Page 179 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 179
Cakrawala Pendidikan 3
Hasil dan Pembahasan
Sistematika penyampaian hasil penelitian mencakup
aspek urutan pengerjaan soal, kelas, kompetensi, indikator,
materi pokok, jenjang kognitif, taraf kesukaran, dan waktu
pengerjaan Hasil penelitian secara menyeluruh dirangkum ke
dalam Tabel 1.
Pada Tabel 1 kolom (a) berisi nomor soal secara urut
yang terdiri dari 30 soal dalam bentuk pilihan ganda. Kolom (b)
adalah urutan pengerjaan soal yang dilakukan oleh peneliti dan
terlihat bahwa dalam pengerjaan soal, beberapa soal awal dapat
dikerjakan secara sekuensial kemudian melompat pada nomor
lain secara acak dan seterusnya. Hal ini menunjukan bahwa
dalam pengerjaan soal, urutan pengerjaan ditentukan antara lain
oleh kecenderungan peserta ujian menyakini akan dapat
mengerjakan atau menghindari soal yang dipengaruhi oleh tingkat
kesukaran, pemahaman, dan panjangnya langkah penyelesaian
soal. Kolom-kolom kelas (c), kompetensi/indikator (d), dan materi
pokok (e) adalah hasil konfirmasi antara soal dengan acuan
standar kompetensi kurikulum 2004. Pada kolom kelas (c) terlihat
bahwa ada 9 soal (30 %) dari kelas X SMNMA, 10 soal (33,3%)
dari kelas XI, dan 11 soal (36,7%) dari kelas XII dengan sebaran
yang cukup proporsional. Kolom kompetensi/indikator (d) berisi
nomor kompetensi dan indikator yang akan dijabarkan pada Tabel
2. Kolom (e) berisi materi pokok dari soal-soal yang diujikan
meliputi: (a) Kelas X terdiri dari Sistem persamaan linear dan
kuadrat (2 soal), Trigonometri (4 soal), Logika matematika (1
soal), Ruang tiga dimensi (2 soal); (b) Kelas XI terdiri dari
Lingkaran (2 soal), Limit fungsi (2 soal), Diferensial (4 soal),
Statistika (1 soal), Peluang (1 soal); (c) Kelas XII terdiri dari
Program linear (1 soal), Transformasi Geometri (1 soal),
Persamaan, Fungsi dan Pertidaksamaan logaritma (1 soal),
Matriks (1 soal), Vektor (1 soal), Notasi sigma, Baris, dan Oeret (4
soal), Integral (2 soal) yang memperlihat penekanan pada materi
pokok untuk menghitung luas daerah.
Kolom taksonomi terdiri dari 6 kolom untuk dimensi
proses kognitif, yaitu:C1 (f), C2 (g), C3 (h), C4 (i), C5 U), dan C6
U) dan pada baris diisi dengan mencantumkan dimensi
167