Page 192 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 192
Suroyo & !smarwati, Analsis Kualitatif Soal Ujian Akhir Nasional
No Anal isis
pengalaman akan mampu menyelesaikan soal).
24 Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sukar
? Kelas XII, Kompetensi 1.2, lndikator butir 1 dan 3,1ntegral.
1.2 Menggunakan konsep integral dalam menghitung luas, dengan
langkah sebagai berikut:
. (butir 1) : menentukan persamaan garis dan kurva yang melalui titik-
titik pada bidang.
. (butir 3) : menghitung luas dengan menggunakan konsep integral.
Temuan: Langkah penyelesaian panjang, membutuhkan ketelitian dan
kecermatan yang tinggi. (Saran: Saol tidak cocok untuk UAN, karena ada
beberapa kompetensi yang diuji yang bersifat ambigu)
25. Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sedang
Kelas XII, Kompetensi 1 1, lndikator butir 2, Integral.
1 1 Menggunakan konsep, sifat dan aturan dalam perhitungan integral.
. (butir 2) : menghitung integral tak tentu dari fungsi trigonometri .
Temuan: Siswa membutuhkan kecermatan dan ketepatan dalam
menggunakan rumus trigonometri (Saran: Soal bagus untuk UAN, karena
menguji suatu kompetensi tertentu).
26. Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sukar
Kelas X, Kompetensi 3.1, lndikator butir 1, 2, 3, Ruang dimensi tiga I
3.1 Memahami komponen, menggambar dan menghitung volume bend a
ruang
. (butir 1) : menentukan kedudukan titik, garis dan bidang dalam ruang
. (butir 2) : menentukan volume benda-benda ruang.
• (butir 3) : menghitung perbandingan volume dua benda dalam suatu
bangun ruang.
Temuan: Langkah pengerjaan relatif panjang, siswa memerlukan
pemahaman yang baik terhadap konsep ruang dimensi tiga. (Saran Soal
bagus untuk UAN, karena menguji kompetensi dimensi ruang).
I 27 * Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sukar
Kelas X, Kompetensi 3.2, lndikator butir 2 dan 6, Ruang dimensi tiga.
I 3.2 Menggunakan abstraksi ruang untuk menggambarkan dan
menghitung jarak dan sudut, dengan langkah sebagai berikut:
• (butir 2) : menggambar dan menghitung jarak dua garis bersilangan
yang membentuk segitiga pada ruang.
. (butir 6) : menggunakan rum us luas segitiga untuk menghitung
panjang salah satu sisi segitiga.
Temuan: Langkah pengerjaan relatif panjang, siswa memerlukan
pemahaman yang baik terhadap konsep ruang dimensi tiga. (Saran: Soal
bagus untuk UAN, karena menguji kompetensi dimensi ruang dengan
indikator sudut segitiga).
28. Menerapkan-Pengetahuan prosedural, C3/C, Sedang
Kelas X, Kompetensi 2.1, lndikator butir 3, 6, dan 8, Ruang dimensi tiga.
Trigonometri.
2.1 Menggunakan sifat dan aturan tentang fungsi trigonometri.
• (butir 3) : menentukan sinus, eosin us dan Iangen dengan
178