Page 187 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 187
Cakrawala Pendidikan 3
No Analisis
UAN, karena meng_uji kepandaian merumuskan _persoalan nyata).
4 ** Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Mudah,
Kelas X, Kompetensi 2.3, lndikator butir 2 dan 4, Trigonometri.
2.3 Merancang model matematika yang berkaitan dengan fungsi
trigonometri dan menyelesailan modelnya.
• (butir 2) : menerapkan konsep trigonometri dalam permasalahan yang
berkaitan dengan rumus sinus dan rumus cosinus.
• (butir 4) : menggunakan rum us sinus dan eosin us dalam
menyelesaikan soal.
Temuan Siswa memerlukan ketrampilan menggambar dalam konsep
trigonometri berdasarkan situasi nyata.(Saran: Soal ini sangat bagus
untuk UAN, karena walau persoalan nyata cenderung dihindari, namun
jika memahami dan pengalaman menyelesaikan, sebenarnya mudah).
5 * Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sedang
Kelas XI., Kompetensi 2.3, lndikator butir 2, 3, dan 4, Trigonometri:
2.3 Menentukan nilai dari suatu permasalahan yang ditentukan, tetapi
harus menggunakan konsep-konsep pertidaksamaan trigonometri
• (butir 2) : menentukan besaran dalam masalah yang dirancang
sebagai variabel yang berkaitan dengan ekspresi trigonometri.
• (butir 3) : merumuskan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan fungsi trigonometri.
• (butir 4) : menentukan penyelesaian dari model matematika.
Temuan: Siswa selain hafal rumus trigonometri juga dibutuhkan
ketrampilan dan ketelitian dalam menghitung. (Saran : Soal bagus untuk
UAN, karena semua siswa cenderung mencoba menyelesaikan.
6 ? Mengevaluasi-Pengetahuan meta-kognitif, C5/D, Sukar
Kelas XII, Kompetensi 2.13, lndikator butir 1 ,2, dan 3, Persamaan, Fungsi
dan Pertidaksamaan logaritma.
2.13 Menggambarkan grafik dan menggunakan sifat-sifat fungsi logaritma
dalam penyelesaian persamaan logaritma.
• (butir 1) : menggambar grafik fungsi.
• (butir 2) : menentukan penyelesaian persamaan logaritma.
• (butir 3) : menjelaskan sifat-sifat fungsi logaritma yang digunakan
dalam proses penyelesaian persamaan logaritma.
Temuan: Siswa memerlukan pemahaman yang berubah-ubah, jadi harus
menggunakan strategi pengerjaan yaitu :
- Strategi 1. Perhitungan konseptual tentang logika
- Strategi 2. Aplikasi konsep barisan bilangan
- Strategi 3. Konsep dasar logaritma
- Strategi 4. Konsep himpunan dan integrasi dengan konsep bilangan.
(Saran: Soal tidak cocok untuk UAN?, karena terlalu mendalam dan siswa
mungkin belum sampai pada tahap ini).
7 * Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sukar
Kelas XI, Kompetensi1.4, lndikator butir 3,5, dan 6, Peluang.
1.4 Menentukan peluang kejadian dari berbagai situasi serta tafsirannya.
• (butir 3) : memberi tafsiran peluang kejadian.
• (butir 5) : menera_l)_kan konse_()_ kombinasi dalam masalah peluang.
173