Page 178 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 178

Suroyo &  Ismarwati,  Ana/sis Kualitatif Soal Ujian Akhir Nasional


        mengingat,     memahami,      menerapkan,      menganalisa,
        mengevaluasi,  dan  menciptakan.  Dimensi  pengetahuan  berisi
        empat  kategori:  pengetahuan  taktual,  pengetahuan  konseptual,
        pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitit.
               Tarat  kesukaran  soal  dianalisis  sebagai  acuan  untuk
        menganalisis  karakteristik  butir secara  kualitatit.  Tarat kesukaran
        soal  diujicobakan  dengan  mengerjakan  soal  berdasarkan
        instrumen  penelitian  berdasarkan  urutan  waktu  pengerjaan,  lama
        pengerjaan  soal  (waktu  cepat  dan  lambat),  yang  menghasilkan
        temuan  permasalahan  dalam  langkah  penyelesaian  soal.
        Penentuan  tarat  kesukaran  secara  kualitatit  nantinya  dapat
        dikontirmasikan dengan tarat kesukaran kuantitatit yang  diperoleh
        dari data hasil  ujian  peserta.  Menurut Naga (2004) dalam menguji
        akurasi  pada  sistem  ujian  bergantung  pada  kemampuan  peserta
        ujian  (e)  dengan  tarat  kesukaran  (b) '  dirumuskan  sebagai
        ( 8- b).  Akurasi  pada  sistem  ujian  akan  mencapai  titik  tertinggi

        apabila  terdapat  kecocokan  di  antara  tarat  kesukaran  butir  soal
        dengan  kemampuan  peserta  ujian  termasuk  kecukupan  waktu
        pengerjaan  soal  atau  dengan  kata  lain  ( 8-b)= 0 .  Berkaitan
        dengan  tarat  kesukaran  yang  nantinya  berbeda  dari  tahun  ke
        tahun  maka  menurut  Umar (2004)  dengan  kemampuan  perserta
        dalam  ujian  yang  dilakukan  secara  nasional  bersitat  heterogen,
        data  kuantitatit  yang  membandingkan  kemampuan  peserta  ujian
        dengan  tarat  kesukaran  dapat  digunakan  sebagai  dasar
        penentuan  tabel  konversi  nilai  UAN  agar  sehingga  keputusan
        yang diambil bersitat objektit dan adil.
               Hasil   penelitian   kualitatit   1n1   diharapkan   dapat
        memberikan  intormasi  yang  bermantaat  bagi  siswa,  guru,  dan
        semua  pihak  yang  terkait  dalam  guna  mempersiapkan  diri
        menghadapi  UAN.  Hasil  analisis  meliputi  deskripsi  menyeluruh
        dan  mendalam  persoalan  UAN  ditinjau  dari  aspek  materi  dan
        kompetensi  dapat  dimantaatkan  untuk  mengevaluasi  kualitas
        pembelajaran   dan    instrumen   penilaian   dalam   upaya
        meningkatkan  kualitas  instrumen  penilaian  yang  lebih  akurat dan
        objektit.




        166
   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183