Page 192 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 192

Suroyo  & !smarwati,  Analsis Kualitatif Soal Ujian  Akhir Nasional



        No                          Anal isis
             pengalaman akan mampu menyelesaikan soal).
       24    Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C, Sukar
       ?     Kelas XII,  Kompetensi 1.2, lndikator butir 1 dan 3,1ntegral.
             1.2 Menggunakan konsep integral dalam menghitung luas, dengan
             langkah sebagai berikut:
            .  (butir 1) : menentukan persamaan garis dan kurva yang  melalui titik-
                titik pada bidang.
             .  (butir 3)  : menghitung luas dengan menggunakan konsep integral.
             Temuan:  Langkah  penyelesaian  panjang,  membutuhkan  ketelitian  dan
             kecermatan  yang  tinggi.  (Saran:  Saol tidak  cocok  untuk UAN,  karena  ada
             beberapa kompetensi yang diuji yang bersifat ambigu)
       25.   Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C, Sedang
             Kelas XII,  Kompetensi 1 1,  lndikator butir 2,  Integral.
             1 1 Menggunakan konsep, sifat dan aturan dalam perhitungan integral.
             .  (butir 2)  : menghitung integral tak tentu dari fungsi trigonometri .
             Temuan:  Siswa  membutuhkan  kecermatan  dan  ketepatan  dalam
             menggunakan rumus trigonometri  (Saran:  Soal bagus untuk UAN,  karena
             menguji suatu kompetensi tertentu).
       26.   Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C,  Sukar
             Kelas X,  Kompetensi 3.1,  lndikator butir 1,  2,  3,  Ruang dimensi tiga   I
             3.1  Memahami komponen,  menggambar dan menghitung volume bend a
             ruang
             .  (butir 1) : menentukan kedudukan titik,  garis dan bidang dalam ruang
             .  (butir 2) : menentukan volume benda-benda ruang.
             •   (butir 3) : menghitung perbandingan volume dua benda dalam suatu
                bangun ruang.
             Temuan:  Langkah  pengerjaan  relatif  panjang,  siswa  memerlukan
             pemahaman yang  baik terhadap  konsep  ruang  dimensi tiga.  (Saran  Soal
             bagus untuk UAN,  karena menguji kompetensi dimensi ruang).
      I   27  *   Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C,  Sukar
             Kelas X,  Kompetensi 3.2,  lndikator butir 2 dan 6,  Ruang dimensi tiga.
      I      3.2 Menggunakan abstraksi ruang untuk menggambarkan dan
             menghitung jarak dan sudut, dengan langkah sebagai berikut:
             •   (butir 2) : menggambar dan menghitung jarak dua garis bersilangan
                yang membentuk segitiga pada ruang.
             .  (butir 6) : menggunakan rum us luas segitiga untuk menghitung
                panjang salah satu sisi segitiga.
             Temuan:  Langkah  pengerjaan  relatif  panjang,  siswa  memerlukan
             pemahaman yang  baik terhadap konsep  ruang  dimensi tiga.  (Saran:  Soal
             bagus  untuk  UAN,  karena  menguji  kompetensi  dimensi  ruang  dengan
             indikator sudut segitiga).
        28.   Menerapkan-Pengetahuan prosedural,  C3/C, Sedang
             Kelas X,  Kompetensi 2.1,  lndikator butir 3,  6,  dan 8,  Ruang dimensi tiga.
             Trigonometri.
             2.1  Menggunakan sifat dan aturan tentang fungsi trigonometri.
             •   (butir 3)  : menentukan sinus, eosin us dan Iangen dengan



       178
   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196   197