Page 179 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 179

Cakrawala Pendidikan 3


          Hasil dan Pembahasan
                 Sistematika  penyampaian  hasil  penelitian  mencakup
         aspek  urutan  pengerjaan  soal,  kelas,  kompetensi,  indikator,
          materi  pokok,  jenjang  kognitif,  taraf  kesukaran,  dan  waktu
          pengerjaan  Hasil  penelitian  secara  menyeluruh  dirangkum  ke
         dalam Tabel  1.
                 Pada  Tabel  1  kolom  (a)  berisi  nomor  soal  secara  urut
         yang  terdiri  dari  30  soal  dalam  bentuk  pilihan  ganda.  Kolom  (b)
         adalah  urutan  pengerjaan  soal  yang  dilakukan  oleh  peneliti  dan
         terlihat  bahwa  dalam  pengerjaan  soal,  beberapa  soal  awal  dapat
         dikerjakan  secara  sekuensial  kemudian  melompat  pada  nomor
          lain  secara  acak  dan  seterusnya.  Hal  ini  menunjukan  bahwa
         dalam  pengerjaan  soal,  urutan  pengerjaan  ditentukan  antara  lain
         oleh  kecenderungan  peserta  ujian  menyakini  akan  dapat
          mengerjakan atau  menghindari soal yang dipengaruhi oleh tingkat
          kesukaran,  pemahaman,  dan  panjangnya  langkah  penyelesaian
          soal.  Kolom-kolom  kelas (c),  kompetensi/indikator (d),  dan materi
          pokok  (e)   adalah  hasil  konfirmasi  antara  soal  dengan  acuan
          standar kompetensi kurikulum 2004.  Pada kolom  kelas  (c) terlihat
          bahwa ada  9 soal  (30  %)  dari  kelas  X SMNMA,  10  soal  (33,3%)
          dari  kelas  XI,  dan  11  soal  (36,7%)  dari  kelas XII  dengan  sebaran
          yang  cukup  proporsional.  Kolom  kompetensi/indikator  (d)  berisi
          nomor kompetensi dan indikator yang akan dijabarkan pada Tabel
          2.  Kolom  (e)  berisi  materi  pokok  dari  soal-soal  yang  diujikan
          meliputi:  (a)  Kelas  X  terdiri  dari  Sistem  persamaan  linear  dan
          kuadrat  (2  soal),  Trigonometri  (4  soal),  Logika  matematika  (1
          soal),  Ruang  tiga  dimensi  (2  soal);  (b)  Kelas  XI  terdiri  dari
          Lingkaran  (2  soal),  Limit  fungsi  (2  soal),  Diferensial  (4  soal),
          Statistika  (1  soal),  Peluang  (1  soal);  (c)  Kelas  XII  terdiri  dari
          Program  linear  (1  soal),  Transformasi  Geometri  (1  soal),
          Persamaan,  Fungsi  dan  Pertidaksamaan  logaritma  (1  soal),
          Matriks (1  soal), Vektor (1  soal),  Notasi sigma,  Baris,  dan  Oeret (4
          soal),  Integral  (2  soal)  yang  memperlihat penekanan  pada  materi
          pokok untuk menghitung luas daerah.
                 Kolom  taksonomi  terdiri  dari  6  kolom  untuk  dimensi
          proses  kognitif,  yaitu:C1  (f),  C2  (g),  C3  (h),  C4  (i),  C5  U),  dan  C6
          U)  dan  pada  baris  diisi  dengan  mencantumkan  dimensi




                                                                 167
   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184