Page 191 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 191
Cakrawala Pendidikan 3
No Ana/isis
4.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk meghitung bentuk tak tentu
fungsi aljabar.
• (butir 2) : menghitung limit fungsi aljabar pada suatu titik tertentu.
Temuan: Langkah penyelesaian cukup panjang, sedang, untuk
menghitung limit fungsi aljabar memerlukan kecermatan karena
memerlukan taktik dan strategi. (Saran: Soal bag_ us untuk UAN).
20* Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sedang
Kelas XI, Kompetensi 4.2, lndikator butir 2, Limit fungsi.
4.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu
fungsi Trigonometri.
• (butir 2) : menghitung limii fungsi trigonometri yang mengarah pada
konsep turunan.
Temuan: Siswa membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam
menerapkan konsep trigonometri untuk menghitung limit fungsi. (Saran:
Soal bagus untuk UAN, karena menguji kompetensi).
21 ** Menganalisa-Pengetahuan prosedural, C5/C, Mud a h.
Kelas XI, Kompetensi 4.4, lndikator butir 2 dan 5, Diferensial.
4.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi
dan memecahkan masalah.
• (butir 2) : menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis
ekstrimnya.
• (butir 5) : menggunakan turunan dalam perhitungan kecepatan dan
percepatan
Temuan: Siswa disamping harus mampu merumuskan model
matematika, juga diharapkan dapat menerapkan konsep turunan untuk
menentukan nilai ekstrim. (Saran: Soal bagus sekali untuk UAN, karena
menguji kompetensi da/am persoalan nyata).
22 * Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Mudah
Kelas XI, Kompetensi 4.4, lndikator butir 5, Diferensial.
4.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi
dan memecahkan masalah.
• (butir 5) : menentukan kecepatan gerak partikel dari suatu persamaan
garis yang sudah ditentukan.
Temuan: Langkah penyelesaian relatif pendek dan tertentu. Siswa harus
mampu menerapkan konsep fisika dengan model matematika. (Saran:
Soa/ bagus untuk UAN).
23 * Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sedang.
Kelas XI, Kompetensi 4.3, lndikator butir 1 dan 4, Diferensial.
4.3 Menggunakan konsep, sifat dan aturan da/am perhitungan turunan
fungsi
• (butir 1) : menentukan turunan fungsi dengan menggunakan definisi
turunan.
• (butir 4) : menggunakan aturan turunan untuk menghitung turunan
fungsi trigonometri.
Temuan: Siswa memerlu ketrampilan dan ketelitian dalam menyelesaikan
soa/ diferensial fungsi trigonometri. (Saran: Soa/ bagus untuk UAN,
sekilas soal rumit, namun apabila mengetahui strategi pengerjaan dan
177