Page 195 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 195

Cakrawala Pendidikan 3



                Sam pel soal baik (Nom or 9)•
               9.  Persamaan  lingkanm  yang  berpusat di  (1,4)  dan  rnen)1nggu.'1g  gans  3x-4y-2 = 0
                 adalah
                                           2
                   2
                 A  x + /  +3x-4y-2 =0   D.  X  2  -t- y -2x-Ry+8=0
                   1
                     1
                 B  x +y -4x-6y-3=0
                   1
                 C  x +/-t-2x+8y-R::.O
                                               Analisis
                                          Jawaban: D
                                      .  (!)
                  1
                x  1   +}  - 2x- 8y + 17- r  1   =  0   Menerapkan-Pengetahuan
               Gar1s smggWlg              Prosedural, CJ/C, Sedang.
                                          Kelas XI, Kompetensi 3 2,  lndikator
                                   3   I
                3x-4y-2=0  4  4y=3x-2   y=-X--  (2)   bum 1,2, dMJ  3, Lingkaran
                                   4   2   1 2  Menentukan per'lllmun
               (2) d1subst1tusikan ke  (l)   I   hng.karan yang memenuh1
                                  ,         lmteria tertcntu dcngan beberape  '
                , ( 3  I)'  -2x-8
                x  +   x-  ( 3  I)  +17-r  -=0   ketentuan benlcut
                            x-
                  4 2      4 2             (butl.f  1): menentukan pe~
                                           gans smggung yOJng melalUI suatu
                2
                x +-~x 1 -2x+.!_-2x-6x+4+17-r 2  =cO   11tik pada lingkanm
                  16   4   4               (buur 2). menentukan pcrsamaan
                  1      1                 !i!aris singgi.Ulg yang gradiennya
                ~x -~X+~-r =0              sudah ditentukan
                16   4   4
                                           (butir 3)  menggunakan
                           1
                25x~ -140.r+{340-16r )  = 0   dLskrLmmanuntukmenentu.kan
                                           pcrsamaan garis ,inggung pada
               syarat menyingung:  D = b  1   - 4ac = 0   ling,kMan
                (  -140)'- 4(25)(340-16r') = 0
                                          Temuan
                  19600-34000+1600r' =0   Wakru ccpat   Salah
                                          Watru Jam bat  7 menit
                            1
                         1600r = 14400    Langkah  penyelesaian  m~erlukan
                                          kctrampi!an algoritma tertenru  untuk
               I   .   .   16r' = 144  -->  r' = 9   (l)   mencntukan   persamaan   gar1s
               (3) dJsubstitusJkan ke (1) maka d1peroleh   smggung   suatu   ltngkaran   dan
                                          kete!JtJ.a.n  yangtingg~.
                L = x! + /  -2x-8y+l7-9= 0
               I
               I   x'+/-2x-8y+8=0         SarM..  Soal   bag~  untuk  UAN.
                                          luuena  scmua  sJswa  ~;enderung 1W
                                          menye!c:sa1llan  soal  dan  menguJI
                                          kct&hanan be  ik1r
                Samuel 50al yang san gat baik fnomor 30)*
                30.  Diketahui premis-premis berikut:
                  I  Jika Budi raJ in bel ajar maka ia menjadj pamiai
                  2  J1ka Budi menjadi pandai maka ia JuiU'i  ujian.
                 3.  Bud! tidak Julus ujian.
                  Kesimpulan yang sah adalah ...
                 A  Budi menjadi pandai   D. Budi tidak.lulus UJ!an
                  B.  Budi rajin belajar   E.  Budi udak. rajm belajar
                  C.  Budi lui us  u· ian
                      Penyelesaian          Anal isis
                p  : Budi raj in belajar   Jawaban: E
                 : Budi menjadi pandai
                                   Mendptakan-Pengetahuan konseptual, C6/B,  Sedang
                r  Budi Julus ujian
                                   ~luX, Kompctensi  1.12, lndikatorbutir I, Logib
                              p-->  r
                                   Matemat.Jb.
                                    1.12 Menggunakan s1f1t  dan  prinsip logika untuk
               1 ~:: ~  }  ekivalen dcngan·
                                   penankan lr.esimpulan dan pembuktian s1fat
                3.~r            -p   matematika.
                                   •   (burir  \): menank lc.cslmpulan dengan silogLSme
                                     modus ponen dan modus wlen.
                                   Temuan
                                   Waktuccpat   Sal!VJ
                                    Waktula.mbat .3 menJt
                                    Meru:iptakan   pemyataan   bam   dar1   beberapa
                                   pemylta&D  yang  berisi  lr.es1mputan  yang  slh  den~
                                   mcnggunakan konsep logtka
                                   Saran:  Soal  bagus  selc.ali  untulr.  UAN.  lr.arena  meJtgUJI
                                    dimensi  proses  kognitif mendptakan  untuk menjarin&
                                   siswa nandai.
                •  Sumber  Tim  Widya  Gamma.2005.  Paket  I  UN  SMA  IPA  2004/2005).  Pemantapan
                     menghadapi  UNAS  SMA-IPA  200512006  Edisi  Lengkap.  BandWlgc  CV.
                     Yrama Widya. Hal.I0-18.
                                                                   181
   190   191   192   193   194   195   196   197   198   199   200