Page 191 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 191

Cakrawala Pendidikan 3


            No                          Ana/isis
                 4.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk meghitung bentuk tak tentu
                 fungsi aljabar.
                 •  (butir 2)  : menghitung limit fungsi aljabar pada suatu titik tertentu.
                 Temuan:   Langkah  penyelesaian  cukup  panjang,   sedang,  untuk
                 menghitung  limit  fungsi  aljabar  memerlukan  kecermatan  karena
                 memerlukan taktik dan strategi.  (Saran:  Soal bag_ us  untuk UAN).
           20*   Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C,  Sedang
                 Kelas XI,  Kompetensi 4.2,  lndikator butir 2,  Limit fungsi.
                 4.2  Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu
                 fungsi Trigonometri.
                 •  (butir 2)  : menghitung limii fungsi trigonometri yang mengarah pada
                   konsep turunan.
                 Temuan:  Siswa  membutuhkan  ketelitian  dan  kecermatan  dalam
                 menerapkan  konsep  trigonometri  untuk  menghitung  limit  fungsi.  (Saran:
                 Soal bagus untuk UAN,  karena menguji kompetensi).
           21 **   Menganalisa-Pengetahuan prosedural, C5/C, Mud a h.
                 Kelas XI,  Kompetensi 4.4,  lndikator butir 2 dan 5,  Diferensial.
                 4.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi
                 dan memecahkan masalah.
                 •  (butir 2)  : menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis
                   ekstrimnya.
                 •  (butir 5)  : menggunakan turunan dalam perhitungan kecepatan dan
                   percepatan
                 Temuan:   Siswa   disamping   harus   mampu   merumuskan   model
                 matematika,  juga  diharapkan  dapat  menerapkan  konsep  turunan  untuk
                 menentukan  nilai  ekstrim.  (Saran:  Soal  bagus  sekali  untuk  UAN,  karena
                 menguji kompetensi da/am persoalan nyata).
            22 *   Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Mudah
                 Kelas XI,  Kompetensi 4.4,  lndikator butir 5,  Diferensial.
                 4.4 Menggunakan turunan  untuk menentukan karakteristik suatu fungsi
                 dan memecahkan masalah.
                 •   (butir 5)  : menentukan kecepatan gerak partikel dari suatu persamaan
                    garis yang sudah ditentukan.
                 Temuan:  Langkah  penyelesaian  relatif pendek  dan tertentu.  Siswa  harus
                 mampu  menerapkan  konsep  fisika  dengan  model  matematika.  (Saran:
                 Soa/ bagus untuk UAN).
            23 *   Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C,  Sedang.
                 Kelas XI,  Kompetensi 4.3,  lndikator butir 1 dan 4,  Diferensial.
                 4.3 Menggunakan konsep, sifat dan aturan da/am perhitungan turunan
                 fungsi
                 •   (butir 1) : menentukan turunan fungsi dengan menggunakan definisi
                    turunan.
                 •   (butir 4) : menggunakan aturan turunan  untuk menghitung turunan
                    fungsi trigonometri.
                 Temuan:  Siswa memerlu ketrampilan  dan  ketelitian dalam menyelesaikan
                 soa/  diferensial  fungsi  trigonometri.  (Saran:  Soa/  bagus  untuk  UAN,
                 sekilas  soal  rumit,  namun  apabila  mengetahui  strategi  pengerjaan  dan



                                                                   177
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196