Page 195 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 195
Cakrawala Pendidikan 3
Sam pel soal baik (Nom or 9)•
9. Persamaan lingkanm yang berpusat di (1,4) dan rnen)1nggu.'1g gans 3x-4y-2 = 0
adalah
2
2
A x + / +3x-4y-2 =0 D. X 2 -t- y -2x-Ry+8=0
1
1
B x +y -4x-6y-3=0
1
C x +/-t-2x+8y-R::.O
Analisis
Jawaban: D
. (!)
1
x 1 +} - 2x- 8y + 17- r 1 = 0 Menerapkan-Pengetahuan
Gar1s smggWlg Prosedural, CJ/C, Sedang.
Kelas XI, Kompetensi 3 2, lndikator
3 I
3x-4y-2=0 4 4y=3x-2 y=-X-- (2) bum 1,2, dMJ 3, Lingkaran
4 2 1 2 Menentukan per'lllmun
(2) d1subst1tusikan ke (l) I hng.karan yang memenuh1
, lmteria tertcntu dcngan beberape '
, ( 3 I)' -2x-8
x + x- ( 3 I) +17-r -=0 ketentuan benlcut
x-
4 2 4 2 (butl.f 1): menentukan pe~
gans smggung yOJng melalUI suatu
2
x +-~x 1 -2x+.!_-2x-6x+4+17-r 2 =cO 11tik pada lingkanm
16 4 4 (buur 2). menentukan pcrsamaan
1 1 !i!aris singgi.Ulg yang gradiennya
~x -~X+~-r =0 sudah ditentukan
16 4 4
(butir 3) menggunakan
1
25x~ -140.r+{340-16r ) = 0 dLskrLmmanuntukmenentu.kan
pcrsamaan garis ,inggung pada
syarat menyingung: D = b 1 - 4ac = 0 ling,kMan
( -140)'- 4(25)(340-16r') = 0
Temuan
19600-34000+1600r' =0 Wakru ccpat Salah
Watru Jam bat 7 menit
1
1600r = 14400 Langkah penyelesaian m~erlukan
kctrampi!an algoritma tertenru untuk
I . . 16r' = 144 --> r' = 9 (l) mencntukan persamaan gar1s
(3) dJsubstitusJkan ke (1) maka d1peroleh smggung suatu ltngkaran dan
kete!JtJ.a.n yangtingg~.
L = x! + / -2x-8y+l7-9= 0
I
I x'+/-2x-8y+8=0 SarM.. Soal bag~ untuk UAN.
luuena scmua sJswa ~;enderung 1W
menye!c:sa1llan soal dan menguJI
kct&hanan be ik1r
Samuel 50al yang san gat baik fnomor 30)*
30. Diketahui premis-premis berikut:
I Jika Budi raJ in bel ajar maka ia menjadj pamiai
2 J1ka Budi menjadi pandai maka ia JuiU'i ujian.
3. Bud! tidak Julus ujian.
Kesimpulan yang sah adalah ...
A Budi menjadi pandai D. Budi tidak.lulus UJ!an
B. Budi rajin belajar E. Budi udak. rajm belajar
C. Budi lui us u· ian
Penyelesaian Anal isis
p : Budi raj in belajar Jawaban: E
: Budi menjadi pandai
Mendptakan-Pengetahuan konseptual, C6/B, Sedang
r Budi Julus ujian
~luX, Kompctensi 1.12, lndikatorbutir I, Logib
p--> r
Matemat.Jb.
1.12 Menggunakan s1f1t dan prinsip logika untuk
1 ~:: ~ } ekivalen dcngan·
penankan lr.esimpulan dan pembuktian s1fat
3.~r -p matematika.
• (burir \): menank lc.cslmpulan dengan silogLSme
modus ponen dan modus wlen.
Temuan
Waktuccpat Sal!VJ
Waktula.mbat .3 menJt
Meru:iptakan pemyataan bam dar1 beberapa
pemylta&D yang berisi lr.es1mputan yang slh den~
mcnggunakan konsep logtka
Saran: Soal bagus selc.ali untulr. UAN. lr.arena meJtgUJI
dimensi proses kognitif mendptakan untuk menjarin&
siswa nandai.
• Sumber Tim Widya Gamma.2005. Paket I UN SMA IPA 2004/2005). Pemantapan
menghadapi UNAS SMA-IPA 200512006 Edisi Lengkap. BandWlgc CV.
Yrama Widya. Hal.I0-18.
181