Page 188 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 188
Suroyo & Ismarwati, Ana/sis Kualiratif Soal Ujian Akhir Nasional
No Analisis
• (butir 6) : menerapkan konsep kombinasi peluang dalam perumusan
perhitungan.
Temuan Siswa memerlukan intuisi yang tajam dalam menerapkan
konsep peluang dalam persoalan yang bersifat simulasi. (Saran Soal
bagus untuk UAN, karena selain mampu menghitung, siswa harus pandai
menentukan rumus yang akan digunakan)
Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Mudah,
Kelas XI, Kompetensi 1.2., lndikator 1, Statistika.
1.2 menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran
data serta penafsirannya.
• (butir 1) menggunakan aturan statistik dalam menentukan nilai rata an
data pada suatu diagram.
Temuan: Siswa memerlukan penalaran, kecepatan ketelitian dalam
perhitungan statistika. (Saran: soal bagus untuk UAN sebagai soal
pengayaan untuk menguji kompetensi penerapan konsep penyajian data
statistik).
9. Menerapkan-Pengetahuan Prosedural, C3/C, Sedang,
Kelas XI, Kompetensi 3.2, lndikator butir 1,2, dan 3, Lingkaran
3.2. Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria
tertentu dengan beberapa ketentuan berikut:
• (butir 1) : menentukan persamaan garis singgung yang melalui suatu
titik pada lingkaran.
• (butir 2) : menentukan persamaan garis singgung yang gradiennya
sudah ditentukan.
• (butir 3) : menggunakan diskriminan untuk menentukan persamaan
garis singgung pada lingkaran.
Temuan: Langkah penyelesaian memerlukan ketrampilan algoritma
tertentu untuk menentukan persamaan garis singgung suatu lingkaran
dan ketelitian yang tinggi. (Saran: Soal bagus untuk UAN, karena semua
siswa cenderung akan menyelesaikan soal dan rnenguji ketahanan
berpikir).
10. Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sedang,
Kelas XI, Kompetensi 3.2, lndikator butir 1,2, dan 3, Lingkaran
3.2 Menentukan persamaan garis singgung lingkaran tegak lurus pada
suatu garis, dengan langkah sebagai berikut:
• (butir 1) : menentukan gradien k dari suatu garis singgung yang
diketahui.
• (butir 2) : menentukan syarat suatu garis singgung tegak lurus.
• (butir 3) : menentukan gradien g dari suatu garis singgung
• (butir 2) : menentukan perasamaan lingkaran dengan menggunakan
salah satu garis singgung yang telah diperoleh.
• (butir 3) : menggunakan diskriminan untuk Menentukan persamaan
garis singgung pada lingkaran.
Temuan: Langkah penyelesaian memerlukan ketrampilan algoritma
tertentu untuk menentukan persamaan garis singgung suatu lingkaran
dan ketelitianyang tinggi. (Saran: Soal bagus untuk UAN, karena semua
174