Page 199 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 199

Cakrawala Pendidikan 3



          evaluasi  dalam  pembelajaran  bahasa  meliputi  evaluasi  proses
          dan  hasil  hasil  belajar bahasa.  Evaluasi  hasil  belajar sudah  biasa
          dilakukan  guru,  namun  evaluasi  proses  sering  kali,  bahkan  tidak
           pernah  mendapat  perhatian  para  guru.  Hal  ini  memerlukan
          pembenahan  yang  serius  dan  dilakukan  secara  disiplin  demi
          tercapainya kualitas pembelajaran yang  lebih baik.
                  Keluhan  yang  dihadapi  para  guru  dalam  melaksanakan
          evaluasi  hasil  belajar  bahasa  adalah  kurangnya  waktu  untuk
           melakukan   evaluasi   yang   berupa   sebuah   keterampilan.
           Pernyataan  tersebut  harus  dikaji  secara  cermat  kebenarannya.
           Berdasarkan  masalah  tersebut,  diharapkan  artikel  ini  dapat
           membantu  para  guru  melakukan  evaluasi  secara  menyeluruh
           (proses  dan  hasil)  yang  berdampak  pada  kemampuan  siswa
           menggunakan  bahasa  (bahasa  Indonesia)  lisan  dan  tulis  dengan
           baik  dan  benar  dan  dampak  berkempanjangan  adalah  kualitas
           pembelajaran yang menunjang program pendidikan di  negara ini.

           Pengertian Evaluasi

                  Evaluasi  berasal  dari  bahasa  lnggris  evaluation  yang
           bermakna  penilaian.  Dipandang  dari  sudut  semantik  penilaian
           dapat  dimaknai  sebagai  serangkaian  kegiatan  dalam  rangka
           memperoleh  nilai  yang  akurat  atas  sesuatu.  Oleh  karena  itu,
           evaluasi  dapat  dilakukan  terhadap  segala  sesuatu  yang  berupa
           benda,  sifat  atau  perilaku,  dan  hasil  dari  suatu  pekerjaan  atau
           kegiatan.  Dengan  demikian  terdapat  banyak  ragam  evaluasi,
           seperti  evaluasi  program,  evaluasi  produk  sebuah  industri,
           evaluasi diri, atau evaluasi hasil belajar.
                  Dalam  kaitan  dengan  pembelajaran,  evaluasi  merupakan
           suatu  kegiatan  yang  bertujuan  untuk  mengetahui  seberapa
           efektifnya  pembelajaran  yang  telah  dilakukan.  Efektif  tidaknya
           sebuah  pembelajaran  dapat  diketahui  dengan  cara  mengukur
           seberapa besar tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai.
                  Berdasarkan  hal  tersebut  diketahui  bahwa,  kegiatan
           evaluasi  berkaitan  erat  dengan  kegiatan  pengukuran  dan
           penilaian.  Hal  ini  dapat  diartikan  bahwa,  di  dalam  kegiatan
           evaluasi atau mengevaluasi terkandung  kegiatan pengukuran dan
           penilian.  Kedua  istilah  ini,  yaitu  pengukuran  dan  penilaian  sering




                                                                  185
   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204