Page 188 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 188

Suroyo  &  Ismarwati,  Ana/sis Kualiratif Soal  Ujian Akhir Nasional



         No                          Analisis
             •   (butir 6) : menerapkan konsep kombinasi peluang dalam perumusan
                perhitungan.
             Temuan   Siswa  memerlukan  intuisi  yang  tajam  dalam  menerapkan
             konsep  peluang  dalam  persoalan  yang  bersifat  simulasi.  (Saran   Soal
             bagus untuk UAN,  karena selain mampu menghitung,  siswa  harus pandai
             menentukan rumus yang  akan digunakan)
             Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C,  Mudah,
             Kelas XI,  Kompetensi 1.2., lndikator 1,  Statistika.
             1.2 menghitung ukuran pemusatan,  ukuran letak, dan ukuran penyebaran
             data serta penafsirannya.
              •  (butir 1) menggunakan aturan statistik dalam menentukan nilai rata an
                 data pada suatu diagram.
             Temuan:  Siswa  memerlukan  penalaran,  kecepatan  ketelitian  dalam
             perhitungan  statistika.  (Saran:  soal  bagus  untuk  UAN  sebagai  soal
             pengayaan  untuk menguji  kompetensi  penerapan  konsep  penyajian  data
             statistik).
        9.   Menerapkan-Pengetahuan Prosedural, C3/C, Sedang,
             Kelas XI, Kompetensi 3.2,  lndikator butir 1,2, dan 3,  Lingkaran
                 3.2.  Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria
                     tertentu dengan beberapa ketentuan berikut:
             •  (butir 1) : menentukan persamaan garis singgung yang melalui suatu
                titik pada lingkaran.
             •  (butir 2) : menentukan persamaan garis singgung yang gradiennya
                sudah ditentukan.
              •  (butir 3)  : menggunakan diskriminan untuk menentukan persamaan
                garis singgung pada lingkaran.
             Temuan:  Langkah  penyelesaian  memerlukan  ketrampilan  algoritma
              tertentu  untuk  menentukan  persamaan  garis  singgung  suatu  lingkaran
              dan  ketelitian  yang  tinggi.  (Saran:  Soal  bagus  untuk  UAN,  karena  semua
              siswa  cenderung  akan  menyelesaikan  soal  dan  rnenguji  ketahanan
              berpikir).
        10.   Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sedang,
              Kelas XI,  Kompetensi 3.2,  lndikator butir 1,2,  dan 3,  Lingkaran
              3.2 Menentukan persamaan garis singgung lingkaran tegak lurus pada
              suatu garis, dengan langkah sebagai berikut:
              •   (butir 1) : menentukan gradien k dari suatu garis singgung yang
                diketahui.
              •  (butir 2)  : menentukan syarat suatu garis singgung tegak lurus.
              •  (butir 3)  : menentukan gradien g dari suatu garis singgung
              •  (butir 2) : menentukan perasamaan lingkaran dengan menggunakan
                salah satu garis singgung yang telah diperoleh.
              •  (butir 3)  : menggunakan diskriminan untuk Menentukan persamaan
                garis singgung pada lingkaran.
              Temuan:  Langkah  penyelesaian  memerlukan  ketrampilan  algoritma
              tertentu  untuk  menentukan  persamaan  garis  singgung  suatu  lingkaran
              dan  ketelitianyang tinggi.  (Saran:  Soal  bagus  untuk  UAN,  karena  semua



        174
   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192   193