Page 190 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 190
Surom & lsmanvati, Ana/sis Kualitatif Soal Ljian Akhir Nasional
No Anal isis
I • (butir 3): melakukan operasi aljabar alas dua matriks ordo 2.
I • (butir 4). menentukan determinan suatu matriks orde 2 dan kaitannya
dengan matriks yang mempunyai invers.
(butir 5) : menentukan invers matriks ordo 2.
I Temuan: Siswa memerlukan pemahaman yang kuat dalam menggunakan
I
konsep matriks.
(Saran Soal bagus untuk UAN, untuk memot;vasi siswa bahwa tidak
I
i semua soal sukar, walaupun tidak lu_g_a mudah, tetapi dapat menJawab).
I 15 * Menganalisa-Pengetahuan faktual, C4/A, Mudah
Kelas XII, Kompetensi 2.7, lndikator butir 2 dan 4. Vektor.
2 7 Dengan d;ketahui faktual yaitu jarak dua tit1k dalam bidang. kemudian
d;perbandingkan dengan langkah sebagai benkut. I
(butir 2) · menentukan panJang antara vektor pada suatu b1dang .
(but;r 4) menggunakan rum us perband;ngan vektor pad a b;dang. 1
Temuan Siswa memerlukan pemahaman yang baik terhadap konsep ,
vektor untuk dapat menyelesaikan soal dengan benar. (Saran: Soal bag us j
i untuk UAN, karen a menguji kompetensi d;mensi proses kogni!if yang~~~
L · bers;fat evaluatif). ,
1 16 Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural C5/C, Sukar
' ') Kelas XII. Kcmpetensi 2.9, lndikator butir 3 dan 5, Transformasi Geometri. 1
2.9 Menentukan suatu persamaan kuadrat dengan menggunakan i
i translasi dan transformasi. dengan langkah segabai berikut
· (butir 3) . menentukan persamaan transformas; rotasi pada b;dang
beserta aturan dan matriks rotasinya.
(butir 5) . menentukan persamaan transformasi dilatasi pada bidang.
Temuan Langkah penyelesaian memerlukan pemahaman yang tinggi I
, '· terhadap masalah geometri. Soal ini sukar d;na!arkan. (Saran Soal !ldak
l _____ l_02cok untuk UAN?, karen a siswa cenderung akan menghindari soal) ------j
I 'r Menerapkan Pengetahuan prosed ural C3/C Mudah
-
i '
! Kelas XI, Kompetensi 24, lndikator butir 2 dan 3. Notasi sigma, barisan I
i dan deret. I
I 2.4 Merumuskan masalah nyata yang masalah matematikanya berbentuk
I I
deret, menyelesaikan modelnya dan menafs;rkan hasil yang diperoleh.
I • (but;r 2) · merumuskan deret yang merupakan model matematika .
I • (but;r 3) . menentukan penyelesaian dari model matematika .
I
Temuan: Langkah penyelesaian cukup singkat. tetapi memerlukan logika
berfikir yang kuat agar memperoleh rumus yang tepa!. (Saran: Soal ini
bagus untuk UAN)
18* Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sedang.
Kelas XII, Kompetensi 1 1, lndikator butir 5. Integral
1.1 Menggunakan konsep, sifat dan aturan dalam perhitungan integral.
. (butir 5) : menghitung integral dengan rumus integral substitusi .
Temuan: Siswa membutuhkan ketelitian. kecerdikan, dan kecerdasan
(Saran soal bagus untuk UAN menguji kompetensi).
19* Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Mudah
Kelas XI, Kompetensi 4.2, lndikator butir 2, Limit fungsi.
176