Page 178 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 178
Suroyo & Ismarwati, Ana/sis Kualitatif Soal Ujian Akhir Nasional
mengingat, memahami, menerapkan, menganalisa,
mengevaluasi, dan menciptakan. Dimensi pengetahuan berisi
empat kategori: pengetahuan taktual, pengetahuan konseptual,
pengetahuan prosedural, dan pengetahuan metakognitit.
Tarat kesukaran soal dianalisis sebagai acuan untuk
menganalisis karakteristik butir secara kualitatit. Tarat kesukaran
soal diujicobakan dengan mengerjakan soal berdasarkan
instrumen penelitian berdasarkan urutan waktu pengerjaan, lama
pengerjaan soal (waktu cepat dan lambat), yang menghasilkan
temuan permasalahan dalam langkah penyelesaian soal.
Penentuan tarat kesukaran secara kualitatit nantinya dapat
dikontirmasikan dengan tarat kesukaran kuantitatit yang diperoleh
dari data hasil ujian peserta. Menurut Naga (2004) dalam menguji
akurasi pada sistem ujian bergantung pada kemampuan peserta
ujian (e) dengan tarat kesukaran (b) ' dirumuskan sebagai
( 8- b). Akurasi pada sistem ujian akan mencapai titik tertinggi
apabila terdapat kecocokan di antara tarat kesukaran butir soal
dengan kemampuan peserta ujian termasuk kecukupan waktu
pengerjaan soal atau dengan kata lain ( 8-b)= 0 . Berkaitan
dengan tarat kesukaran yang nantinya berbeda dari tahun ke
tahun maka menurut Umar (2004) dengan kemampuan perserta
dalam ujian yang dilakukan secara nasional bersitat heterogen,
data kuantitatit yang membandingkan kemampuan peserta ujian
dengan tarat kesukaran dapat digunakan sebagai dasar
penentuan tabel konversi nilai UAN agar sehingga keputusan
yang diambil bersitat objektit dan adil.
Hasil penelitian kualitatit 1n1 diharapkan dapat
memberikan intormasi yang bermantaat bagi siswa, guru, dan
semua pihak yang terkait dalam guna mempersiapkan diri
menghadapi UAN. Hasil analisis meliputi deskripsi menyeluruh
dan mendalam persoalan UAN ditinjau dari aspek materi dan
kompetensi dapat dimantaatkan untuk mengevaluasi kualitas
pembelajaran dan instrumen penilaian dalam upaya
meningkatkan kualitas instrumen penilaian yang lebih akurat dan
objektit.
166