebih  lama  dari  batas  waktu  ujian  (lebih  dari  30  menit).
         Berdasarkan  hasil  pengukuran  waktu  pengerjaan  tersebut  UAN
         secara  kualitatif  relatif  dapat  diselesaikan  dengan  menjawab
         benar  semua  waktu  yang  bervariasi  dengan  rata-rata  antara  4
         sampai 5 menit per soal.
                Temuan-temuan     dalam   pengerjaan   soal   disertai
         penjabaran   taksonomi   dan   kompetensi   yang   diharapkan
         dirangkum ke dalam tabel pada Tabel 3.



         168
   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185