Page 201 - Cakrawala Pendidikan : Implikasi Standardisasi Pendidikan Nasional Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan
P. 201

Cakrawala Pendidikan 3


         yang  diperoleh  siswa  dihitung  dengan  menggunakan  rumus-
         rumus  penilaian  atau  acuan  patokan  yang  ditetapkan  guru.  Hasil
         akhir  dari  penghitungan  tersebut  merupakan  skor  sebagai  hasil
         belajar  menulis  siswa,  setelah  itu  hasil  ini  diinterpretasi  atau
         ditafsirkan dengan menggunakan kriteria hasl pembelajaran.  Hasil
         dari  kegiatan  interpretasi  akan  menempatkan  siswa  ke  dalam
         kelompok hasil yang  baik atau kurang  baik.
                Pengukuran    yang   dilakukan   tersebut   merupakan
         pengukuran  terhadap  ranah  kognitif siswa.  Evaluasi  hasil  belajar
         menulis ini sebaiknya dilengkapi dengan  penilaian terhadap ranah
         afektif siswa  yaitu  dengan  cara  menilai  kerapian,  keindahan,  dan
         ketepatan waktu  yang  digunakan oleh  siswa dalam menulis.  Hasil
         penilaian  terhadap  ranah  afektif ini  biasanya  menggunakan  abjad
         A,  B,  C,  atau  D,  yang  dapat berarti sangat baik,  baik,  cukup,  atau
         kurang.  Jika  kedua  kegiatan  ini  dilakukan,   berarti  guru  telah
         melakukan  kegiatan  evaluasi  hasil  belajar  siswa  yang  meliputi
         ranah kognitif dan ranah afektif dalam pembelajaran menulis.
                Pengukuran  maupun  penilaian  memerlukan  alat yaitu  tes
         untuk  suatu  pengukuran,  dan  nantes  bagi  suatu  penilaian.  Hasil
         dari  pengukuran  dan  penilaian  tersebut  diinterpretasikan  dan
         ditafsirkan  menjadi  hasil  akhir  dari  kegiatan  evaluasi  dalam
         sebuah  pembelajaran.  Hasil  akhir  ini  yang  menentukan  apakah
         siswa  dapat  melanjutkan  pelajarannya  ke  tahap  atau  tingkat
         berikutnya,  atau  ia  harus  mengulang  pelajaran  yang  sama.
         Dengan  demikian,  dapat  disimpulkan  bahwa,  evaluasi  adalah
         kegiatan  yang  memerlukan  proses  yang  di  dalamnya  terkandung
         kegiatan  pengukuran,  penilaian,  dan  interpretasi  atau  penafsiran.
         Kegiatan evaluasi dapat dilihat pada Diagram 1.

                                   Evaluasi


            Pengukuran
                      ----._                  lnterpretasi/penafsiran =
                            Tes + Non tes  ----+  hasil evaluasi terhadap
            Penilaian   -----                 suatu objek (hasil belajar)



                       Diagram  1.  Alur Kegiatan  Evaluasi




                                                                 187
   196   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206