Page 187 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 187

Cakrawala Pendidikan 3


           No                          Analisis
               UAN, karena meng_uji kepandaian merumuskan _persoalan  nyata).
          4 **   Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C,  Mudah,
               Kelas X,  Kompetensi 2.3,  lndikator butir 2 dan 4, Trigonometri.
               2.3 Merancang model matematika yang  berkaitan dengan fungsi
               trigonometri dan menyelesailan modelnya.
               •   (butir 2)  : menerapkan konsep trigonometri dalam permasalahan yang
                  berkaitan dengan rumus sinus dan rumus cosinus.
               •  (butir 4)  : menggunakan rum us sinus dan eosin us dalam
                  menyelesaikan soal.
               Temuan   Siswa  memerlukan  ketrampilan  menggambar  dalam  konsep
               trigonometri  berdasarkan  situasi  nyata.(Saran:  Soal  ini  sangat  bagus
               untuk  UAN,  karena  walau  persoalan  nyata  cenderung  dihindari,  namun
               jika memahami dan pengalaman menyelesaikan, sebenarnya mudah).
          5 *   Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C, Sedang
               Kelas XI., Kompetensi 2.3,  lndikator butir 2,  3, dan 4,  Trigonometri:
               2.3 Menentukan nilai dari suatu permasalahan yang ditentukan, tetapi
                harus menggunakan konsep-konsep pertidaksamaan trigonometri
               •   (butir 2) : menentukan besaran dalam masalah yang dirancang
                  sebagai variabel yang berkaitan dengan ekspresi trigonometri.
               •  (butir 3)  : merumuskan model matematika dari masalah yang
                  berkaitan dengan fungsi trigonometri.
                •  (butir 4) : menentukan penyelesaian dari model matematika.
               Temuan:  Siswa  selain  hafal  rumus  trigonometri  juga  dibutuhkan
               ketrampilan  dan  ketelitian  dalam menghitung.  (Saran  : Soal  bagus  untuk
                UAN, karena semua siswa cenderung mencoba menyelesaikan.
          6 ?   Mengevaluasi-Pengetahuan meta-kognitif, C5/D, Sukar
                Kelas XII, Kompetensi 2.13, lndikator butir 1  ,2, dan 3,  Persamaan, Fungsi
               dan Pertidaksamaan logaritma.
                2.13 Menggambarkan grafik dan menggunakan sifat-sifat fungsi logaritma
                dalam penyelesaian persamaan logaritma.
                •  (butir 1) : menggambar grafik fungsi.
                •  (butir 2)  : menentukan penyelesaian persamaan logaritma.
                •  (butir 3)  : menjelaskan sifat-sifat fungsi  logaritma yang digunakan
                  dalam proses penyelesaian persamaan logaritma.
                Temuan:  Siswa  memerlukan pemahaman  yang  berubah-ubah, jadi harus
                menggunakan strategi pengerjaan yaitu :
                -  Strategi 1.  Perhitungan konseptual tentang logika
                -  Strategi 2. Aplikasi konsep barisan bilangan
                -  Strategi 3.  Konsep dasar logaritma
                -  Strategi 4.  Konsep himpunan dan integrasi dengan konsep bilangan.
                (Saran:  Soal tidak cocok untuk UAN?, karena terlalu mendalam dan siswa
                mungkin belum sampai pada tahap ini).
          7 *   Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C, Sukar
                Kelas XI,  Kompetensi1.4,  lndikator butir 3,5, dan 6,  Peluang.
                1.4 Menentukan peluang kejadian dari berbagai situasi serta tafsirannya.
                •  (butir 3)  : memberi tafsiran peluang kejadian.
                •  (butir 5)  : menera_l)_kan konse_()_ kombinasi dalam masalah peluang.


                                                                  173
   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192