Page 190 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 190

Surom &  lsmanvati,  Ana/sis Kualitatif Soal  Ljian Akhir Nasional



        No                           Anal isis
            I •  (butir 3): melakukan operasi aljabar alas dua matriks ordo 2.
            I •   (butir 4). menentukan determinan suatu matriks orde 2 dan kaitannya
               dengan matriks yang mempunyai invers.
               (butir 5)  : menentukan invers matriks ordo 2.
      I      Temuan:  Siswa memerlukan pemahaman yang  kuat dalam  menggunakan
       I
             konsep matriks.
             (Saran  Soal  bagus  untuk  UAN,  untuk  memot;vasi  siswa  bahwa  tidak
       I
      i      semua soal sukar, walaupun  tidak  lu_g_a  mudah, tetapi dapat menJawab).
       I  15  *   Menganalisa-Pengetahuan faktual,  C4/A,  Mudah
             Kelas XII,  Kompetensi 2.7,  lndikator butir 2 dan 4.  Vektor.
             2 7 Dengan d;ketahui faktual  yaitu jarak dua tit1k  dalam bidang.  kemudian
             d;perbandingkan dengan  langkah sebagai benkut.       I
               (butir 2)  · menentukan panJang  antara vektor pada suatu b1dang   .
               (but;r 4)  menggunakan rum us perband;ngan vektor pad a b;dang.   1
             Temuan  Siswa  memerlukan  pemahaman  yang  baik  terhadap  konsep  ,
             vektor untuk dapat menyelesaikan soal dengan benar.  (Saran:  Soal bag us  j
            i  untuk  UAN,  karen a  menguji  kompetensi  d;mensi  proses  kogni!if  yang~~~
       L    ·  bers;fat evaluatif).                                ,
       1  16   Mengevaluasi-Pengetahuan prosedural  C5/C,  Sukar
       '   ')   Kelas XII.  Kcmpetensi 2.9,  lndikator butir 3 dan  5,  Transformasi Geometri.   1
             2.9  Menentukan suatu  persamaan kuadrat dengan menggunakan   i
            i  translasi dan transformasi. dengan langkah segabai berikut
            ·   (butir 3)  . menentukan persamaan transformas; rotasi  pada b;dang
                beserta aturan dan matriks rotasinya.
                (butir 5)  . menentukan persamaan transformasi dilatasi pada bidang.
             Temuan  Langkah  penyelesaian  memerlukan  pemahaman  yang  tinggi  I
       ,    '·  terhadap  masalah  geometri.  Soal  ini  sukar d;na!arkan.  (Saran  Soal !ldak
       l _____ l_02cok untuk UAN?, karen a siswa cenderung akan menghindari soal) ------j
       I  'r   Menerapkan  Pengetahuan prosed ural  C3/C  Mudah
                      -
       i  '
       !     Kelas XI,  Kompetensi 24, lndikator butir 2 dan 3.  Notasi sigma,  barisan   I
       i     dan deret.                                            I
       I     2.4 Merumuskan masalah nyata yang masalah matematikanya berbentuk
       I                                                           I
             deret,  menyelesaikan modelnya dan menafs;rkan hasil yang  diperoleh.
       I     •  (but;r 2)  · merumuskan deret yang merupakan model matematika .
       I     •  (but;r 3)  . menentukan penyelesaian dari model matematika .
       I
             Temuan:  Langkah  penyelesaian  cukup  singkat.  tetapi  memerlukan  logika
             berfikir  yang  kuat  agar  memperoleh  rumus  yang  tepa!.  (Saran:  Soal  ini
             bagus untuk UAN)
        18*   Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C,  Sedang.
             Kelas XII,  Kompetensi  1 1,  lndikator butir 5.  Integral
             1.1  Menggunakan konsep,  sifat dan aturan dalam perhitungan integral.
             .  (butir 5)  : menghitung integral dengan rumus integral substitusi .
             Temuan:  Siswa  membutuhkan  ketelitian.  kecerdikan,  dan  kecerdasan
             (Saran  soal bagus untuk UAN menguji kompetensi).
        19*   Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Mudah
             Kelas XI,  Kompetensi 4.2,  lndikator butir 2,  Limit fungsi.


        176
   185   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195